Bagaimana cara menyingkirkan stres dalam belajar ?

Terkadang kita merasa belajar menjadi beban. Nah, bagaimana cara agar kita tidak menjadikan belajar itu sebagai beban yang dapat menimbulkan stres?

Stres terjadi secara alami pada mahasiswa, yang kewalahan menyeimbangkan beberapa kelas dengan jadwal kerja dan aktivitas ekstra. Mempelajari membuktikan monster lain yang kondusif terhadap stres, dan beberapa siswa memilih untuk beralih ke cara penanganan yang tidak sehat: alkohol, obat terlarang, terlalu banyak makan.

Namun, ada banyak cara yang lebih sehat (dan lebih murah) untuk mengalahkan stres. Alih-alih meraih sebotol bir untuk bersantai, membebaskan ketegangan Anda dari belajar dengan beberapa cara berikut.

1. Terlibat dalam aktivitas fisik.

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah melalui aktivitas fisik. Apakah ini melalui olah raga yang kuat atau dengan berpartisipasi dalam olahraga, Anda akan mendapati bahwa membuat tubuh Anda bergerak membantu Anda untuk benar-benar menghilangkan ketegangan.

Mahasiswa Universitas Wittenberg Ben Fox telah terlibat dalam olahraga atletik sejak usia muda, dan telah menggunakan aktivitas fisik ini sebagai jalan keluar untuk stres di tahun-tahun kuliahnya.

“Ini sangat mengurangi banyak stres dari banyak hal jika Anda bisa melakukan aktivitas fisik,” kata Fox.

“Anda berkeringat semuanya dan Anda merasa terbebas dari stres Anda.”

Menambahkan aktivitas fisik sehari-hari ke dalam jadwal Anda dapat membantu Anda mengatasi stres sebelum hal itu terjadi. Namun, ada beberapa cara untuk menghilangkan stres saat Anda belajar juga. Fox, yang merupakan jurusan pendidikan, menyebutkan bahwa ia menyimpan tali lompat di dekat pintu untuk aktivitas fisik yang cepat.

“Ketika ada sesuatu yang menekan saya, saya mengambil tali lompat itu dan hanya melompati tali seperti iblis, dan saya akan merasa jauh lebih baik tentang stres,” katanya.

Amanda Oravec, biokimia dan biologi senior jurusan The Ohio State University, juga suka menghilangkan beberapa tekanan belajar dengan aktivitas fisik.

"Saya lari dan saya menari. Banyak. Ini membawa saya ke duniaku sendiri, " katanya.

Meringankan beberapa stres dengan beberapa menit atau jam aktivitas fisik untuk memompa darah Anda, dan kemudian kembali berkutat dengan buku.

2. Keluarlah dari rumah.

Tinggalkan tempat di mana Anda belajar untuk memberi energi kembali. Bawa anjing Anda berjalan-jalan atau pergi sendiri dan habiskan waktu di alam untuk sedikit waktu untuk menenangkan pikiran Anda. Luangkan waktu untuk memikirkan sesuatu selain materi pelajaran Anda.

“Bicara dengan teman atau sekedar menonton film,” kata Oravec.

"Stres belajar tidak pernah bagus, jadi pikirkan hal lain untuk mengalihkan pikiran dari hal-hal; Itu membuat segalanya jauh lebih baik. "

Temui seorang teman untuk secangkir kopi sebentar (atau untuk salah satu dari enam pilihan yang lebih sehat ini) untuk mengobrol selama setengah jam tentang sesuatu selain ujian besar atau kertas Anda, atau pergi menonton film bersama. Bangun dan keluar sebentar, tapi ingatlah untuk kembali; Anda memiliki tes, setelah semua.

3. Tulis.

Menulis ketika Anda stres dapat membantu Anda mengetahui hal-hal yang mengganggu Anda. Meskipun kelihatannya tampak jelas bahwa tindakan belajar itu sendiri sangat menegangkan, luangkan beberapa menit untuk menuliskan daftar aspek-aspek apa dari situasi Anda yang menyebabkan Anda sangat berduka.

Apakah Anda mencoba mempelajari banyak materi dalam jumlah kecil? Apakah ada bahan tertentu yang tidak anda mengerti? Apakah Anda menunda-nunda?

Begitu Anda tahu mengapa Anda stres, Anda bisa lebih baik mengatasi bagaimana mengatasi kesengsaraan Anda. Anda juga bisa meluangkan waktu untuk belajar dan melakukan beberapa tulisan kreatif. Ikutilah puisi cepat atau cerpen untuk membuat cairan kreatif Anda mengalir; Bahkan jika Anda tidak menganggap diri Anda “penulis” ini setidaknya akan memberi Anda istirahat yang sangat dibutuhkan untuk belajar.

4. Lakukan sesuatu yang Anda sukai.

Hobi bisa membantu Anda rileks. Sisihkan buku dan luangkan beberapa menit atau sampai satu jam untuk memberi tekanan pada aktivitas yang Anda sukai. Oravec melakukan ini dengan memanggang.

“Saya biasanya meluangkan waktu dan melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda dari topik yang saya pelajari, dan, begitu saya merasa lebih baik, saya kembali belajar,” katanya.

"Saya adalah tukang roti stres. Ketika saya membawa kue dan kue ke teman-teman saya, mereka tahu saya stres. "

Seperti Oravec, Fox menggunakan salah satu hobi, bermain olah raga, untuk mengalihkan perhatiannya dari belajar. “Saat saya sedang bermain olahraga, yang penting adalah olahraga itu,” katanya.

“Untuk 45 menit di hari itu, saya merasa lega karena stres.”

Dapatkan aktivitas fisik, tonton setengah jam acara televisi favorit atau saluran YouTube Anda atau dengarkan beberapa lagu favorit Anda; putus sesi belajar Anda dengan kegiatan atau hobi yang Anda nikmati akan membantu meringankan beberapa ketegangan ujian dan kegiatan belajar yang monoton.

5. Santaikan pikiran dan otot Anda.

Lakukan yoga atau Tai Chi. Beri diri Anda pijat (atau dapatkan teman baik untuk memberi Anda satu). Ambil bak mandi panas. Bayangkan diri Anda di tempat lain selama sepuluh menit. Fox menggunakan teknik yang disebut “pelarian” untuk menyingkirkan stres.

“Saya memejamkan mata, dan saya membayangkan diri saya berada di pantai yang indah, dan dikelilingi oleh orang-orang yang menyenangkan, kami melakukan limbo, menikmati matahari,” dia menjelaskan.

“Saya menikmati citra mental itu selama sepuluh menit dan kemudian saya kembali ke studi saya dan saya merasa lega dan dapat memulai studi saya lagi.”

6. Cukup bernafas.
Tarik napas dalam-dalam dan tahan selama lima detik. Sekarang biarkan keluar. Katakan pada diri sendiri bahwa semuanya akan berhasil pada akhirnya. Luangkan waktu sejenak untuk fokus pada saat ini dan hanya bersantai.

"Terkadang semua orang perlu lakukan untuk menenangkan diri adalah nafas. Ini sangat membantu, " kata Oravec.

"Luangkan waktu untuk bersantai dan meletakkan segala sesuatunya; Kemungkinan itu adalah ujian atau sesuatu itu

Sumber : https://www.kaptest.com/blog/business-school-insider/2014/08/27/6-ways-to-calm-down-when-youre-stressed-from-studying/

Belajar adalah proses dimana kita mendapatkan ilmu. Dengan belajar kita mampu menjadikan diri kita sebagai orang yang pintar dan pandai. Terkadang, kita pun tidak lebih pintar dengan pembelajaran yang dilakukan. Nah, dengan pembelajaran yang salah itu dapat menimbulkan stress yang akhirnya menjadikan kita enggan untuk belajar secara focus.

Untuk menghilangkannya, kita bisa menggunakan metode “CARA MENGHILANGKAN STRESS PADA SAAT BELAJAR” ini, yang meliputi :

  1. Tidur jangan terlalu malam,
    Untuk menjaga otak dan mata kita, biasanya hal ini ampuh untuk mengusir rasa stress yang ditimbulkan oleh rasa kantuk. Jika kita mengatur jam tidur, itu membuat otak lebih fresh dan bekerja dengan maksimal.

  2. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan,
    Sayuran mengandung serat sedangkan buah kaya akan vitamin. Jika keduanya kita konsumsi dengan teratur maka otomatis tubuh pun sehat dan membuat kita siap dalam belajar. Tubuh dan otak juga siap menerima ilmu yang nanti diserap.

  3. Hindari minum kopi,
    Minuman yang mengandung kafeina ini memang sudah biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia. Mengonsumsi kopi memang baik karena dapat mempercepat kinerja jantung serta otak, tetapi jika mengonsumsi secara berlebihan sangatlah tidak baik.

  4. Sediakan Air Minum,
    Saat kita mulai terasa mengantuk, pada saat itulah tubuh kehilangan ion-nya yang membuat kita lemas dan mengantuk saat belajar. Untuk hal ini dengan meminum air putih atau isotonic adalah salah satu solusi yang tepat untuk menambah ion tubuh.

  5. Dahulukan yang mudah,
    Jika kita bingung untuk mengerjakan soal, semestinya yang dilakukan adalah mendahulukan soal yang mudah terlebih dahulu. Kinerja otak pun tidak terlalu berat pada saat ini.

  6. Membuang pikiran lain,
    Saat belajar dimulai, otak kita pun tertuju pada satu tujuan. Jika kita menggabungkan urusan lain dengan urusan di saat pembelajaran, otak pun tidak kuat untuk memikulnya. Yang akhirnya dapat menimbulkan stress dan takut serta tidak percaya diri saat mengerjakan soal.

  7. Membaca do’a,
    Membaca do’a, inilah hal yang paling terpenting dalam proses belajar. Dengan membaa do’a, kita bisa lebih focus dan serius dalam belajar. Selain itu, fungsi do’a juga mengaharapkan ilmu yang kita pelajari itu bisa bermanfaat dan diamalkan.

sumber : https://ongak.wordpress.com

Stres adalah suatu keadaan dimana kita mengalami gangguan mental akibat dari tekanan yang kita dapatkan. Pelajar ataupun mahasiswa terkadang mengalami stress jika mendapatkan tugas yang menumpuk, atau jika sudah mendekati hari-hari akan dilaksanakannya ujian, atau jika sedang mempelajari sebuah materi yang menurut mereka itu materi yang sulit. Atau terkadang ada masalah lain yang bisa membuat kita menjadi stres dan memikirkan masalah tersebut saat sedang belajar sehingga belajar kita menjadi kurang konsentrasi Ada beberapa cara untuk mengatasi stress saat kita sedang belajar.

1. Hibur dirimu sendiri
Saat stress menyerang, lakukanlah kegiatan yang bisa membangkitkan mood-mu lagi seperti bermain games, mendengarkan musik, menonton film atau apapun yang kamu suka. Kegiatan-kegiatan itu akan sangat membantumu mengurangi stress, namun jangan sampai melupakan kewajibanmu. Selain itu, kamu juga bisa melatih Self Talk yang positif untuk meningkatkan rasa percaya dirimu.

2. Fokus
Multitasking merupakan ide bagus untuk menyelesaikan banyak pekerjaan jika kamu mampu meng-handlenya. Namun tidak semua orang bisa melakukannya terutama apabila pekerjaan-pekerjaan kita membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra. Rencanakan pekerjaan mana yang akan kamu kerjakan terlebih dahulu dan prioritaskan untuk mengerjakan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu.

3. Beraktivitas bersama teman
Hang out bersama teman juga cukup membantu untuk meringankan stressmu. Rencanakan juga suatu kegiatan bersama temanmu dan sementara jauhkanlah dirimu dari aktivitas yang berpotensi menimbulkan stress.

4. Hindari tujuan yang tidak realistis
Jika kamu bermimpi untuk menjadi seorang pengusaha sukses, tentu kamu tidak bisa langsung membuat sebuah perusahaan yang menjadi penguasa pasar tanpa memiliki pengalaman sebelumnya. Bermimpilah yang besar, namun rencanakan langkahmu secara realistis.

5. Belajar menerima diri dan kondisi kita
Selama kita hidup, banyak kejadian-kejadian yang tidak bisa kita cegah, terjadi. Seperti anggota keluarga yang meninggal, bencana alam, tubuh yang cacat, dan masih banyak lagi. Karena tidak bisa kita kendalikan, maka hal yang bisa kita lakukan adalah menerima kondisi kita apa adanya. Jauh lebih baik memikirkan apa yang bisa kita lakukan dengan apa yang kita punya sekarang daripada terus merasa tertekan dengan keadaan.

6. Berpikir positif
Ketika mengalami suatu masalah, lihatlah dari sisi terangnya. Karena dalam setiap masalah pasti ada sesuatu yang dapat kamu petik dan kamu pelajari untuk membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Cara lainnya adalah membuat pikiran anda menjadi jernih. Selalu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi kesenangan kita, apapun itu yang penting jangan kriminal, karena jika tujuannya adalah sebagai relaksasi. karena mungkin selama ini pikiran anda terlalu terfokus kesana. Contoh lainnya adalah jalan-jalan ke tempat yang fresh menurut kita, atau kita bisa mendengarkan musik yang didalamnya tidak menimbulkan pikiran. Kita juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang aneh seperti berteriak sekeras-kerasnya, biasanya setelah teriak, pikiran akan sedikit lega. Jika masih kurang puas kita bisa teriak lagi, tetapi disarankan jangan berteriak dekat rumah orang atau di pinggir jalan raya. Kemudian tarik nafas dan keluarkan pelan-pelan, lalu renungkan apa yang telah terjadi, lalu sikapi secara bijak dan berjiwa besar.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita tidak mengalami stres saat belajar. Kita juga bisa membuat hidup kita lebih positif dan terhindar dari yang namanya depresi. Jadi seberapapun tekanan yang diberikan kepada kita, kita bisa mengatasinya.

sumber : http://tskytipsbelajar.blogspot.co.id/2012/02/cara-menghilangkan-stress-karena.html

Belajar sering kali membuat sesorang menjadi stress. Hal ini dikarenakan beberapa faktor antara lain hal yang dipelajari tidak bisa dipahami dengan baik, belajar sesuatu yang tidak disukai, paksaan orang lain, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah 10 cara untuk menghilangkan stress saat belajar.

1. Makan makanan beragam makanan sehat
Memakan makanan sehat merupakan hal yang penting. Buah-buah yang mengandung vitamin C, sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh kita yang dapat membantu meredakan stress

2. Olahraga
Olahraga dapat membantu kita menghilangkan stress. Olahraga rutin minimal sekali dalam seminggu dapat memicu tubuh menghasilkkan hormon endorphin yang dapat membuat kita berada dalam mood yang baik. Walaupun hanya sekedar berjalan selama 30 menit sudah bisa mengurangi tingkat stress dan memperbaiki mood apalagi jika melakukan olahraga intensif. Bergabung dengan sebuah club olahraga juga dapat menurunkan tingkat stress. Selain berolahraga kita juga bisa bersosialisasi dengan orang lain.

3. Meditation
Hanya dengan duduk diam selama 10 menit tiap hari dapat menurunkan tingkat stress. Dengan teknik bernafas yang baik, tubuh bisa menjadi lebih relaks karena peredaran oksigen yang baik di dalam tubuh, membantu diri kita untuk lebih tenang dan menghilangkan stress

4. Istirahat rutin
Istirahat pendek ditengah belajar dapat membantu anda untuk tenang. Namun. istirahat panjang juga penting. Cobalah untuk berlibur saat akhir pekan. Lakukan hal yang anda sukai. Setelah melakukannya anda pasti akan segar kembali dan siap belajar

5. Pelihara hewan
Menghabiskan waktu dengan hewan juga baik untuk kesehatan anda. Jika anda memelihara hewan, tubuh anda akan melepaskan hormon yang membuat anda bahagia dan dapat mengurangi tingkat stress anda. Anda juga tidak harus memelihara hewan anda sendiri. Anda bisa mengambil alternatif lain dengan mengunjungi rumah saudara atau teman anda yang memelihara hewan.

6. Tidur dan jauhkan diri dari media sosial
Tidur selalu menjadi obat terbaik. Tidur singkat selama 20 menit dapat meningkatkan produktifitas. Sebagai mahasiswa kita sering menghabiskan banyak waktu di media sosial. secara sosial memang menyenangkan, namun jika dilakukan dengan berlebihan hanya akan meningkatkan tingkat stress kita.

7. Berhenti merokok
Beberapa orang menjadikan merokok sebagai alasan untuk melepas stress, tetapi pada kenyataannya menurut penellitian nikotin malah menghambat hormon serotonin yang berfungsi untuk melawan stress.

8. Lihat dari sisi positif
JIka anda melakukan suatu kesalahan, cobalah lihat dari sisi positif dan pelajari kesalahan anda. Walaupun terasa buruk, namun jika anda mencoba memikirkannya, pasti ada beberapa hal positif yang bisa anda ambil.

9. Dengarkan musik
Mendengar musik dapat membantu menenangkan diri dan menempatkan anda dalam kerangka pikiran yang lebih baik. jika anda merasa stress, mendengarkan lagu-lagu tenang saat belajar dapat sangat membantu

10. Tertawa
Orang bilang tertawa adalah obat terbaik dan memang begitu kenyataannya. Tertawa lepas dapat menaikkan kadar oksigen dan tekanan darah yang secara langsung menurunkan tingkat stress