Bagaimana cara menjauhi penyebab infeksi paru-paru?

Penyakit infeksi paru-paru umumnya disebabkan oleh bakteri yang disebut Streptococcus pneumoniae. Selain itu, Haemophilus influenzae dan Staphylococcus aureus juga dapat menyebabkan pneumonia. Bagaimana cara menjauhi penyebab infeksi paru-paru?

Mengingat sumber infeksi paru-paru bisa di mana saja, mewaspadai penyakit ini sangat dianjurkan. Adapun tindakan pencegahan yang bisa dilakukan antara lain:

Vaksinasi
Saat ini telah tersedia vaksin untuk mencegah beberapa jenis pneumonia dan flu. Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan vaksin yang tepat. Bagi anak-anak, mendapatkan vaksin penyakit ini sangat dianjurkan mengingat mereka adalah salah satu kelompok yang paling rentan tertular penyakit ini.

Memiliki gaya hidup bersih
Untuk melindungi diri sendiri dari infeksi pernapasan yang mungkin menjadi penyebab pneumonia milikilah gaya hidup yang bersih. Mencuci tangan secara teratur atau memakai pembersih tangan beralkohol bisa mengurangi risiko terkena pneumonia.

Hindari merokok
Asap rokok akan membuat sistem kekebalan alami dari paru-paru melemah. Hal ini akan membuat organ pernapasan ini lebih mudah terkena infeksi.

Meningkatkan sistem pertahanan tubuh
Menjaga sistem kekebalan tubuh alami tetap kuat merupakan cara mencegah pneumonia yang efektif. Untuk itu, milikilah waktu tidur yang cukup, lakukan olahraga secara teratur, dan konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.