Bagaimana cara menyembuhkan penyakit ablasio retina?

Ablasio retina merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh lepasnya retina dari jaringan penopangnya. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini?

Pengobatan Penyakit Retina

Pengobatan untuk penyakit retina umumnya adalah melalui tindakan operasi. Beberapa teknik yang dilakukan dalam hal ini adalah:

  1. Penyuntikan obat pada mata. Penyuntikan ini terutama ditujukan pada vitreus atau gel bening pada mata. Tindakan ini digunakan untuk mengatasi degenerasi makula basah, pembuluh darah yang pecah pada mata atau retinopati diabetik.
  2. Vitrektomi, yaitu operasi mengganti gel pada vitreus dengan menyuntikkan gas, udara, atau cairan ke dalamnya. Tindakan ini dilakukan untuk mengobati pemisahan retina, lubang makula, trauma, atau infeksi pada mata.
  3. Cyropexy, yaitu pembekuan dinding luar mata untuk mengobati retina yang robek. Tujuannya adalah untuk memperlambat kerusakan akibat luka dan mengembalikan retina agar tetap berada di dinding bola mata.
  4. Scatter laser photocoagulation. Prosedur ini dapat dilakukan untuk menyusutkan pembuluh darah baru yang tidak normal atau pendarahan yang membahayakan mata. Tindakan ini berguna untuk mengobati retinopati diabetik.
  5. Pneumatic retinopexy, yaitu penyuntikan udara atau gas pada mata untuk mengatasi beberapa jenis pemisahan retina. Tindakan ini dapat dikombinasikan dengan cyropexy atau laser photocoagulation.
  6. Scleral buckling atau perbaikan permukaan mata guna mengatasi pemisahan retina. Tindakan ini diakukan dengan menambahkan silikon di luar permukaan mata (sklera) dan dapat dilakukan bersama tindakan lainnya.
  7. Implantasi prostesis retina yang dilakukan untuk orang yang sulit melihat atau menderita kebutaan akibat penyakit retina.
  8. Operasi laser yang dilakukan untuk memperbaiki robekan atau lubang pada retina. Selain memperbaiki robekan retina, pemanasan dengan sinar laser pada bagian yang robek tersebut juga akan menyebabkan terbentuknya jaringan parut yang dapat mengikat retina dengan jaringan penyangganya. Apabila operasi ini segera dilakukan pada kasus robekan retina, maka akan menurunkan risiko terjadinya ablasi retina.

Sumber : Penyembuhan retina

Pengobatan Ablasio Retina
Dokter memiliki beberapa pilihan terapi untuk mengobati ablasio retina, antara lain:

  1. Laser (termal/ panas) atau pembekuan (cryopexy). Kedua metode ini bisa memperbaiki sobekan jika didiagnosis dengan cepat. Prosedur ini sering dilakukan di praktek dokter.
  2. Pneumatic retinopexy. Metode ini baik untuk sobekan yang kecil dan mudah menutup. Dokter akan menyuntikkan gelembung gas yang kecil ke dalam vitreous ( substansi menyerupai gel yang terletak antara lensa dan retina). Metode ini akan memberikan penekanan pada retina dan menutup sobekan.
  3. Scleral buckle. Pada prosedur operasi ini, dokter akan menjahit pita silikon di sekitar sklera (bagian putih) mata anda. Prosedur ini akan menekan soboken hingga bagian yang sobek bisa sembuh. Pita ini tidak terlihat dan akan menempel secara permanen.
  4. Vitrectomy. Operasi ini untuk memperbaiki sobekan yang besar. Dokter akan memindahkan vitreous dan menempatkannya pada larutan garam (saline). Tergantung dari ukuran robekannya, dokter akan mengkombinasikan vitrektomi, buckle, laser, dan juga gelembung gas untuk memperbaiki retina mata anda.

Pencegahan
Mencegah lebih baik daripada mengobati, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi penyakit ablasio retina:

  • Periksakan mata anda segera ke dokter jika anda melihat adanya floaters, kilatan cahaya, atau merasa adanya perubahan pada penglihatan anda. Penegakan diagnosis lebih awal akan lebih baik daripada terlambat mengetahuinya. Hal ini akan mempengaruhi perbaikan peglihatan mata anda.
  • Pemeriksaan mata juga bisa dilakukan untuk mengetahui adanya perubahan pada mata anda yang tidak disadari. Pengobatan awal akan mencegah masalah mata anda berkembang lebih serius.
  • Cek kesehatan mata anda sekali dalam setahun atau lebih sering jika anda mengalami beberapa masalah kesehatan seperti diabetes yang menyebabkan komplikasi pada mata. Pemeriksaan mata secara teratur juga penting jika anda mengalami rabun jauh (miopi) yang berat karena keadaan ini akan lebih sering menyebabkan ablasio retina.
  • Jika anda mengalami diabetes dan tekanan darah tinggi, maka kontrol kondisi tersebut karena akan membantu menjaga pembuluh darah mata anda yang berguna bagi kesehatan mata. Gunakan pelindung mata jika memang dibutuhkan.
  • Gunakan kaca mata untuk olahraga dengan lensa polikarbonat jika anda bermain olahraga yang menggunakan raket dan bola atau olahraga lainnya yang bisa membahayakan mata anda. Anda juga bisa menggunakan pelindung mata jika bekerja dengan mesin, bahan kimia, atau peralatan kerja lainnya.

Sumber: Ablasio Retina : Gejala, Penyebab, Pengobatan - Mediskus