Bagaimana cara menyembuhkan penyakit hipoglekemia?

Hipoglekemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula dalam darah beradda di bawah kadar normal.
Bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini?

Saat ini sudah tersedia alat pengukur kadar gula darah di apotek yang dapat digunakan oleh penderita diabetes di rumah. Selain diabetes, alat ini juga dapat digunakan untuk mendiagnosis hipoglikemia.

Kadar gula normal seseorang adaah 72 hingga 108 mg/dl pada saat puasa, dan mencapai 140 mg/dl kurang lebih dua jam setelah makan. Biasanya gejala hipoglikemia akan mulai dirasakan seseorang jika darah mereka di bawah 70 mg/dl.

Ketika gejala hipoglikemia muncul, segera konsumsi makanan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi, seperti jus buah, permen, atau minuman ringan,. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang kandungan karbohidratnya bisa diubah menjadi gula dengan cepat oleh tubuh, seperti roti lapis, sereal, atau biskuit.

Setelah 15 menit, periksa kembali kadar gula Anda. Jika masih tetap di bawah 70 mg/dl, konsumsi kembali makanan-makanan pendongkrak kadar gula tadi. Lakukan terus pengecekan tiap 15 menit sekali hingga kadar gula Anda berada di atas 70 mg/dl. Setelah kadar gula kembali normal, jagalah agar tetap stabil dengan mengonsumsi makanan atau camilan sehat.

Jika gejala tergolong parah atau penanganan awal tidak efektif sehingga kondisi Anda memburuk, maka segera ke dokter atau rumah sakit. Di rumah sakit, biasanya dokter akan langsung memberikan suntikan glukagon atau cairan infus yang mengandung glukosa agar kadar darah Anda kembali normal. Pastikan untuk tidak memasukkan makanan atau minuman apa pun ke mulut saat penderita dalam kondisi tidak sadar untuk menghindari sesak.

Selain tes darah, dokter juga akan memeriksa fungsi organ hati, ginjal, kelenjar adrenal, atau pankreas untuk mengetahui apakah hipoglikemia Anda terjadi akibat adanya gangguan pada organ-organ tersebut. Jika ternyata benar, maka hipoglikemia baru bisa sembuh setelah kondisi yang mendasari tersebut diobati. Penanganan dasar bisa dilakukan dengan obat-obatan, maupun dengan operasi, misalnya untuk mengangkat tumor pada pankreas.

Secara umum, hipoglikemia perlu ditangani secara cepat dan tepat agar terhindar dari komplikasi seperti kehilangan kesadaran, kejang hingga kematian. Selalu konsultasikan dengan dokter jenis pengobatan dan aktivitas apa yang tepat untuk Anda.

Pencegahan hipoglikemia
Berikut ini beberapa tips untuk mencegah munculnya gejala hipoglikemia dan tips agar gejala hipoglikemia yang muncul tidak memburuk:

  1. Makan sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan. Hal ini penting untuk menjaga ketersediaan gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih lagi untuk penderita diabetes yang akan melakukan olahraga, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat cukup dan menyesuaikan dosis insulin yang Anda pakai sesuai dengan anjuran dokter. Bagi mereka yang kerap mengalami gejala hipoglikemia di malam hari juga dianjurkan untuk mengonsumsi camilan yang mengandung karbohidrat sebelum tidur, seperti susu atau biskuit. Selain itu, simpan makanan bergula di dekat tempat tidur sebagai antisipasi jika gejala hipoglikemia mengganggu tidur Anda.
  2. Batasi konsumsi minuman keras atau hindari sama sekali jika bisa. Hal ini dikarenakan alkohol dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melepaskan glukosa. Apabila Anda menderita diabetes tipe 1, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol sama sekali, atau mengonsumsi tidak lebih dari 30 ml alkohol per hari. Pastikan Anda langsung mengonsumsi makanan ringan setelahnya.
  3. Pantau kadar gula Anda secara berkala. Hal ini penting untuk dilakukan tiap hari untuk memastikan kadar gula darah berada dalam kisaran normal. Jika Anda sering mengalami hipoglikemia pada malam hari, cek kadar gula darah pada pukul 3.00 atau 4.00, yaitu ketika hipoglikemia sering dirasakan oleh para penderita diabetes.
  4. Kenali gejala-gejala hipoglikemia yang muncul. Pengetahuan kita mengenai hal ini dapat membantu menangani hipoglikemia secara cepat.
  5. Selalu siapkan makanan atau obat-obatan pereda gejala di mana pun Anda berada. Salah satu obat yang mungkin akan diajarkan penggunaannya oleh dokter adalah suntikan glukagon.
  6. Berhati-hatilah saat mengendarai kendaraan. Pastikan kondisi Anda prima sebelum berkendara. Hindari membawa kendaraan jika sedang dalam kondisi pemulihan atau baru menjalani perawatan dalam 48 jam terakhir. Hentikan kendaraan jika mengalami serangan hipoglikemia dan tangani sedini mungkin.