Bagaimana cara menyusun Algoritma untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari?

algoritma

Pada kehidupan sehari - hari, kita sering sekali menghadapi permasalahan. Mulai dari masalah yang biasa sampai masalah yang kompleks dan kadang tidak terduga. Yang sering menjadi masalah adalah bagaimana cara kita menyelesaikan permasalahan tersebut. Nah disini, apa peran algoritma dalam pemecahan suatu masalah dan bagaimana cara menerapkannya?

Menurut saya, peran algoritma penting. Karena dengan tidak adanya algoritma, tentu kita sulit untuk menentukan langkah - langkah yang akan kita lakukan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Tetapi, algoritma tidak bisa berjalan sendiri. Ia harus ditemani oleh ketiga temannya, dekomposisi, pengenalan pola, dan abstraksi.

Untuk menerapkan algoritma, pertama - tama yang kita lakukan adalah mendekomposisi sebuah masalah lebih dahulu. Contoh yang mudah sekali dalam kehidupan sehari - hari adalah apa yang harus kita lakukan untuk memasak nasi. Dalam dekomposisi, tentu kita pecahkan dulu seperti menyiapkan beras, air, tempat nasi, rice cooker. Kemudian pengenalan pola, yang perlu kita kenali pola dalam masing - masing masalah. Seperti apakah harus memasak air dulu baru memasak beras atau menyalakan rice cooker. Lalu ada abstraksi, yaitu memokuskan setiap masalah. Seperti contoh, berapa banyak beras yang kita butuhkan untuk makan nanti. Dan yang terakhir adalah algoritma. Perannya disini adalah menjalankan step-by-step penyelesaian masalah. Contohnya dari sehari - hari dalam memasak nasi. Pertama - tama memasukkan beras sebanyak yang dibutuhkan, kemudian masukkan air lalu kemudian menyalakan rice cooker.

Jadi peran algoritma dapat terlihat disini, yaitu sebagai langkah - langkah yang kita buat dan lalu kita terapkan. Tentu saja peran algoritma disini sangat krusial. Untuk penerapannya, harus dilakukan terakhir karena algoritma merupakan langkah terakhir.

Algoritma adalah urutan atau langkah - langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Algoritma merupakan kumpulan perintah, yang saling berkaitan untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat di terjemahkan secara bertahap pada setiap tahap dari awal hingga akhir.
Algoritma dapat melatih kemampuan logika. Pada dasarnya setiap hari kita melakukan aktivitas algoritma. Algoritma sangat berguna dalam kehidupan sehari – hari karena algoritma merupakan urutan langkah – langkah logis dan terdefinisi dengan jelas atau tidak ambigu yang dapat menuntun kita dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Algoritma membuat kita lebih mudah dalam menyelesaikan masalah yang kompleks dengan tidak memandang secara keseluruhan, tetapi membaginya dalam masalah – masalah yang kecil dan menyelesaikannya satu per satu secara berurutan.maka algoritma dapat memudahkan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah dengan Urutan yang logis.

Dalam penyusunannya diperlukan suatu logika agar algoritma yang di hasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Lalu bagaimanakah cara menyusun algoritma?

Pertama – tama, kita pahami masalah yang akan diselesaikan. Definisikan masalah secara rinci dan jelas agar kita mendapatkan gambaran mengenai cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Setelah kita mendapatkan gambaran mengenai solusi pemecahan masalah, kita bagi masalah tersebut menjadi bagian bagian yang kecil agar dapat diselesaikan dengan lebih mudah. Kita buat pemodelannya dan susun satu per satu tahapan penyelesaiain dari masalah tersebut.

Selanjutnya adalah perancangan algoritma. Disini kita jabarkan langkah – langkah dalam menyelesaikan tiap tahapan yang sudah disusun tadi. Buat beberapa alternatif penyelesaian pada tiap tahap dan pilih alternatif mana yang paling efisien.

Setelah semua langkah – langkah terancang degan baik, tetapkan itu sebagai algoritma kita untuk menyelesaikan masalah dan eksekusi tiap langkahnya dengan baik dan seksama. Mungkin di tengah proses kita memecahkan masalah akan muncul kendala baru. Nah, disini perlunya kita melakukan evaluasi mengenai proses penyelesaian masalah. Kita perbaiki kekurangan kita hingga sukses menyelesaikan permasalahan tersebut.