Bagaimana cara menjadikan ayam aduan yang tangguh dan unggul?

Bagaimana cara menjadikan ayam aduan yang tangguh dan unggul ?

Sabung ayam adalah olahraga darah di mana dua ayam jantan khusus dibesarkan untuk agresi ditempatkan paruh untuk paruh di cincin kecil dan didorong untuk bertarung sampai mati. Bagaimana cara menjadikan ayam aduan yang tangguh dan unggul ?

1 Like

Cara menjadikan ayam aduan tangguh dan unggul


Untuk mendapatkan ayam aduan yang andal sebaiknya aysm dilatih sejak masih berupa bakalan, sekitar umur 8 bulan. Pada umur 8 bulan, ayam telah memenuhi syarat fisik, baik tenaga, nafas, maupun mentanya. Akan tetapi, umur yang paling baik melatih ayam adalah saat ayam sedang mabung atau ganti bulu. Ayam mengalami mabung satu tahunsekali. K arena itu, ayama yang berumur satu tahun sudah memenuhi syarat untuk dilatih. Ayam yang dirawat dasn dilstih sekitar 7 bulan akan terampil dan lincah di arena pertarunga. Melatih ayam bisa dilakukan dengan cara melatih sayap, otot paha, kekuatan kaki, pernafasan, dan latihan untuk menjaga kondisi fisik ayam tetap fit.

  1. Melatih sayap ayam agar lebih kuat
    Latian sayap bisa dilakukan dengan cara mengangkat sebelah sayap ayam secara bergantian kanan kiri, setiap pagi. Ayam yang masih muda, sekitar umur 8 bulan, diangkat sebanyak 20-30 kali. Apabila umur ayam sudah mencapai 1 tahun, jumlah angkatannya bisa ditambah menjadi 100-200 kali setiap hari. Latihan ini sangat bermanfaat untuk mebentuk otot-otot sayap dan membuat tubuh ayam jago menjadi atletis.

  2. Melatih otot paha ayam supaya kuat
    Paha ayam bisa dilatih dengan cara mendorong tubuh ayam ke arah depan. Latihan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot-otot paha ayam supaya menjadi kuat dan memiliki kuda-kuda yang kokoh. Latihan ini bisa dilakukan setiap pagi atau disesuaikan dengan kondisi fisik dan umur ayam.

  3. Latihan otot kaki dan pernapasan ayam
    Kekuatan otot kaki dan pernapasan bisa dilatih dengan cara menceburkan ayam ke kolam supaya berenang. Apabila ayam akan naik ke darat, harus ditangkap dan cebuirkan lagi ke kolam. Lakukan berulang-ulang sampai ayam tampak kelelahan. Latihan ini dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan tingkatan umur ayam. Ayam yang masih muda atau di bawah umur 6 bulan, cukup dilatih sekitar 4-5 menit sehari. Semakin bertambah besar usianya, intensitas latihannya harus ditingkatkan.

    Cara lain yang bisa dilakukan adalah menceburkn ayam ke bak yang berisi air, tetapi ekornya tetap dipegang. Ayam akan mengepakkan sayap dan menggerakkan kakinya untuk berenang. Sesekali kepala ayam dittenggelamkan ke dalam air untuk melatih pernapasannya. Namun, jangan terlalu lama karena dikhawatirkan ayam tidak tahan dan air akan terminum. Ayam yang memiliki napas panjang akan kuat bertarung selama berjam-jam. Latihan dapat dihentikan bila ayam sudah mulai kelelahan.

  4. Latihan agar kondisi ayam tetap fit selama bertarung
    Untuk tujuan yang satu ini, ayam harus dilatih berlari, bisa secara tradisional atau modern. Secara tradisional, ayam dilatih berlari dengan cara diberi beban di kedua kakinya. Beban bisa berupa batu-batu kecil, besi, atau benda lain yang bersifat sebagai pemberat. Beban diikat dengan menggunakan bahan kaos supaya pemberat tidak mudah lepas dan terikat dengan erat. Setelah itu, ayam dilatih berlari dengan cara mengejar dan menakut-nakutinya menggunakan tongkat atau sapu. Sebaiknya, cara ini hanya dilakukan kepada ayam-ayam yang sudah jinak karena yam akan tahu maksud majikannya. Ayam yang belum jinak akan merasa takut dan menjadi stres jika dikejar-kejar karena ayam tidak tahu maksud majikannya.

    Sedangkan untuk latihan modern, ayam dilatih di atas mesin. Teknik ini memang tergolong baru. Ayam dilatih dengan menggunakan mesin canggih. Cara ini pertama kali dikenalkan oleh pakar ayam bangkok dari Thailand, bernama Thaweechai Thongruay. Beliau telah berhasil menciptakan mesin khusus untuk melatih ayam berlari atau treadmill. Latihan dilakukan dengan cara meletakkan ayam jago di atas mesin treadmill, seperti manusia yang melakukan jogging di atas mesin-mesin seperti itu.

    Latihan pertama, ayam disuruh berlari sekitar 5-10 menit per hari sampai ayam terlihat lihai. Setelah itu, waktu latihan ditingkatkan secara berkala menjadi 30 menit per hari. Tujuan latihan ini supaya ayam menjadi kuat dan fit. Ayam-ayam jago aduan harus selalu fit karena ayam dituntut bertarung sebanyak 12 ronde, setiap ronde berlangsung selama 20 menit. Berarti seluruh pertandingan berlangsung selama 4 jam, kecuali salah satu ayam mati atau kalah.

    Latihan berlari dapat membantu meningkatkan stamina ayam jago dan menjaga tubuh ayam tetap atletis. Ayam jago yang pernah dilatih dengan menggunakan alat ini menjadi lebih fit, kuda-kudanya menajdi sangat kokoh, kaki menjadi kuat dan tidak pernah berhenti bergerak.

image
Treadmill ayam

Referensi

J, Daryatmo dan Widiarso, B P. 2016. Manfaat Nutrisi Bagi Performa Burung Kicauan. Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang.