Bagaimana Cara Menjinakkan Bakalan Beo Liar?

image

Bagaimana cara menjinakkan burung beo liar dengan cara yang efektif?

Beo termasuk salah satu anggota keluarga dari jalak-jalakan (Sturnidae). Sehingga untuk menjinakkannya dapat dilakukan dengan memandikannya sampai basah kuyup.

Memandikan burung beo dapat lakukan dengan berbagai macam cara. Termasuk dengan mandi sambil dipegang, disemprotkan dengan sprayer, ataupun dihujan-hujankan.

Akan tetapi cara yang efektif adalah memandikannya dengan cara dipegang. Dengan begitu, kita dapat berinteraksi langsung dengan burung.

Seperti mengusap-ngusap bulu di bagian leher, jawer, kepala, serta dadanya dengan air. Lakukanlah sembari berkata-kata atau mengucapkan sesuatu untuk menenangkannya.

Selain dengan memandikan, cara lain yang dapat dilakukan untuk menjinakkan beo yaitu menggantang sangkarnya pada posisi yang tidak terlalu tinggi.

Yaitu di bawah batas kepala kita. Contohnya dengan digantang pada luar ruangan dengan ketinggian yang rata dengan pundak manusia.

Bisa juga di dalam ruangan dengan meletakkan sangkarnya pada atas meja. Dengan seperti ini, burung akan menjadi terbiasa dengan aktivitas manusia yang ada di dalam rumah.

Guna memperoleh burung beo yang mudah dilatih, hal yang paling mendasar yaitu menanamkan kepercayaan burung pada manusia yang merawat dan juga melatihnya. Dengan pelatihan yang rutin dan baik maka anakan burung beo besarnya bisa jadi gacor.