Bagaimana cara mensterilkan Kolam Ikan yang baru ?

Kolam Ikan

Kolam Ikan yang baru sering bermasalah apabila langsung digunakan untuk proses budidaya. Lalu, bagaimana cara mensterilkan Kolam Ikan yang baru agar ikan dapat tumbuh sehat di kolam tersebut ?

Mengapa harus disterilkan? Tujuannya untuk menghilangkan zat-zat kimia yang terkandung di dalam bahan pembuat kolam yang kita pakai serta membuat kondisi kolam layaknya habitat alami ikan.

Cara 1. Jadikan Tempat Sampah

Anda bisa meminta bantuan mikroba untuk menghilangkan kandungan zat-zat beracun yang terdapat di dalam kolam. Cukup dengan memasukkan sampah rumah tangga ke dalam kolam tersebut, lalu diamkan selama 5-7 hari. Biarkan terjadi pembusukan sampah untuk memicu pertumbuhan plankton. Zooplankton dan phytoplankton tersebut lantas akan memproses semua bahan beracun yang timbul di kolam. Setelah dirasakan cukup, Anda bisa membersihkan kolam tadi.

Cara 2. Gunakan Pupuk Nonorganik

Pada dasarnya, cara kedua ini sama seperti cara pertama. Tujuannya adalah menumbuhkan plankton yang akan berperan sebagai agen pembersih kolam. Anda bisa menggunakan salah satu pupuk yang akan ditaburkan ke kolam seperti pupuk Urea, pupuk NPK, dan pupuk TSP. Masukkan pupuk tersebut ke kolam secukupnya. Biarkan selama beberapa hari hingga permukaan kolam ditumbuhi lumut. Barulah kemudian Anda bisa melakukan pembersihan dengan mengurasnya sebanyak 2-3 kali.

Cara 3. Pakai Minyak Tanah

Kolam beton yang baru saja dibuat bisa diisi air sampai penuh terlebih dahulu, lalu biarkan selama sehari semalam. Kemudian buang semua air di dalam kolam tersebut. Setelah itu, oleskan minyak tanah ke seluruh permukaan kolam secara merata menggunakan kuas. Biarkan selama 5-8 jam. Langkah berikutnya adalah menghilangkan lapisan minyak tanah tadi dengan mencucinya sampai tak berbekas. Setelah agak kering, kolam bisa diisi dengan air dan dibiarkan selama sehari semalam. Keesokan harinya Anda bisa membuang air lama untuk digantikan dengan pengisian air baru lagi. Berikutnya cek apakah masih ada lapisan minyak di dalam air. Jika masih ada, Anda harus melakukan pembersihan kolam sekali lagi menggunakan getah dari pelepah pisang.

sumber