Bagaimana cara merawat anak kucing tanpa induk?

Kerap kali kita menemukan kasus dimana induk kucing tidak mau merawat anaknya atau bahkan ditinggalkan. Sebagai pemilik, bagaimana cara kita merawat anak kucing tersebut?

Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk merawat kucing tanpa induk antara lain :

  • Memberikan susu khusus anak kucing
    Pemberian susu ini cukup mudah, cukup menyiapkan wadah kecil lalu letakkan susu yang telah dilarutkan air hangat di dalamnya. Yang perlu diingat, jangan memberikan anak kucing susu formula untuk manusia karena dapat merusak saluran pencernaan akibat dari kandungan laktosa di dalamnya.

  • Membersihkan kotoran di sekitar mata
    Caranya, dengan mengusap perlahan pada area mata menggunakan kapas yang telah dicelupkan pada air hangat.

  • Memahami tanda anak kucing lapar
    Apa tandanya? Tandanya adalah anak kucing tersebut mengeong sangat lantang.

  • Memberi makanan khusus kucing
    Memberi makan sesuai dengan usia kucing. Makanan seperti Whiskas dapat diberikan ketika kucing sudah tumbuh besar.

  • Menyediakan box pasir
    Tujuannya adalah sebagai tempat membuang kotoran. Pasir yang digunakan adalah pasir khusus yang biasanya dijual di pet shop.

Berikut cara merawat anak kucing yang tanpa indukan berdasarkan pengalaman,

  1. Memberikan makan secara teratur
    Memberikan makanan secara teratur setiap harinya adalah hal penting agar kucing nantinya sehat dan cepat besar, namun beberpaa orang bingung apa makanan untuk anak kucing, nah makanan anak kucing bisa anda berikan makanan kaleng atau jika tidak ada berupa campuran nasi dan ikan yang sudah di lumat halus seperti bubur. Jika kucing anda adalah anggora atau persia bisa diberi makanan kaleng dan minum berupa susu untuk tetap menjaga bulunya lembut dan tidak rontok.

  2. Bersihkan tubuhnya setiap hari
    hal ini penting menjaga kebersihan tubuh kucing , bagian yang utama anda bersihkan adalah mata kucing yang kadang terdapat kotoran mata disekitarnya, untuk bagian lainnya seperti badan cukup lap dengan kain yang dibasahi air sedikit saja dan tambahkan sedikit parfum untuk membuat bulunya wangi.

  3. Berikan pasir disekitar kadang
    pasti anda akan bingung untuk apa diberikan pasir kedalam kadang bukan ? sebenarnya tujuan pasin tidak lain adalah sebagai media untuk anak kucing Pup atau buang air besar dan kecing , dimana kebiasaan kucing yang besih selalu menutupi kotorannya dengan pasir.

  4. Bersihkan kandang setiap hari
    Jangan lupa membersihkan kandang setiap hari dari sisa makanan dan kotoran agar kucing tidak terkena penyakit dan bau, atau segara mengganti atau mencuci kandang agar tampak bersih sehingga kucing semakin nyaman berada di dalam kandang.

Selain itu anda dapat juga menjemur kucing di terik matahari pagi agar tulang merka kuat, namun jangan terlalu lama cukup 20 menit saja dan jangan sampai lebih. Nah itulah cara merawat dan memelihara anak kucing, hal ini juga dapat anda terapkan pada kucing yang baru lahir hanya saja tidak diberi makanan melainkan susu hingga usia yang dirasa cocok dan siap memakan nasi dan semacamnya.