Bagaimana Cara menjinakkan hewan Musang Pandan?

image

Namun dengan seiring berjalannya waktu, pandangan masyarakat mengenai musang pandan ini mulai berubah. Mungkin karena terlihat menggemaskan, kini musang pandan mulai dilirik sebagai salah satu hewan yang cocok untuk dipelihara.

Untuk membantu Musang Pandan liar beradapatasi, tentu dibutuhkan trik-trik khusus sehingga Musang Pandan menjadi jinak. Berikut pembahasan mengenai cara menjinakkan musang Pandan dengan cepat dan benar :

  1. MENYIAPKAN KANDANG BAGI MUSANG PANDAN
    Untuk menjinakkan Musang Pandan liar, tentu dibutuhkan sebuah kandang yang kokoh untuk membatasi sifat liar dan agresif yang dimilikinya. Namun pastikan pula kebersihan kandang terjaga agar Musang Pandan yang dijinakkan tidak terjangkit penyakit.
  2. RUTIN MEMANDIKAN MUSANG PANDAN
    Di beberapa pekan awal proses penjinakkan, musang Pandan perlu sering dimandikan. Hal tersebut dilakukan agar insting liar Musang Pandan yang dijinakkan dapat berkurang. Namun jangan sentuh Musang secara langsung karena Musang Pandan yang belum jinak akan mudah menyerang.
  3. PEMBERIAN PAKAN MUSANG PANDAN SECARA TERATUR
    Berilah pakan Musang Pandan yang sedang dijinakkan setidaknya 2 sampai 4 kali dalam sehari dengan berbagai variasi makanan. Dalam hal pemberian pakan saat menjinakkan musang pandan, sebaiknya gunakan tangan secara langsung agar Musang pandan dapat merasa nyaman dengan kehadiran Anda.
    Berilah Musang Pandan makanan berupa buah-buahan segar yang divariasikan tiap harinya. Namun makanan berupa daging, baik ayam atau pun bekicot pun perlu diberikan sekitar satu minggu sekali. Karena bagaimana pun juga, Musang Pandan merupakan hewan omnivora yang berarti pemakan segala.
  4. MENGAJAK MUSANG PANDAN BERKOMUNIKASI
    Biasakan pula untuk mengajaknya berkomunikasi agar Musang Pandan mudah mengenali suara Anda. Waktu makan adalah jadwal paling tepat untuk mengajak Musang Pandan berkomunikasi. Karena selain cepat mengenali suara Anda, musang pandan juga akan lebih cepat mengetahui jadwal makan hariannya.
  5. MEMBERIKAN SENTUHAN-SENTUHAN PADA TUBUH MUSANG PANDAN
    Jika musang Pandan mulai terlihat sedikit jinak, mulai lah untuk memberinya sentuhan lembut pada tubuhnya. Usap lah tubuhnya secara perlahan dan penuh kehati-hatian. Jangan terburu-buru atau memberikan gerakan mendadakan ketika menyentuhnya agar Musang Pandan tidak kaget atau malah menyerang.
    Mulai lah kontak langsung dengan musang pandan ketika pemberian makan dengan cara menyuapinya. Jangan menyuapi musang Pandan menggunakan sarung tangan karena mereka akan menganggapnya sebagai ancaman pada dirinya.
    Jangan lupa pula untuk memotong makanan dengan ukuran yang cukup besar, agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, Anda memiliki jarak untuk menghindar dari serangannya.
  6. MENGAJAK MUSANG PANDAN JALAN-JALAN LAYAKNYA ANJING
    Setelah musang pandan semakin terlihat jinak, mulai lah untuk mengajaknya berkeliling layaknya hewan peliharaan seperti anjing. Kalungkanlah rantai hewan agar pergerakan musang dapat Anda kendalikan serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  7. MULAILAH BERMAIN DENGAN MUSANG PANDAN
    Langkah terakhir dalam proses penjinakan Musang Pandan adalah mengajaknya bermain. Namun perlu diingatkan, tahap ini adalah tahap paling terakhir karena harus dilakukan ketika musang pandan sudah cukup jinak.
    Mulailah mengajak musang Pandan bermain dengan memberanikan diri untuk menggendongnya. Gendonglah musang Pandan dalam tempo waktu yang tak begitu lama, kemudian turunkan lah kembali. Lakukan hal tersebut secara berulang beberapa kali.