Bagaimana cara meningkatkan volume trafik situs?

Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web yang menyebabkan sebuah situs web harus berusaha agar alamatnya mudah ditemukan oleh calon pengunjung diantara banyaknya pesaing atau kompetitor lainnya diseluruh dunia. Search engine merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup, juga tidak ingin, menghafalkan alamat-alamat situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan indeks yang dibuat oleh search engine.

Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk suatu objek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi pemilik situs via internet. Seperti memberikan kemungkinan yang lebih besar kepada calon pengunjung untuk mengunjungi situs mereka. Juga dikarenakan berada di posisi teratas hasil pencarian, bagi sebagian kalangan, kini telah dipandang sebagai satu ukuran bonafitas bagi sebuah organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam bisnis via internet.

Search engine tidak memperoleh keuntungan yang komersial dari hasil pencarian yang alami. Pendapatan mereka diperoleh dari iklan yang tampil pada halaman yang sama namun terpisah dari hasil pencarian alami. Perusahaan yang tidak menggunakan strategi SEO atau halaman situsnya tidak berada dalam posisi yang menguntungkan dalam pencarian yang alami, masih dimungkinkan untuk dapat menjaring calon pengunjung dengan tampil dalam daftar pencarian berbayar (paid listing atau commercial listing) pada search engine yang sama (Ledford, 2007).

Bagaimana cara untuk meningkatkan volume trafik pada situs dengan menggunakan SEO?

Aktivitas yang menempati urutan pertama bila seseorang terhubung ke internet adalah aktivitas browsing. Aktivitas tersibuk kedua dan ketiga adalah menulis secara online atau sur ng. Dengan fakta bahwa para pengguna inter- net baik individu ataupun korporat menggunakan search engine untuk mencari berbagai informasi yang berguna termasuk untuk transaksi barang dan jasa atau mencari rekan bisnis didalam negeri dan di mancanegara, peluang akan peningkatan volume trafik situs menjadi sangat besar (Onggo, 2007).

Oleh sebab itu isi situs yang akan dipasarkan atau informasi apapun yang disediakan oleh pemilik situs dan bertengger di halaman pertama hasil penca- rian di search engine berpeluang besar untuk dilihat dan menarik pengunjung yang potensial.

Untuk mencapai tahapan seperti diatas, yang harus dilakukan adalah membuat isi situs yang akan dipasarkan mudah dicari oleh search engine . Untuk memudahkan hal tersebut, maka:

  1. Isi situs yang akan dipasarkan sebaiknya muncul di urutan 10 besar atau halaman pertama dari hasil pencarian di search engine.

  2. Agar mendapatkan pengunjung yang potensial, perlu diketahui apa yang mereka pikirkan sewaktu mencari isi situs yang akan dipasarkan.

Agar isi situs yang dipasarkan dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian, ada dua cara yang dapat ditempuh oleh pemilik situs, yaitu:

  1. Menggunakan pay-per-click (PPC). Dengan cara ini, pemilik situs akan membayar untuk tiap pengunjung yang masuk ke situs dengan cara meng- klik iklan frase yang muncul pada bagian kolom iklan di halaman hasil pencarian.

  2. Menggunakan keahlian optimisasi web. Dengan menggunakan keahlian ini, search engine bukan saja mengindeks tetapi juga menampilkan hasil pencarian di halaman pertama, atau setidaknya halam kedua hasil pencarian.

Menurut Cosa (2009), ada beberapa pedoman yang bisa dilakukan agar isi situs yang akan dipasarkan selalu muncul di halaman pencarian sebuah search engine , misalnya Google, antara lain:

  • Melakukan riset frase kata kunci (keyword) yang paling lazim dan populer untuk mewakili isi situs yang akan dipasarkan. Selain itu, mencari tahu 2 kata atau frasa kecil yang umum beredar dan dikenal oleh pasar pada saat mereka sedang mereka-reka untuk menuliskan frase tersebut di kotak pencarian search engine . Jika ingin membidik pasar dalam negeri, gunakanlah bahasa Indonesia, atau mencampurnya dengan bahasa asing bila memang diperlukan.

  • Mencari tahu isi situs relevan atau siapa yang berada di halaman perta- ma hasil pencarian. Dengan demikian, akan diperoleh gambaran umum frase yang menempel di benak pasar dan sekaligus memberikan gambaran tentang apa yang seharusnya dilakukan. Hal ini juga akan memberi tahu siapa kompetitor lain yang selama ini dicari orang lewat search engine .

  • Membuat halaman situs yang bersahabat dengan search engine . Hal ini memudahkan search engine mengindeks database-nya, lebih-lebih jika se- tiap halaman situs hanya memiliki satu topik tertentu.

  • Membantu search engine agar mudah mengindeks setiap halaman yang terdapat pada situs. Pastikan spider dari search engine dapat dengan mudah menemukan setiap halaman web yang ada pada situs.

  • Memiliki banyak link masuk ke dalam situs web. Link yang masuk dari luar atau link masuk dari situs populer akan menularkan popularitas pada situs yang dibangun. Hal ini memungkinkan situs akan terdongkrak ke urutan lebih atas. Untuk mendapatkan manfaat link popularity, lakukan link campaign.

  • Mengoptimasi halaman-halaman web yang penting. Tidak semua hala- man web berisi informasi seputar isi situs yang akan dipasarkan. Oleh karena itu, untuk halaman-halaman web tertentu yang berisi pajangan in- formasi dan gambar seputar isi situs yang dipasarkan, tonjolkan frase atau kata-kata kunci tersebut (keyword density). Penonjolan frase atau kata- kata kunci tersebut akan mempengaruhi posisi halaman web pada saat pengunjung mengetikkan frase pada kotak pencarian di search engine .

  • Menghindari jangan sampai terkena penalti dari search engine . Per- hatikan beberapa aturan dan hal-hal yang tidak disukai oleh search engine agar situs web tidak terkena penalti. Jika pemilik situs tidak memper- hatikannya, search engine tidak akan mengindeks situs web pada database- nya.

Perangkat Pendukung Peningkatan Volume Trafik Situs Online


Untuk mendukung praktik SEO, terdapat banyak perangkat pendukung website dan latihan yang perlu diperhatikan oleh pemilik situs. Beberapa di- antaranya ada yang merupakan perangkat pendukung primer yang sebaiknya mendapat perhatian lebih.

  • Web analytics
    Web analytics digunakan untuk memantau perilaku pengunjung dan trafik sebuah situs tertentu. Secara khas, web analytics digunakan untuk tujuan mengoptimasi performa bisnis yang didasarkan pada berbagai disiplin ilmu seperti kurs konversi (convertion rate) dan return of investment. Perangkat pendukung ini relevan digunakan untuk mengikuti jalannya return of investment berdasarkan kategori iklan PPC, dimana ada biaya ter- tentu yang harus dikeluarkan oleh pemilik situs apabila memasang iklan pada sebuah search engine berbasis PPC untuk tiap-tiap klik yang dilakukan oleh pengunjung. Perangkat pendukung ini juga berfungsi untuk mengikuti arus keyword dari trfik yang akan mendorong ke arah kon- versi. Hal ini menginformasikan beberapa alternatif keyword yang patut dipertimbangkan oleh pemilik situs ketika melakukan praktik SEO, yang akan memelihara dan meningkatkan posisi hasil pencarian pada search enginer .

    Pada Google, layanan web analytics ini disediakan lewat Google Webmaster Tools. Google webmaster Tools adalah layanan Web analytics gratis milik Google yang bisa diakses pada (https://www.google.com/webmasters](http://www.google.com/webmasters)/tools/. Selain Google webmaster Tools, terdapat pula beberapa layanan web an- alytics lainnya, beberapa diantaranya adalah ClickTracks (http://www. clicktracks.com), CoreMetrics (http://www.coremetrics.com), juga Hit- Tail (http://www.hittail.com).

  • Riset peningkatan volume trafik situs
    Mengetahui data tentang situs yang dibangun, sama pentingnya dengan mengetahui tentang pasar dan situs kompetitor. Yang utama, yang perta- ma kali harus dipelajari adalah bagaimana cara menggunakan fitur- fitur dari search engine . Beberapa perangkat pendukung untuk melakukan riset peningkatan volume trafik situs ini, antara lain:

    • Yahoo! Site Explorer
      Yahoo! Site Explorer menampilkan halaman-halaman apa saja dari sebuah situs yang diindeks oleh Yahoo!, dan link dari halaman- halaman situs lainnya yang menghubungkan kepada situs yang bersangkutan. Google dan MSN Live Search sebenarnya juga memili- ki kemampuan ini. Keduanya dapat diakses dengan menggunakan linkdomain-syntax yang sama. Hanya saja, saat ini informasi yang dihasilkan oleh keduanya belumlah seakurat Yahoo! Site Explorer.
      image

    • Google Trends
      Google Trends adalah sebuah perangkat dari Google yang menyedi- akan informasi statistik mengenai volume dari pencarian atas berbagai keyword selama kurun waktu tertentu.

      Layanan Google Trends memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk memilah data berdasarkan bahasa dan regional, dan mengarahkan beberapa frase kata dalam satu grafik. Hal ini berguna untuk mengikuti trafik dalam periode tertentu. Google Trends dapat diakses pada alamat http://www.google.com/trends.
      image

    • Alexa Rangkings
      Alexa Rangkings adalah sebuah perangkat populer yang mengusahakan pemeringkatan sebuah situs secara global berdasarkan kuantitas trafik. Pemeringkatan trafik dilakukan menggunakan statistik yang didasarkan pada data yang dikumpulkan dari Alexa Toolbar dan perangkat lain yang terhubung dengan perangkat ini. Layanan ini dikeluarkan oleh Alexa Internet, sebuah anak perusahaan dari Amazon Incorporated. Sejauh ini, Yahoo! menempati peringkat pertama dalam pemeringkatan oleh Alexa.

  • Meneliti keyword
    Meriset keyword yang relevan dengan isi situs yang akan dipasarkan akan sangat membantu pengidenti kasian keyword yang mengarah pada taget dalam suatu kampanye peningkatan volume trafik situs melalui search engine . Tetapi bagaimanapun juga, keyword yang digunakan oleh individu- individu pengguna search engine seringkali mengejutkan dan cenderung tidak dapat diprediksi. Untunglah terdapat perangkat yang menyediakan pengumpulan data tentang kata-kata atau frase yang lazim digunakan pada proses pencarian pada search engine . Perangkat-perangkat yang populer digunakan untuk mengumpulkan keyword tersebut beberapa diantaranya adalah Wordtracker (http://www.wordtracker.com), keyword Discovery (http://www.keyworddiscovery.com), juga The Yahoo! Search Marketing keyword Tool (http://inventory.overture.com).

    Perangkat tersebut biasanya menyadap data dari beberapa search engine yang lebih kecil, yang tidak begitu populer, kecuali perangkat milik Yahoo!. The Yahoo! Search Marketing keyword Tool sendiri mengambil data dari jaringan layanan PPC milik mereka sendiri.

    Dikarenakan secara umum tidak ada satu pun perangkat diatas yang kebal terhadap anomali-anomali data, sebaiknya pemilik situs menggunakan lebih dari satu jenis perangkat dan juga intuisi untuk melihat apakah data yang ditampilkan adalah data riil atau bukan.