Dalam tahap sensori-motor (0-2 tahun), pemahaman anak ditentukan oleh orang dewasa yang membantunya memperoleh cerita-cerita, termasuk dongeng dan permainan. Hal tersebut membantu anak merespons berbagai persepsi indra dan gerakan-gerakan yang dapat mereka tiru. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan kemampuannya perlu diberikan bacaan-bacaan yang merangsang kemampuan merespons persepsi dan gerakan tersebut.
Adapun dalam tahap praoperasional (2-7 tahun), anak-anak bisa dibantu oleh orang dewasa atau merespons bacaan secara mandiri. Karena pada tahap ini anak sudah bisa mengoperasikan aktivitas mentalnya alias mengekspresikan apa yang dia pikirkan secara verbal maupun nonverbal (mewarnai dan corat-coret), diperlukan bacaan yang banyak menampilkan gambar-gambar menarik yang bisa dipahami dan objek-objek yang menjadi sarana belajar (mengenal angka, huruf, hewan, pekerjaan, dan sebagainya).
Pada tahap operasional kongkret (7-11), anak-anak mulai memiliki kemampuan mengklasifikasi suatu objek (seperti mengurutkan gambar dan huruf) serta mampu memecahkan masalah sederhana, seperti membuat mainan sederhana dengan konsep sains. Oleh karena itu, cara menumbuhkan pemahaman sastranya adalah dengan diberi bacaan-bacaan yang menampilkan alur cerita yang lebih kompleks (seperti menghadirkan konflik) agar anak paham bahwa dalam hidupnya ada masalah yang harus diselesaikan. Selain itu, anak-anak pada tahap ini dapat diberi buku-buku yang memberinya stimulus untuk menciptakan sesuatu (misal membuat kerajinan, tiruan pesawat, teknologi sederhana, dan sebagainya).
Selanjutnya pada tahap operasional formal (12 ke atas), anak-anak mulai beranjak dewasa dan dapat berpikir abstrak, yaitu memikirkan solusi atas berbagai permasalahan. Dengan demikian, cara membantu menumbuhkan kemampuannya dalam memahami bacaan adalah dengan memberikan bacaan-bacaan yang memberikan keleluasaan kepada anak untuk mengimajinasikan kehidupan yang lebih kompleks dalam karya sastra. Hal tersebut bisa dibantu juga dengan berdiskusi, membicarakan isi karya sastra dan menemukan hal-hal menarik di dalamnya.