Bagaimana cara menjaga imunitas ditengah pandemi versi kalian?


Disaat pandemi penting mejaga imunitas, bagaimana kalian menjaga imunitas ditengah pandemi?

Menjaga imun ditengah pandemi yang berkepanjangan ini memang harus sih malah sudah seperti kewajiban, itu juga jika kita tidak ingin terinfeksi virusnya ya kan. Nah kalau saya sendiri untuk menjaga imunitas tubuh biasanya istirahat yang cukup selama pandemi ini saya jarang banget bergadang kecuali ada deadline tugas yang mendesak. Saya usahakan jam 10 sudah tidur. Makan teratur dan banyak minum air putih. Minum vitamin C setiap hari. Kalau olahraga biasanya saya main badminton. Dan jangan terlalu stress sih karena biasanya kalau stress imun kita menurun. Jadi saya lebih ke dibawa enjoy aja setiap tugas kuliahnya.

menjaga imun menurut versi saya dengan cara rutin olahraga, yang ringan-ringan saja, jogging atau sebagainya. Kemudian mengonsumsi buah dan sayuran. Tidur secukupnya juga. Dan yang terakhir banyak minum air putih

menjaga imun versi saya yaitu dengan menjaga pola makan dan gizinya, olahraga ringan, membersihkan kamar, dan istirahat yang cukup. Usahakan tubuh dan pikiran tetap positif dan mencari hiburan jika mulai stres.

Berada di situasi pandemi seperti ini memang menjadi penting untuk memprioritaskan imun tubuh. Menjaga imunitas tubuh versi aku adalah dimulai dari pikiran yang sehat dan selalu positif dalam merespon berbagai hal. Sederhananya, menjaga pikiran agar tidak terlalu strees, mengurangi overthinking di malam hari.

Cara kedua adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Dengan menerapkan waktu tidur dibawah jam 10 malam, berusahaa untuk bangun pagi dan menyempatkan olahraga pagi. Olahraga pagi yang aku lakukan terbilang ringan dan bisa dilakukan di rumah, yaitu yoga. Tidak perlu lama-lama, cukup 15-30 menit saja setiap hari yang penting konsisten. Karena dengan mengeluarkan keringat, aku merasa badanku lebih sehat dan lebih enteng.

Cara ketiga adalah dengan menyusun pola makan yang bergizi. Biasanya aku jarang makan buah-buahan, jarang makan sayur. Sekarang lebih aware terhadap komposisi makanan yang aku makan. Ketika aku tidak sempat untuk makan yang bergizi dalam 1 hari, maka aku harus mengganti dengan meminum vitamin.

Cara keempat adalah menjadi rutin minum air putih. Ada alarm untuk mengingatkanku agar minum air putih. Kadang ketika sedang menghabiskan waktu didepan laptop, aku lupa minum air putih. Padahal dengan banyak duduk, harusnya lebih banyak minum air putih.

Itu beberapa caraku menjaga imunitas ditengah pandemi
stay health and stay safe untuk kalian semua! :smiling_face_with_three_hearts:

Ada beberapa kebiasaan yang saya diterapkan setelah adanya pandemi ini untuk menjaga imunitas. Pertama, selalu minum vitamin setiap hari, biasanya pagi hari dan malam hari. Kedua, olahraga berat minimal satu kali seminggu. Ketiga, makan makanan yang ada sayurnya ditambah minum air putih yang banyak. Keempat, pola tidur yang benar, ini buat saya cukup berpengaruh, karena ketika begadang sehari saja, satu hari kerasa ngantuk dan sakit kepala, jadi imunitas tubuh menurun.

menjaga imunitas di tengah pandemi ini sangat penting sekali, jika kita miss saja pasti akan repot urusannya. Menjaga imunitas versi aku sih dengan cara olahraga, tidak usah terlalu berat yang penting badan kita bergerak saja seperti joging ataupun aktivitas naik turun tangga. Yang kedua aku selalu minum air hangat setiap bangun tidur, karena sudah banyak study yang mengatakan bahwa manfaat air hangat itu banyak sekali. Yang ketiga aku selalu mengkonsumsi makanan sehat terutama sayur dan buah serta suplemen makanan lainnya.

Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh merupakan hal penting yang perlu dilakukan agar dapat terhindar dari paparan virus Covid-19 yang sedang mewabah. Terdapat dua macam imunitas, yaitu imunitas innate dan imunitas adaptif. Imunitas innate merupakan imunitas alamiah yang berperan sebagai system pertahanan tubuh yang pertama kali melawan semua kuman (antigen) yang masuk ke dalam tubuh. Sementara, imunitas adaptif merupakan sistem pertahanan tubuh yang bersifat lebih spesifik yang muncul akibat adanya rangsangan pathogen tertentu seperti flu, pneumonia dan lainnya.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh maka dapat dilakukan dengan mengkonsumsi asupan nutrisi yang bisa memperbaiki kerja makrofag atau sel yang berfungsi untuk pertahanan tubuh. Contohnya adalah makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan D. Selain itu juga bisa dibantu dengan mengonsumsi suplemen, jika dirasa asupan makanan belum cukup terpenuhi. Hal itu juga biasa saya konsumsi untuk mendukung daya tahan tubuh. Namun, tidak hanya itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga penting dalam mengelola stress. Biasanya saya meluangkan waktu untuk berolahraga rutin minimal 3 kali seminggu selama kurang lebih 30 menit, kemudian menjaga pola tidur dengan baik misalnya tidur siang atau tidur tidak larut malam. Dan yang tidak kalah penting adalah minum air putih. Jadi, selama di rumah saya juga membiasakan diri untuk menaruh segelas air putih di sebelah tempat tidur. Hal tersebut guna untuk mengingatkan saya agar tidak lupa minum air putih saat bangun tidur dan sebelum tidur.

Sumber

Jurus Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi Covid-19 | Universitas Gadjah Mada

Kalau saya yang terpenting adalah menjaga pola tidur dan pola makan. Karena saya punya riwayat penyakit maag juga jadi saya harus makan tepat waktu dengan porsi yang cukup juga, menghindari makanan yang tidak sehat, mengonsumsi vitamin sesuai kebutuhan, banyak-banyak minum air putih serta makan sayur dan buah. Kemudian tidak tidur terlalu malam agar bisa bangun pagi. Lalu melakukan olahraga. Tidak perlu yang sampai keluar rumah. Karena menurut saya melakukan pekerjaan rumah tangga seperti beres-beres rumah juga bisa disebut olahraga karena kegiatan itu dapat mengeluarkan keringat dari tubuh kita, dan kita pun jadi banyak bergerak.