© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara menyingkirkan duri dalam hati yang menghambat perjalanan kita?

MenyingkirkanDuri

Kita berbuat baik, tentunya bukan untuk mengharapkan sesuatu, karena kita sadar bahwa itulah peran yang harus dimainkan. Kewajiban kita adalah menyingkirkan duri di jalan yang dilalui. Bukan saja karena takut melukai kita, namun juga untuk menjaga perjalanan lainnya.

Jadi, meski tak seorangpun mengucapkan terima kasih atas perbuatan baik kita, itu tidaklah mengecilkan arti kebaikan itu sendiri. Maka apalah arti sebuah ucapan terima kasih, biarkanlah kebaikan mengalir dari tangan kita, dan biarkan benak kita terbebas dari perasaan berjasa.

Temukan arti pesan bijak Sang Nabi Suci, “Berikan kebaikan dari tangan kanan anda seakan akan tangan kirimu tidak mengetahui”.

Apa pelajaran yg dapat kita ambil dari cerita diatas?

Referensi

https://iphincow.com/2010/01/15/menyingkirkan-duri/

1 Like

Memang, bersedekah dengan sembunyi-sembunyi adalah amalan mulia, yang pelakunya dijanjikan pahala besar. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”Tujuh pihak yang diberi naungan oleh Allah, dimana pada hari itu tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.”

Dari tujuh pihak tersebut, Rasulullah menyebutkan bahwa siapa saja yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi ibarat tangan kiri tak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanan- maka ia termasuk salah satu di dalamnya. Begitulah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

1 Like