Bagaimana cara menyembuhkan Xerophthalmia ?

Xeropthalmia adalah penyakit mata progresif yang ditandai dengan mata yang kering. Bagaimana mengobatinnya ?

image

Xeropthalmia adalah penyakit mata progresif yang ditandai dengan mata yang kering. Penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan serius pada kornea mata dalam bentuk bercak putih dan tukak kornea. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa mengarah pada kebutaan.

Penyebab utama dari munculnya xerophthalmia adalah kekurangan vitamin A atau retinol. Fungsi vitamin A sendiri adalah untuk menghasilkan sel fotoreseptor pada retina sehingga mata dapat melihat cahaya sepenuhnya. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk memberi nutrisi pada bagian lain dari mata, termasuk kornea. Bagian bening pada permukaan depan mata ini membutuhkan vitamin A agar dapat menghasilkan cairan yang memadai untuk menjadi pelumas mata.

Setelah pasien dipastikan menderita xerophthalmia, penanganan utamanya adalah berupa pemberian suplemen vitamin A. Hal ini perlu dilakukan terutama bagi penderita yang didiagnosis menderita rabun ayam atau buta senja (night blindness). Suplemen vitamin A bertujuan untuk mengatasi gejala dan membantu mata kembali memproduksi cairan pelumas mata.

Guna membantu mempercepat penyembuhan xerophthalmia, penderita dianjurkan untuk:

  • Menghindari iklim atau kondisi ruangan yang kering.
  • Menggunakan alat pembersih atau pelembab udara di dalam ruangan.
  • Memakai kaca mata pelindung yang dapat memperlambat penguapan air dari permukaan mata.
  • Menggunakan salep, gel, atau air mata buatan. Kendati demikian, hindari air mata dengan bahan pengawet jika harus menggunakannya lebih dari empat kali dalam sehari.
  • Mengistirahatkan mata setelah melakukan kegiatan yang memerlukan ketajaman penglihatan dalam waktu lama.

Sumber : www.alodokter.com