Bagaimana cara menyingkirkan kutu pada kucing?

kucing

(Theresia Karina Situmorang) #1

kucing

Bagaimana cara menyingkirkan kutu pada kucing?


(Rina Wijaya) #2

Untuk menyingkirkan kutu, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:

  1. Mandikan kucing Anda. Gunakan sampo anti kutu. Setelah kucing dikeringkan, gunakan topical anti flea drop (Frypst atau Frontline atau Advantage), di lehernya di mana ia tidak bisa menjilatinya. Ini harus dilakukan setiap 5 minggu sekali. JANGAN menggunakan merek yang sama setiap kali kutu menjadi kebal setelah beberapa saat. Juga, jangan menyentuh kucing sepanjang hari.

  2. Vakum rumah Anda secara menyeluruh. Tutup semua area - di belakang sofa, di bawah tempat tidur, dll. Jika Anda memulai kontrol kutu Anda hari ini, penyedotan harus menyeluruh. Setelah hari pertama, Anda dapat menyedot setiap hari dengan kurang teliti. Hari 1 adalah yang paling penting. Vakum akan menghilangkan 60% telur kutu. Satu ekor kutu betina bertelur sekitar 50 telur per hari.

  3. Lap lantai. Gunakan pembersih lantai yang kuat. Aturan praktisnya adalah, semakin buruk bau bersih, semakin efektif. Sekali lagi, berhati-hatilah jika Anda memiliki bayi. Mirip dengan menyedot debu, hari pertama harus lebih teliti.

  4. Cuci semua seprai, sarung bantal, dll menggunakan mesin cuci. Air harus disetting 55C atau lebih. Gunakan deterjen yang kuat. Kucing saya berbagi tempat tidur dengan saya. Saya menggunakan lembaran putih. Ketika Anda melihat kotoran kutu di atas lembaran tersebut, itu merupakan indikasi bahwa kutu sudah kembali. Waktu untuk mengulangi langkah 2 dan 3 lagi.

  5. Gunakan sisir kutu setiap beberapa hari sekali untuk menangkap kutu. Pastikan untuk memberi makan kucing dan menenangkannya sebelum Anda memulai ini. Sebagian besar kutu akan ditemukan di leher, dahi dan perut. Hati-hati menjebak kutu di sisir dan masukkan ke dalam wadah berisi air panas sedikit (tidak terlalu panas sehingga kuku Anda lepas) dicampur dengan sabun pencuci piring. Kutu itu akan tenggelam. Juga perlu diingat bahwa sisir harus dikeringkan sebelum digunakan lagi. Kalau tidak, kucing akan mulai menjilat bulunya di mana sisir (basah) digunakan, menelan air sabun.

  6. Gunakan semprotan insektisida sekali dalam 2 minggu di sofa, tempat tidur dan tempat lain di mana kucing menghabiskan lebih banyak waktu. Sekali lagi, berhati-hatilah jika Anda memiliki bayi.

Catatan : Telur kutu bisa tetap aktif selama 6 bulan.