Bagaimana cara menyiapkan pleci menjelang lomba ?

burung

(Hudaifa) #1

Burung Pleci

Burung Pleci atau Zosterops merupakan marga penciri burung kacamata, dan memiliki jumlah anggota terbesar. Secara tradisional, genus ini dimasukkan ke dalam suku Zosteropidae; namun berdasarkan kajian filogeni terbaru, bisa jadi kelompok ini merupakan bagian dari suku Timaliidae.

Daerah persebarannya adalah di wilayah tropika Afrika, Asia (Indomalaya), dan Australia bagian utara. Panjang tubuhnya (dari ujung paruh hingga ujung ekor) berkisar antara 8–15cm. Ciri yang paling jelas adalah adanya lingkaran (garis) putih yang mengelilingi mata, meskipun ada beberapa jenisnya yang tidak memilikinya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”.(wikipedia)


(S. Nagara) #2

Yang harus diperhatikan ketika mempersiapkan burung pleci untuk lomba antara lain :

  1. Menjaga kondisi birahi pleci
    Kondisi birahi pleci sebelum dan menjelang lomba harus stabil. Untuk itu, sebagai perawat, Anda harus bisa mengatur pola rawatan agar burung siap dilombakan.

  2. Mengenali karakter burung
    Mengenali karakter burung pleci yang kita pelihara merupakan faktor paling penting dalam memahami dan melatihnya. Karakter setiap individu burung itu berbeda, meski berasal dari spesies yang sama. Begitu pula karakter pleci yang akan dilombakan. Ada individu pleci yang butuh perlakuan khusus jelang lomba, agar bisa tampil lebih maksimal daripada pleci lainnya. Ada juga yang hanya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga staminanya saat dilombakan.