Bagaimana cara menjinakan Burung Nuri?

Burung Nuri

Bagaimana cara menjinakan Burung Nuri?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjinakan Burung Nuri antara lain :

  1. Adaptasi
    Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memberikan kesempatan kepada burung untuk beradaptasi dengan kandang dan lingungan barunya. Namun, kandang berbentuk tertutup terkadang tidak efektif digunakan untuk memelihara Burung Nuri, karena kandang seperti itu tidak disukai oleh Burung Nuri dan hanya cocok untuk mengembangbiakan.

  2. Menempatkan sangkar Burung Nuri
    Setelah anda memiliki sangkar terbuka, selanjutnya tempatkan sangkar tersebut di tempat yang sering dilalui orang. Sehingga, lambat-laun Burung Nuri akan cepat beradaptasi dan tidak takut terhadap manusia.

  3. Memberikan makan dengan tangan
    Cara ini memang sedikit berbahaya namun apabila anda memanfaatkan sarung tangan yang sedikit tebal, maka anda tidak perlu khawatir memberikan makanan dengan menggunakan tangan. Memberikan biji-bijian, milet, biji bunga matahari, biji jagung dan lain-lain dengan menggunakan tangan anda akan membuat anda dan burung lebih akrab.

  4. Ajak Burung Nuri bermain
    Bermain adalah salah satu dunia Burung Nuri. Beberapa orang bahkan bisa melatih burung ini melakukan atraksi tertentu. Anda bisa mengajak Burung Nuri bermain-main menggunakan bola. Semakin sering anda berinteraksi dengan burung maka semakin mudah burung menjadi jinak.

  5. Memandikan burung
    Sesekali, burung juga harus dimandikan. Biasanya dengan menggunakan semprotan hingga burung tersebut basah kuyup. Hindari menyemprot burung di bagian muka dan telinganya. Setelah itu tempatkan sangkar atau jemur burung tersebut selama beberapa saat hingga bulunya mengering ditempat yang sering dilalui orang.

  6. Melatih Nuri berbicara
    Semakin sering anda berinteraksi dengan Burung Nuri, maka semakin mudah burung tersebut menjadi jinak. Anda juga harus meluangkan banyak waktu untuk mengajaknya berbicara atau melatihnya mengucapkan satu atau dua patah kata. Dengan begitu, burung tersebut akan lebih mengenal anda dan tidak takut lagi terhadap manusia.