Bagaimana cara menjinakkan burung cucak ijo?

Bagaimana cara menjinakkan burung cucak ijo?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjinakkan burung cucak ijo antara lain :

  1. Pemberian pakan

    Biasanya sang pemilik memberikan pakan kepada cucak ijo yang masih liar, maka cucak ijo tersebut akan merasa ketakutan, dan sampai ketakutannya itu membuat nafsu makannya bisa berkurang dan bahkan sampai tidak mau makan. Maka tips khususnya yaitu dengan cara mengosongkan tempat pakan cucak ijo tersebut mulai dari menjelang malam hari hingga keesokan harinya, hal ini dilaukan dengan maksud agar cucak ijo kelaparan, kemudian sang pemilik memberikan pakan berupa jangkrik dengan lidi lalu masukkan dalam kandang.

    Bila cucak ijo masih belum mau memakannya, maka tunggu sekitar 10 menit dan kembali berikan. Apabila sampai sekitar jam 10 ternyata cucak ijo masih belum mau memakannya, maka taruhlah jangkrik itu pada tempat pakannya dan biarkan cucak ijo memakannya sendiri. Lakukan cara di atas setiap hari hingga cucak ijo benar-benar terlihat lebih jinak. Yang pasti ini dilakukan agar cucak ijo merasa membutuhkan bantuan sang pemilik, sehingga cucak ijo lama-lama akan lebih faham terhadap pemiliknya.

  2. Meletakkan sangkar yang tepat

    Biasanya burung cucak ijo di alam liar memang jauh dari kehidupan manusia, dan cucak ijo lebih mandiri dalam mencari makan ataupun hidup di alam liar. Sedangkan saat berjumpa dengan manusia kemudian merasa ketakutan itu merupakan hal yang wajar. Apalagi bila cucak ijo diletakkan di lingkungan yang ramai maka tentu akan merasa takut. Namun, jangan khawatir karena dengan meletakkan cucak ijo di lingkungan yang banyak lalu lalang manusia, bila sudah terbiasa maka cucak ijo tersebut akan merasa biasa, apalagi terhadap sang pemilik yang selalu merawatnya, maka akan merasa biasa dan jinak. Yang terpenting adalah cucak ijo terhindar dari binatang predaor yang setiap saat dapat membahayakan dirinya, semisal: kucing, anjing, dan lain sebagainya.

  3. Memandikan

    Pertama kali memandikan cucak ijo memang membuatnya kelabakan, namun hal ini harus dilakukan agar cucak ijo lebih segar. Tetapi tips agar cucak ijo tersebut menjadi lebih jinak adalah dengan memandikannya sampai basah kuyup, kemudian biarkan bulu-bulunya mengering. Setelah itu cucak ijo tersebut akan merasa lapar, maka inilah saat yang tepat untuk memberikan pakan berupa jangkrik maupun kroto. Lakukan kegiatan memandikan cucak ijo seperti ini rutin setiap hari hingga cucak ijo terlihat lebih jinak dari sebelumnya.