Bagaimana cara menyamakan algoritma yang dibuat oleh beberapa orang?

Terkadang dalam pembuatan algoritma kita tidak tahu apakah algoritma yang telah kita buat itu sudah pernah dibuat oleh orang lain atau belum.

Karena itu bagimanakah cara agar kita bisa mengetahui cara menyamakan algoritma dari beberapa orang ?

Sebagai salah satu dasar dari ilmu komputer, algoritma merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia ilmu komputer, dari peneliti sampai ke praktisi. Tentunya penguasaan akan algoritma tidak cukup hanya sampai pada tahap mengetahui dan menggunakan algoritma yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Seorang yang mengerti ilmu komputer harus juga mampu merancang dan mengembangkan sebuah algoritma berdasarkan masalah-masalah yang ditemui.

  1. Menyamakan Analisa

    Dengan menyamakan analisa berarti kita juga ikut menyamakan konsep atau pikiran sesorang dalam membuat algoritma tersebut mulai dari langkah awal dan langkah akhir semua tahap dalam pembuatan algoritma sepertinya sama dan hasilnya akan sama juga.

  2. Mengcompare Analisa

    Mencompare analisa berarti membandingkan analisa seorang dengan seseorang lainya. Dalam menganalisa kita akan tahu dimana kekurangan dan kelebihan algoritma orang tersebut. Setelah itu kita dapat mengetahui apa saja kelebihan algoritma dari seseorang dan menimplementasikanya ke dalam algoritma yang kita buat. Dengan begitu algoritma yang telah kita buat dengan mengcompare analisis akan menghasilkan program yang baik dan benar.

Dalam membuat algoritma terkadang dilakukan oleh beberapa orang dalam pembuatannya. Meskipun hal ini adalah sesuatu yang positif karena dapat menyelesaikan suatu masalah dengan beberapa cara pandang, namun hal ini sangat beresiko akan ketidaksamaan penafsiran masalah dan tujuan pembuatan algoritma itu sendiri. Maka dari itu perlu untuk menyamakan tujuan dan penafsiran.

  1. Lakukan penafsiran masalah bersama-sama. hal ini dilakkukan dengan tujuan agar ketika beberapa oranga tersebut membuat algoritma yang berbeda-beda, tetapi memiliki hakikat tujuan yang sama.

  2. Buat garis besar. Garis besar yang dibuat akan mengarahkan bagaimana nanti jalannya algoritma tersebut. Sehingga, ketika beberapa oranga yang membuat algoritma dengan cara yang berbeda tetapi secara garis besar sudah memiliki kesamaan.

  3. Lakukan pembagian tugas menjadi sub-sub bahasan. Pembagaian ini juga dapat membantu untuk memecah masalah bersama.

  4. Bangun komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik akan membantu dalam melakukan diskusi pemecahan masalah.

Membuat algoritma oleh banyak orang sebenarnya sangat membantu untuk mendapatkan bagaimana cara penyelesaian suatu masalah yang paling efektif. Karena setiap orang mempunyai cara-caranya tersendiri tetapi tetap dengan tujuan yang sama.

Pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk yang memiliki keterbatasan. Namun sayangnya dunia ini tidak mau menerima alasan tersebut sehingga kita dituntut untuk melakukan sesuatu dengan sempurna. Namun kembali lagi bahwa manusia memiliki keterbatasan. Kita tidak dapat melakukan sesuatu dengan sempurna, yang dapat kita lakukan adalah meminimalisir kesalahan yang kita lakukan.

Seorang programer pasti akan menemui kode yang error ketika memprogram sesuatu, Banyak aspek yang dapat membuat seorang programer melakukan kesalahan entah itu kesalahan dalam menulis kode atau kesalahan pada algoritma yang digunakan.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam membuat program hendaknya seorang progammer lebih memaksimlakan proses analisa permasalahan yang sedang dihadapi. Analisa merupakan pondasi dari program yang akan kita buat. Ketika analisa kita salah atau kurang detail, di kemudian hari kita akan menemukan masalah dan harus menganalisa lagi permasalahan kita dari awal. Ketika permasalahan yang dihadapi sudah ditemukan kita terpaksa harus membuat program dari awal. Selain memperkuat analisa kita juga harus pintar dalam membaca dan mengelompokkan pola hasil analisa kita. Pengelompokan ini akan membuat kita lebih mudah dalam membuat program dan membuat program kita menjadi lebih teratur. Terkadang seorang programer mengalami kesulitan karena ia menemui langkah-langkah yang berbeda dengan algoritmanya sehingga harus merubah lagi programnya. Jadi yang terpenting untuk meminimalisir kesalahan adalah kita harus teliti dan berhati-haiti dalam melakukan sesuatu

Sumber :
http://sofia.cs.vt.edu/cs1114-ebooklet/chapter4.html