Bagaimana cara menjadikan travelling sebagai pekerjaan tetap?


(Wina Pujianri) #1

Traveller sejati atau travelling sebagai pekerjaan mungkin masih jarang dijadikan profesi bagi orang Indonesia. Profesi ini banyak dilakukan oleh orang luar negeri. Tak jarang mereka travelling berbulan-bulan bahkan tahunan dan tak kembali ke negaranya demi menjelajah ke seluruh penjuru dunia. Mungkin kita berpikir mereka adalah orang kaya yang tak perlu bekerja. Padahal tak semuanya demikian. Mereka juga orang biasa, sama seperti kita. Lalu, darimana mereka bisa mendapatkan uang untuk travelling? bagaiman menjadikan travelling sebagai pekerjaan utama.


(Meirina Fatima) #2
  1. Volunteer traveller

Ada banyak jenis volunteer yang ditawarkan berbagai organisasi dan negara. Volunteer Travel sendiri memiliki banyak program pilihan sesuai dengan minat dan bakatmu. Ada program mengajar, pelestarian lingkungan, budaya dan komunitas dan program arkeologi.

Setelah memilih salah satu dari program diatas, kamu bisa memilih lebih spesifik lagi mengenai pekerjaan yang kamu inginkan. Untuk mendaftar menjadi volunteer traveller, kamu bisa daftar melalui situs-situs volunteer yang banyak bertebaran di internet. Perlu diingat, volunteer travel ini tidak cocok bagi kamu yang manja yang terbiasa dilayani. Untuk menjadi seorang volunteer traveller, kamu harus menjadi pribadi yang mandiri, kuat dan tangguh, mudah bergaul dan menyukai tantangan.

  1. Travel Blogger

Bagi kamu yang hobi travelling dan menulis, menjadi seorang travel blogger rasanya sangat cocok untukmu. Travelling adalah hal yang sangat mengasyikkan yang bisa membuat pikiran menjadi relax. Jika travelling bisa menghasilkan uang, kenapa harus mengeluarkan uang untuk travelling. Apalagi jika kamu mempunyai kemampuan menulis yang baik.

Kamu bisa menuliskan semua cerita dan pengalamanmu selama travelling kedalam sebuah blog yang bisa menjadi penghasilan utamamu jika kamu benar-benar menekuninya. Selain menghasilkan uang, menjadi travel blogger juga bisa memberikan banyak manfaat bagi yang membaca tulisanmu karena banyak orang mencari referensi terlebih dahulu sebelum pergi berlibur ke suatu tempat.

  1. Travel Vlogger

Tidak pintar merangkai kata, tetapi hobi ngomong dan Travelling, mending kamu jadi travel vlogger. Profesi vlogger belakangan ini memang sedang booming. Banyak orang berlomba-lomba membuat vlog. Travel Vlog kelihatannya menarik untuk dijadikan pilihan.

Untuk menjadi seorang travel vlogger yang sukses, tentu video kamu harus membuat video wisata semenarik mungkin, serta informasi yang kamu sampaikan juga harus bermanfaat. Sehingga akan menarik banyak subscribers yang berujung pada penghasilan yang cukup lumayan.

  1. Traveller Instagram

Kalau kamu enggak hobi nulis panjang ala travel blogger dan enggak percaya diri ngoceh sendirian ala travel vlogger, tapi kamu suka mengabadikan setiap momen perjalanan wisatamu baiknya upload aja foto-foto kecemu ke Instagram. Jika fotomu bagus dan kamu konsisten yang akhirnya menarik minat banyak orang untuk jadi followersmu, kamu pun akhirnya bisa menjadi traveller Instagram.

  1. Tour Guide

Tour guide merupakan profesi yang sudah ada sejak lama, jauh sebelum travel blogger, travel blogger dan traveller instagram bermunculan. Seorang tour guide bertanggungjawab untuk memandu wisatawan yang ia bawa. Dengan menjadi seorang tour guide tentunya kamu memiliki banyak kesempatan untuk mengunjungi banyak tujuan wisata di seluruh dunia.