Bagaimana cara menyakinkan pelanggan bahwa mereka memang membutuhkan produk atau layanan kita melalui kegiatan customer research?

Riset pelanggan yang baik akan membantu kita mencari tahu bagaimana cara meyakinkan pelanggan bahwa mereka memang membutuhkan produk dan layanan kita.

Bagaimana cara menyakinkan pelanggan bahwa mereka memang membutuhkan produk atau layanan kita melalui kegiatan customer research ?

Ada beberapa cara untuk menyakinkan pelanggan bahwa mereka memang membutuhkan produk atau layanan dari perusahaan atau organisasi terntu melalu kegiatan customer research, berikut adalah cara-caranya :

1. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
Sebelum perusahaan atau organisasi mepromosikan bisnisnya, perlu diketahu tentang hal apa yang diinginkan pelanggan dan mengapa hal itu diinginkan. Customer research yang baik akan membantu perusahaan atau organisasi dalam mencari tahu bagaimana menyakinkan pelanggaan bahwa mereka membutuhkan produk atau layanan yang perusahaan atau organisasi tawarkan.

2. Identifikasi pelanggan
Langkah pertama customer research adalah mengidentifikasi pelanggan. Market research akan membantu untuk memahami pelanggan pontensial bagi perusahaan atau organisasi. Customer research yang lebih lanjut dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam mengembangkan gambaran yang lebih mendetail tentang pelanggan dan memahami cara menargetjan. Hal ini akan menyorot ke beberapa karakteristik utama yang dibagikan kepada pelanggan, seperti :

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Penduduk
  • Penghasilan sekali pakai
  • Lokasi perumahan
  • Aktivitas rekreasi

3. Pahami mengapa pelanggan berbelanja
Setelah mengidentifikasi siapa pelanggan dari perusahaan atau organisasi, maka akan dapat mengetahui apa yang memotivasi mereka untuk membeli produk atau layanan. Misalnya, pertimbangkan jika mereka membuat keputusan berdasarkan :

  • Tuntunan kerja
  • Keperluan keluarga
  • Kebutuhan sosial atau emosional
  • Preferensi merk

4. Identifikasi metode belanja yang disukai
Pahami juga mengapa pelanggan berbelanja, perusahaan atau organisasi juga kan ingin memahami cara pelanggan berbelanja. Untuk mempelajari tentang metode dan cara belanja yang disukai pelanggan, pertimbangkan apakah mereka :

  • Berbelanja online, melalui telepon atau di toko-toko
  • Membuat keputusan pembelian yang spontan atau dipertimbangkan dengan hati-hati

5. Pertimbangkan kebiasaan belanja pelanggan
Berbagai jenis pelanggan akan bersedia membelanjakan jumlah yang berbeda. Cari tahu kapasitas keuangan dan kebiasaan belanja apa yang dimiliki pelanggan. Misalnya, pertimbangkan :

  • Pendapatan rata-rata pelanggan
  • Bagian dari pendapatan yang pelanggan keluarkan untuk jenis produk atau layanan yang dijual
  • Jika pelanggan memang menganggarkan

6. Cari tahu apa yang pelanggan pikirkan tentang perusahaan atau organisasi
Pelajari tentang pandangan dan harapan pelanggan tentang bisnis dan pesaing dari perusahaan atau organisasi. Misalnya, cari tahu apa yang mereka pikirkan tantang perusahaan atau organisasi :

  • Produk dan layanan
  • Pelayanan pelanggan
  • Pesaing

7. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan – video studi kasus
Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan melibatkan riset industri dari perusahaan atau organisasi dan menanyakan banyak pertanyaan spesifik kepada pelanggan. Lauren Wheeley, pemilik The Perfect Little Wedding Company, menjelaskan pentingnya mengumpulkan detail mendalam dari pelangggan melalui komunikasi regular, dan memastikan dapat memenuhi kebutuhan masing-masing.

Sumber : https://www.business.qld.gov.au/starting-business/planning/market-customer-research/researching-customers/customer-needs