Bagaimana cara merapaikan gigi dengan lidah?

Kerapian susunan gigi menjadi satu hal yang umum diperhatikan oleh kebanyakan orang saat ini. Selain dapat mempengaruhi rasa percaya diri, kerapian bentuk gigi juga mencerminkan kebiasaan pemiliknya. Dimana gigi yang rapi dan bersih diidentikan dengan perilaku pemiliknya yang suka merawat gigi dan suka menjaga kebersihkan gigi secara menyeluruh. Namun bagaimana jika anda memiliki gigi yang tidak rapi. Cara merapikan gigi dengan lidah atau cara merapikan gigi tanpa behel dapat menjadi solusi terbaik bagi anda.

penyebab gigi tersusun tidak rapi pada posisinya:

  1. Faktor Genetik
    Faktor genetik atau keturunan menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki susunan gigi yang tidak rapi. Biasanya faktor genetik dapat diwariskan ke anak yang berasal dari Bapak atau Ibu atau keduanya. Misalnya Ibu memiliki susunan gigi yang kecil dengan rahang yang besar, sedangkan Bapak memiliki rahang kecil dengan ukuran gigi yang besar sehingga membentuk susunan gigi yang tidak rapi. Kemungkinan besar anak bisa mewarisi sifat Bapak dengan susunan gigi yang tidak rapi. Biasanya masalah gigi seperti ini bisa dilakukan dengan cara merapikan gigi yang tidak beraturan.

  2. Gangguan Dimasa Kehamilan
    Bagi para Ibu hamil sangat penting sekali menjaga kehamilannya untuk menghindari resiko yang dapat terbawa pada janin yang dikandungnya. Masalah gigi yang tidak rapi juga dapat berasal dari gangguan semasa kehamilan. Dimana ibu banyak mengkonsumsi obat-obatan tertentu, minum-minuman beralkohol, atau terjadinya kelainan pada janin yang membuat pertumbuhan bakal benih gigi menjadi terganggu. (Baca juga: sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi).

  3. Gigi Susu Tanggal Sebelum Waktunya
    Penyebab gigi tidak beraturan bisa disebabkan oleh tanggalnya gigi susu yang terjadi sebelum waktunya. Gigi susu memiliki peran yang cukup penting bagi pertumbuhan gigi permanen. Apabila gigi susu mengalami tanggal sebelum gigi permanen tumbuh. Maka kemungkinan besar akan menyebabkan gigi permanen kehilangan jalan untuk menempati posisi yang tepat. (Baca juga: penyebab gigi anak tidak tumbuh).

  4. Gigi Susu yang Tak Kunjung Tanggal
    Gigi susu yang tak kunjung tanggal setelah gigi permanen menunjukan tandaakan tumbuh. Maka hal ini bisa menempatkan gigi permanen pada posisi yang tidak semestinya. Dimana posisi gigi permanen masih ditempati oleh gigi susu. Biasanya kondisi seperti menimbulkan adanya pertumbuhan gigi gingsul atau gigi bertumpukan.

  5. Kebiasaan Buruk
    Kebiasaan buruk menjadi salah satu faktor penyebab gigi tidak beraturan yang paling sering dijumpai. Dimana seseorang yang memiliki kebiasaan buruk seperti menggigit pensil, menghisap jemari, bernafas dengan menggunakan mulut, bahkan seringnya menggigit lidah juga dapat menyebabkan struktur gigi menjadi tidak pada tempatnya. Selain itu, makanan yang merusak gigi anak juga bisa menjadi penyebabnya.

sumber: https://halogigi.com/