Bagaimana Cara Menjernihkan Minyak Goreng yang sudah dipakai?

Kebutuhan dapur yang paling penting salah satunya adalah minyak goreng. Sekarang harga minyak goreng semakin lama-semakin mahal. Biasanya minyak goreng digunakan 2 sampai 3 kali pemakaian. Namun seringkali juga dalam sekali pemakaian minyak sudah keruh. Ada beberapa tips untuk mengemat pemakain minyak goreng.

Ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk menjernihkan minyak goreng yang sudah dipakai, di antaranya adalah:

1. Nasi
Ada nasi sisa di rumah? Gunakan saja untuk menjernihkan minyak! Caranya mudah sekali, yakni ambil segenggam nasi dan kepal-kepalkan hingga bulat. Masukan dalam wajan berisi minyak jelantah panas dan gulingkan hingga semua kotoran menempel pada nasi. Cara ini harus dilakukan berulang kali dan butuh nasi kepal lebih dari satu.

2. Kentang
Konon, kentang juga bisa menyerap kotoran dalam minyak. Namun prinsipnya sama dengan nasi kepal di atas. Kupas dan potong kentang berukuran sedang menjadi 5-6 bagian. Masukan dalam minyak jelantah panas, lalu bolak-balikan potongan kentang hingga kembali jernih.

3. Arang Kayu (Charcoal)
Arang kayu atau charcoal merupakan sisa pembakaran kayu yang menghitam. Sifat arang kayu yang menyerap kotoran dan residu juga ampuh untuk minyak jelantah. Caranya, haluskan arang kayu dengan ditumbuk. Pastikan hasil tumbukan benar-benar berbentuk serbuk. Selanjutnya, masukan dua genggam serbuk arang kayu untuk 1 liter minyak jelantah. Aduk merata dan tunggu hingga warna minyak lebih terang jernih. Saring minyak berisi arang kayu dan minyak layaknya baru ini siap digunakan!

4. Kulit Pisang
Sehabis mengupas pisang, jangan buang dulu kulitnya! Kulit ini bisa menjernihkan minyak jelantah, lho. Kulit pisang ‘kematengan’ memiliki zat karbon yang cukup tinggi dan mampu menyerap kotoran. Potong kulit pisang 3-4 bagian, lalu letakkan dalam saringan. Tuang minyak jelantah melalui saringan tersebut ke wadah penampungnya. Tahan saringan di bibir wadah dan biarkan kulit pisang menyerap kotoran secara perlahan. Kalau ingin lebih ampuh dan cepat, blender potongan kulit pisang hingga halus. Ambil ampasnya dan letakkan di saringan. Lalu, tuang minyak jelantah ke dalam saringan dan biarkan proses menyaring berjalan.

Referensi: