Bagaimana cara merawat Anak Kacer ?

Burung Kacer

Bagaimana cara merawat anak Kacer ?

Cara merawat anak burung kacer adalah sebagai berikut :

  1. Saat Kacer berusia di bawah 5 hari, maka biarkan Ia terlebih dahulu dengan induknya.

  2. Setelah Kacer berusia sekitar 5 sampai 10 hari, maka Anda harus memisahkan piyik tersebut dari indukannya ke tempat khusus.

  3. Setelah dipisahkan dari indukannya, Anda wajib untuk senantiasa melolohkan pakan pada anakan ini selama 2 kali dalam sehari.

  4. Pakan yang dilolohkan sendiri umumnya bisa berupa kroto yang sudah ditambahkan air. Perlu Anda ketahui, komposisi pakan ini berguna untuk mempermudah Kacer dalam mengonsumsi makanan yang Ia cerna.

  5. Setelah memasuki usia 7 hari, pakan Kacer di atas bisa Anda kombinasikan dengan voer. Tapi ingat, Anda juga harus memberikan sedikit air pada komposisi pakan ini.

  6. Jika piyik sudah memasuki usia 15 hari, Anda sudah bisa untuk menambahkan anakan jangrik sebagai extra food (EF) piyik. Tapi ingat, berikan jangkrik yang sudah bersih dan terbebas dari kaki, kepala, dan sayapnya.

  7. Setelah Kacer sudah dewasa atau sudah menginjak usia 21 hari, Anda sudah bisa untuk memaster anakan ini dengan suara masteran yang unggul dan baik. Oh ya, disamping itu, jika usia Kacer sudah mencapai 21 hari, maka Ia pun sudah tidak perlu lagi untuk dilolohkan pakan cair, melainkan Ia akan mampu makan sendiri dengan pakan-pakan kering.