Bagaimana cara menjinakkan ular?

Ular

Bagaimana cara menjinakkan ular, terutama ketika kita mendapatkannya dari alam liar?

Perhatikan situasi dan kondisi sebelum menjinakkan ular

Sebelum menjinakkan ular, perhatikan kondisi ular kita, sedang dalam keadaan baik atau tidak, mau shedding atau tidak karna ketika akan shedding ular lebih sensitif dan galak, makan lancar atau tidak dan sebagainya, untuk ular stres hingga mogok makan baikknya biarkan dulu jangan di handle hingga stres pada ular hilang dan mau makan, karna kalo menurut saya sendiri ular makan lancar lebih baik dari pada jinak tapi mogok makan.

Memahami karakter ular

Cara memahami karakter ular kita adalah dengan sering berinteraksi, mandikan, jemur dan cari tau cara handle yang nyaman buat si ular hingga tidak berontak, cara tau apa penyebab ular kita masih galak / jadi galak. Jika karna stress biasanya saat awal di handle ular kita akan kencing bahkan hingga hemipenisnya keluar.

Kandang yang transparan / Bening

Berilah kandang yang transparan / Bening dan tempatkan di tempat yang sering kita lewati atau tongkrongin, hal ini bertujuan untuk lebih mengenalkan diri kita ke ular.

Handle ular secara rutin

Handle ular secara rutin adalah hal pokok dalam menjinakkan ular karena dengan semakin sering maka akan membuat si ular terbiasa dan merasa tidak terancam lagi, lakukan dengan berani dan lembut, ikuti kemauan si ular, biarkan dia berjalan di tubuh kita, biarkan dia nyaman dengan suhu kita hingga tenang.

Hindari hal hal yang memicu ular menjadi stress

Perhatikan kebutuhan ular, kebersihan kandang dan sebagainya, saat tidak di handle biarkan si ular ber istirahat sambil memandangi kita yang sedang beraktifitas, cukupi pakan dan minumnya, atur suhu kandang yang sesuai.

Lakukan dengan rutin dan sabar

Lakukan cara cara menjinakkan ular diatas dengan rutin sehingga dan sabar, tidak usah buru buru karna kalo terlalu memaksakan bisa jadi bukan jinak tapi ular malah stress meski tampak diam dan jinak.