Bagaimana cara menyortir anakan ikan koi ?

Menyortir anakan ikan koi

Menyortir anakan ikan koi adalah suatu keharusan didalam budidaya ikan koi, karena tidak mungkin kita memelihara seluruh anakan yang ada, mengingat ikan koi bukanlah ikan konsumsi. Didalam proses penyortiran terdapat permasalahan yang sangat besar, yaitu harus melakukan peramalan terkait dengan potensi ikan koi tersebut di masa yang akan datang. Bagaimana cara menyortir anakan ikan koi agar didapat koi-koi yang berkualitas ?

Pada usia lebih dari 3 bulan ini, dapat dilakukan penyortiran. Penyortiran dapat berdasarkan ukuran, bentuk, pola, kecerahan warna dari anakan koi tersebut.

Penyortiran koi berdasarkan ukuran adalah mengelompokkan ikan berukuran kecil dengan yang kecil, yang berukuran besar dengan yang besar. Ini memudahkan dalam pemberian pakan, dan agar pertumbuhannya seragam.

Pemilihan anakan koi berdasarkan bentuk badan, yaitu menggolongkan koi dengan bentuk bagus dan yang kurang bagus. Bentuk proporsional yang dicari adalah bentuknya bulan peluru, tidak terlalu kurus panjang, bersirip simetris, dengan gerakan tenang saat berenang.

Penyortiran berdasarkan kecerahan warna dan jelas tidaknya batas warna koi. Ini untuk memilih pola corak koi yang terbaik. Batas warna yang kontras adalah ciri-ciri koi yang diinginkan.

Penyortiran ikan koi untuk mendapatkan harga yang baik pada koi. Kualitas koi yang baik akan mendapatkan harga yang mahal. Biasanya 10 persen koi yang super dari setiap penetasan koi adalah angka yang cukup bagus. Ini adalah wajar. Untuk mendapatkan koi kualitas super memang tidak mudah.

Sumber
http://www.ikankoi.org/teknik-pemijahan-dan-penetasan-telur-ikan-koi/