Bagaimana cara menyembuhkan kanker laring?

Kanker laringa dalah tumor yang tumbuh pada jaringan kotak suara. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini?

Langkah Pengobatan Kanker Laring
Jika Anda didiagnosis positif mengidap kanker laring, dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani pengobatan secepatnya. Penanganan sedini mungkin akan meningkatkan kemungkinan pasien untuk pulih.
Penanganan kanker laring umumnya meliputi kemoterapi, radioterapi, serta operasi. Langkah penanganan yang sesuai untuk pasien akan ditentukan oleh dokter berdasarkan ukuran tumor dan tingkat penyebarannya.

Kanker stadium awal terkadang cukup ditangani dengan radioterapi atau operasi kecil. Sedangkan kanker stadium lanjut atau tumor berukuran cukup besar biasanya membutuhkan kombinasi operasi yang lebih besar, kemoterapi, dan radioterapi.

Secara umum, operasi yang mungkin dianjurkan dalam menangani kanker laring meliputi pengangkatan tumor saat endoskopi dan laringektomi.

Pengangkatan tumor pada prosedur endoskopi biasanya dianjurkan untuk tumor berukuran kecil dengan stadium awal. Sementara laringektomi disarankan untuk menangani kanker pada stadium yang lebih lanjut.

Laringektomi adalah operasi pengangkatan laring. Prosedur ini terbagi dalam 2 jenis, yaitu:

  1. Laringektomi parsial. Pada operasi ini, hanya sebagian pita suara pasien yang akan diangkat sehingga kemampuan berbicara pasien masih dapat diselamatkan. Tetapi suara pasien akan berubah menjadi serak atau lirih.
  2. Laringektomi total. Operasi ini akan mengangkat seluruh kotak suara serta nodus limfa di sekitarnya. Karena itu, kemampuan bicara pasien pun akan hilang. Laringektomi total juga akan menyisakan lubang permanen (stoma) pada leher pasien untuk membantu pernapasan. Kebersihan stoma harus senantiasa dijaga agar terbebas dari kuman.

Bagi pasien yang menjalani laringektomi total, terdapat beberapa langkah yang memungkinkan pasien untuk kembali mendapatkan kemampuan bicara. Salah satunya dengan memasang alat bantu berupa katup artifisial pada leher pasien. Ahli terapi wicara akan membimbing pasien untuk membiasakan diri dalam penggunaannya.