Bagaimana cara menyimpan kangkung agar tidak layu?

Meskipun telah disimpan dalam kulkas selama beberapa hari, sayur juga akan layu. Proses penyimpanan ternyata sangat berpengaruh terhadap daya simpan sayur ini sendiri.

Panen dan Pasca Panen Tanaman Kangkung

Agar sayuran nggak cepat basah, pisahkan penyimpanan sayuran yang berdaun seperti kangkung, bayam, dan daun bawang dengan sayuran lainnya. Setelah belanja, langsung keluarkan sayuran dari plastiknya yang cenderung lembab atau basah hasil uapnya sendiri. Potonglah bagian akar sayuran yang biasanya masih banyak tanah menempel (saat membeli kamu juga bisa request untuk dipotongkan, lho), cuci bersih lalu tiriskan sampai benar-benar kering. Jika tidak sempat mencucinya, pastikan sayuran kering dan nggak lembab namun tetap buang akarnya dulu ya.

Sebelum dimasukkan ke kulkas, lapisi sayuran berdaun dengan kertas. Tapi gantilah kertas jika sudah mulai basah biar nggak cepat busuk. Sayuran berdaun lebih baik disimpan di rak paling bawah di kulkas. Lapisi juga bagian dasar rak dengan handuk dapur atau kertas supaya bisa menyerap air dan tetap kering.