Bagaimana cara menyembuhkan penyakit imunodefisiensi?

Imunodefisiensi adalah defek pada salah satu komponen imunitas tubuh yang dapat menimbulkan gejala klinis bahkan sampai mengancam nyawa. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini?

Jika dokter menduga Anda mungkin mengalami gangguan imunodefisiensi, dokter akan:

  • Menanyakan tentang riwayat medis Anda
  • Melakukan pemeriksaan fisik
  • Menentukan jumlah sel darah putih Anda
  • Menentukan jumlah sel T
  • Menentukan kadar imunoglobin.

Vaksin dapat menguji respon sistem imun dengan tes antibodi. Dokter akan memberi Anda vaksin, kemudian melakukan tes darah untuk melihat respons terhadap vaksin beberapa hari atau minggu kemudian.

Jika Anda tidak memiliki gangguan imunodefisiensi, sistem imun akan menghasilkan antibodi untuk melawan organisme pada vaksin. Anda dapat memiliki gangguan jika tes darah tidak menunjukkan antibodi.

Apa saja pengobatan untuk gangguan imunodefisiensi?
Perawatan untuk setiap gangguan imunodefisiensi akan tergantung pada kondisi tertentu. Contohnya, AIDS menyebabkan beberapa infeksi berbeda. Dokter akan memberikan obat untuk setiap infeksi. Anda juga dapat diberikan antiretroviral untuk mengatasi infeksi HIV jika memungkinkan.

Perawatan untuk gangguan imunodefisiensi umumnya meliputi antibiotik dan terapi imunoglobulin. Obat antiviral lain, amantadine dan acyclovir, atau obat yang disebut interferon digunakan untuk perawatan infeksi viral akibat gangguan imunodefisiensi.

Jika sumsum tulang Anda tidak menghasilkan cukup limfosit, dokter dapat melakukan transplantasi sumsum tulang (stem cell).