Bagaimana cara merawat anjing pitbull ?

anjing

(Ulan) #1

American Pit Bull Terrier (APBT) atau Anjing PitBull merupakan salah satu ras yang tertua yang merupakan ras anjing yang asli (original dog), ras anjing ini memiliki suatu kelebihan dibandingkan dengan ras jenis lain, adapun kelebihan yang dimiliki berupa tenaga yang paling besar dibandingkan dengan ras lain, tahan terhadap rasa sakit, sifat pantang menyerah, tempramen stabil. Kelebihan tersebut didapatkan dari leluhur APBT yang dahulunya digunakan sebagai anjing petarung.

Bagaimana cara merawat anjing pitbull ?


(Sri Wulandari N) #2

Anjing pitbull merupakan anjing yang memiliki tempramen paling bagus jika dibandingkan dengan jenis anjing lainnya,meskipun selama ini kebanyakan orang memiliki anggapan bahwa anjing pitbull merupakan anjing ganas,akan tetapi hal tersebut tidak benar,karena anjing pitbull memiliki sifat netral,seimbang,dan tidak mudah marah.

Walaupun efek gigitan anjing pitbull jika dibandingkan dengan jenis anjing lainnya memang memiliki efek gigitan yang berbahaya dan dapat berakibat fatal,akan tetapi hal tersebut bukanlah menjadi faktor penyebab keganasan anjing pitbull,karena anjing pitbull bisa bereaksi marah dan menggigit orang lain disebabkan karena banyak faktor dan juga tergantung kepada didikan atau latihan yang diberikan kepada anjing tersebut.

Anjing pitbull yang dibiasakan berada dikeramaian dan bertemu dengan banyak orang akan lebih mengasah anjing pitbull dan membuat anjing pitbull lebih bisa menahan marah,berbeda halnya jika anjing pitbull memang khusus dilatih oleh tuannya untuk suatu tindakan tertentu seperti diperintahkan oleh pemilik anjing pitbull untuk menyerang seseorang,maka bisa saja anjing pitbull tersebut menyerang orang lain.

Jika ada anjing yang sering marah dan berusaha menyerang serta menggigit orang lain yang ditemuinya,bisa jadi disebabkan karena anjing tersebut pernah mengalami hal yang tidak mengenakan seperti diganggu,dilempari,dipukuli,atau diperlakukan kasar oleh seseorang,karena trauma tersebut maka anjing tersebut menjadi mudah marah ketika bertemu seseorang,selain dari pada itu anjing bisa menjadi “liar” dan mudah marah bisa juga disebabkan karena tidak diurus dan dibiarkan terlantar oleh pemiliknya,jadi sifat anjing bergantung kepada cara merawat anjing itu sendiri,jika anjing dirawat dengan baik,maka anjing tersebut akan menjadi baik pula.

Sedangkan cara merawat anjing pitbull sendiri jika dibandingkan dengan cara merawat anjing jenis lainnya termasuk memiliki cara perawatan yang enak dan simpel serta tidak membutuhkan perawatan khusus,yang paling penting cara merawat anjing pitbull yang paling utama adalah memperhatikan dan menjaga kebersihan kandang anjing pitbull,untuk lebih jelas lagi berikut cara merawat anjing pitbull:

  1. Kebersihan kandang.
    Agar kandang anjing pitbull tidak kotor,sebaiknya kandang anjing pitbull dibersihkan setiap hari,karena jika kandang anjing pitbull bersih,maka anjing pitbull tidak mudah terserang penyakit.

  2. Memandikan anjing pitbull
    Cara memandikan anjing pitbull agar mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan cara anjing pitbull dimandikan dengan menggunakan cairan anti septik yang dicampurkan dengan air yang akan digunakan untuk memandikan anjing pitbull,serta menggunakan handuk basah,tujuan memandikan anjing pitbull adalah agar terhindar dari penyakit kulit,waktu memandikan anjing pitbull tidak harus setiap hari,melainkan cukup dimandikan seminggu sekali.

  3. Makanan anjing pitbull
    Cara memberikan makanan kepada anjing pitbull tidak susah karena anjing pitbull termasuk anjing yang tidak pemilih didalam hal makanan,apa saja makanan yang disajikan akan dimakannya,yang penting makanan tersebut tidak terlalu asin,jenis-jenis makanan anjing pitbull sendiri bervariasi,bisa daging,ayam,hingga nasi,akan tetapi makanan yang lebih dianjurkan untuk diberikan kepada anjing pitbull adalah makanan khusus anjing (dogfood),makanan khusus anjing tersebut diberikan sebanyak dua kali sehari kepada anjing pitbull.

Kelebihan anjing pitbull jika dibandingkan dengan anjing jenis lainnya adalah kulit anjing pitbull memiliki kulit halus dan berdaya tahan tubuh paling kuat jika dibandingkan dengan jenis anjing lainnya,bahkan anjing pitbull tidak mudah merasakan sakit meskipun tubuhnya terluka,oleh karena itu jika anjing pitbull ini ditarik atau dicubit kulitnya maka tidak mudah terasa sakit,berbeda dengan jenis anjing lainnya jika kulitnya ditarik atau dicubit maka bisa saja menggigit.

Perawatan rutin Anjing Pitbull


- Sediakan makanan dengan nutrisi yang pas

Dikarenakan anjing pitbull merupakan anjing yang aktif, sangar dan bertubuh atletis, pastinya banyak pemilik anjing pitbull terpesona karenai bentuk fisiknya. Saya yakin jika anda memelihara anjing ini, anda tidak akan mau jika seekor pitbull menjadi anjing yang lemas, pemalas dan menjadi anjing yang tidak aktif karena kekurangan gizi pada asupan makanannya.

Oleh sebab itu sebaiknya anda harus pertimbangkan makanan apa saja yang pantas untuk anjing pitbull anda. Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan dari seekor pitbull tidaklah susah, anda cukup memberikan makanan dengan nutrisi yang lengkap, karbohidrat yang pas dan juga kaya protein seperti daging ayam, daging sapi yang telah direbus terlebih dahulu dan beberapa sumber karbohidrat sehingga anjing anda dapat menjaga daya tahan tubuhnya serta kekuatan fisiknya dengan sempurna dan baik.

Tetapi untuk mendapatkan bentuk fisik dengan otot yang bagus, layaknya manusia yang sedang membangun tubuhnya, pitbull juga membutuhkan makanan kaya protein dengan sedikit lemak. Anda juga dapat membuat racikan sendiri berdasarkan komposisi yang memang dibutuhkan untuk membentuk tubuhnya yang gagah dan berotot, tentunya didukung dengan pelatihan beban yang rutin juga.

Namun jika anda tidak mau repot dalam membuatkan makanan anjing ini, anda bisa menggunakan DF ( dog food ) kemasan yang sudah dikemas di berbagai petshop dan toko hewan. Lebih dari itu DF yang diperuntukan khusus pitbull juga menyediakan nutrisi yang lengkap untuk pitbull anda sehingga anda tidak perlu ragu dalam memberikan makanan anjing tersebut.

Untuk jumlah makanan yang diberikan, ini tergantung dari ukuran tubuh dan seaktif apa mereka bergerak, pastilah kita tau takaran makanan setiap anjing pasti berbeda walaupun mereka memiliki jenis yang sama.

- Selalu gunakan tempat makan dan minum

Sebaiknya anda menggunakan tempat makanan/minuman khusus anjing yang dijual di berbagai toko hewan dan juga petshop. Karena hal ini akan sangat membantu anjing pitbull anda untuk selalu tau dimana letak makanan untuknya.

Selain dari itu anda juga jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat makanan tersebut secara rutin setiap hari, agar ditempat makanan tersebut tidak terdapat bakteri yang dapat membahayakan kesehatan pada anjing pitbull anda. disarankan untuk menggunakan tempat makan/minum anjing yang terbuat dari bahan stainless steel ataupun keramik karena bahan ini lebih bersih dan mudah dibersihkan dibandingkan dengan bahan pelastik untuk tempat makanannya.

Beberapa tempat makan mengandung unsur kimia berbahaya yang tersimpan didalamnya (biasanya ini merek cina), jadi untuk menghindari gangguan kesehatan pada pitbull pastikan anda memiliki tempat makan dengan kualitas bagus yang menjamin anjing anda tetap sehat.

- Gunakan collar dan leash

Dalam merawat pitbull dengan baik anda juga perlu menggunakan collar dan leash untuk anjing anda. fungsi dari alat ini agar anda bisa menjaga anjing anda ketika diajak keluar rumah pada siang/sore hari. Tips, gunakan collar dengan model halter, collar ini merupakan jenis collar yang mengikat hingga bahu anjing. jenis ini umumnya tidak akan menyakiti leher anjing anda ketika mereka memberontak.

- Belikan kandang untuk pitbull kesayangan anda

Supaya anjing pitbull anda tidak berkeliaran sembarangan dan mengganggu orang asing, hal yang perlu anda lakukan adalah untuk membelikannya mereka kandang yang nyaman. Pemberian kandang untuk pitbull merupakan salah satu cara terbaik untuk mengajari pitbull anda tentang toilet training terutama pada anjing pitbull anda yang masih berumur muda, karena pada umumnya setiap anjing tidak menyukai pup atau pee di dalam kandangnya sendiri.

Selain dari itu kandang juga akan membuat nyaman pitbull anda disaat mereka ditinggal sendiri di rumah. Jangan lupa juga untuk memberikan tempat tidur didalam kandang serta bersihkan secara rutin kandang dan tempat tidurnya sehingga anjing anda bisa tidur dengan nyaman. Tips, gunakan tempat tidur yang bisa selalu dibersihkan seperti bahan-bahan yang tidak bisa menyerap air pada umumnya.

- Mandikan anjing pitbull anda secara rutin

Secara umum anjing pitbull berbeda dengan anjing ras lainnya, terutama jenis anjing berbulu panjang yang secara perawatan sangat memerlukan grooming pada bulunya. Namun khusus anjing pitbull anda tidak perlu memerlukan grooming tersebut dikarenakan anjing pitbull adalah ras anjing yang berbulu pendek. Akan tetapi bukan berarti anjing pitbull tidak perlu untuk dimandikan, karena mereka pada dasarnya juga perlu untuk dimandikan, namun pastinya tidak sesulit anjing-anjing lainnya yang berbulu panjang.