Bagaimana cara menyembuhkan penyakit gas gangrene?

Gas gangrene merupakan penyakit yang biasanya terjadi diawali dengan adanya luka atau patah tulang yang berat. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini?

Pengobatan Gas Gangrene
Setelah didiagnosis, gas gangrene harus diobati segera. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang dimasukkan melalui infus sehingga dapat langsung masuk ke pembuluh darah Anda. Jaringan yang telah mati atau terinfeksi harus segera dibuang dengan pembedahan. Dokter Anda juga mungkin harus melakukan perbaikan pembuluh darah untuk agar aliran darah ke tempat yang terinfeksi dapat kembali lancar.

Perbaikan jaringan yang telah rusak dapat dilakukan dengan teknik skin graft. Melalui metode ini, dokter akan mengambil kulit yang sehat dari tempat yang tidak terinfeksi dan menanamnya di lokasi yang terluka setelah tentu saja membuang sel kulit yang terinfeksi. Dalam kasus gangrene yang berat, dokter dapat saja menyarankan amputasi satu anggota gerak untuk menyelamatkan bagian tubuh yang lain dari penyebaran infeksi.

Beberapa dokter juga memanfaatkan metode terapi oksigen hiperbarik untuk membantu mempercepat penyembuhan gas gangrene. Dalam terapi ini, Anda akan diminta untuk menghirup gas oksigen dalam ruangan bertekanan khusus. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah Anda, sehingga dapat membantu jaringan yang rusak untuk sembuh lebih cepat.

Sumber : Perawatan gas gangrene