Bagaimana cara meningkatkan page speed website?

Website
Page speed adalah waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan seluruh web page (halaman web ) atau konten web pada browser.

Bagaimana cara meningkatkan page speed website ?

Kecepatan halaman sering dikacaukan dengan “kecepatan situs,” yang sebenarnya adalah kecepatan halaman untuk sampel tampilan halaman di situs. Kecepatan halaman dapat dijelaskan dalam "waktu pemuatan halaman" (waktu yang diperlukan untuk sepenuhnya menampilkan konten pada halaman tertentu) atau “waktu untuk byte pertama” (berapa lama browser Anda menerima byte informasi pertama dari server web). Anda dapat mengevaluasi kecepatan halaman Anda dengan Google PageSpeed ​​Insights. Skor Kecepatan PageSpeed ​​Insights menggabungkan data dari CrUX (Laporan Pengalaman Pengguna Chrome) dan melaporkan dua metrik kecepatan penting: Cat Konten Pertama (FCP) dan DOMContentLoaded (DCL).

Google telah menunjukkan kecepatan situs (dan sebagai hasilnya, kecepatan halaman) adalah salah satu sinyal yang digunakan oleh algoritme untuk menentukan peringkat halaman. Dan penelitian telah menunjukkan bahwa Google mungkin secara spesifik mengukur waktu hingga byte pertama seperti ketika mempertimbangkan kecepatan halaman. Selain itu, kecepatan halaman yang lambat berarti bahwa mesin pencari dapat merayapi lebih sedikit halaman menggunakan anggaran crawl yang dialokasikan, dan ini dapat mempengaruhi indeksasi Anda secara negatif. Kecepatan halaman juga penting untuk pengalaman pengguna. Halaman dengan waktu buka yang lebih lama cenderung memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi dan waktu rata-rata yang lebih rendah di halaman. Waktu muat yang lebih lama juga terbukti memengaruhi konversi secara negatif.

Berikut adalah beberapa dari banyak cara untuk meningkatkan kecepatan halaman Anda:

Aktifkan kompresi
Gunakan Gzip, aplikasi perangkat lunak untuk kompresi file, untuk mengurangi ukuran file CSS, HTML, dan JavaScript Anda yang lebih besar dari 150 byte. Jangan gunakan gzip pada file gambar. Sebagai gantinya, kompres ini dalam program seperti Photoshop di mana Anda dapat mempertahankan kontrol atas kualitas gambar. Lihat “Optimalkan gambar” di bawah.

Minimalkan CSS, JavaScript, dan HTML
Dengan mengoptimalkan kode Anda (termasuk menghilangkan spasi, koma, dan karakter yang tidak perlu lainnya), Anda dapat secara dramatis meningkatkan kecepatan halaman Anda. Hapus juga komentar kode, pemformatan, dan kode yang tidak digunakan. Google merekomendasikan penggunaan CSSNano dan UglifyJS.

Kurangi arahan ulang
Setiap kali halaman dialihkan ke halaman lain, pengunjung Anda menghadapi waktu tambahan menunggu siklus respons permintaan HTTP selesai. Misalnya, jika pola pengalihan seluler Anda terlihat seperti ini: "example.com -> www.example.com -> m.example.com -> m.example.com/home," masing-masing dari dua pengalihan tambahan tersebut membuat halaman Anda memuat lebih lambat.

Hapus JavaScript yang memblokir render
Peramban harus membuat pohon DOM dengan mem-parsing HTML sebelum dapat merender halaman. Jika browser Anda menemukan skrip selama proses ini, ia harus berhenti dan menjalankannya sebelum dapat melanjutkan. Google menyarankan untuk menghindari dan meminimalkan penggunaan pemblokiran JavaScript.

Manfaatkan caching peramban
Peramban menyimpan banyak informasi (stylesheet, gambar, file JavaScript, dan lainnya) sehingga ketika pengunjung kembali ke situs Anda, peramban tidak perlu memuat ulang seluruh halaman. Gunakan alat seperti YSlow untuk melihat apakah Anda sudah memiliki tanggal kedaluwarsa untuk cache Anda. Lalu atur tajuk “kedaluwarsa” untuk berapa lama Anda ingin informasi itu di-cache. Dalam banyak kasus, kecuali desain situs Anda sering berubah, setahun adalah periode waktu yang masuk akal. Google memiliki informasi lebih lanjut tentang meningkatkan caching di sini.

Meningkatkan waktu respons server
Waktu respons server Anda dipengaruhi oleh jumlah lalu lintas yang Anda terima, sumber daya yang digunakan setiap halaman, perangkat lunak yang digunakan server Anda, dan solusi hosting yang Anda gunakan. Untuk meningkatkan waktu respons server Anda, cari kemacetan kinerja seperti permintaan basis data yang lambat, perutean yang lambat, atau kurangnya memori yang memadai dan memperbaikinya. Waktu respons server optimal adalah di bawah 200 ms. Pelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan waktu Anda ke byte pertama.

Gunakan jaringan distribusi konten
Jaringan distribusi konten (CDN), juga disebut jaringan pengiriman konten, adalah jaringan server yang digunakan untuk mendistribusikan beban pengiriman konten. Pada dasarnya, salinan situs Anda disimpan di beberapa pusat data yang berbeda secara geografis sehingga pengguna memiliki akses yang lebih cepat dan lebih dapat diandalkan ke situs Anda.

Optimalkan gambar
Pastikan bahwa gambar Anda tidak lebih besar dari yang seharusnya, bahwa mereka berada dalam format file yang tepat (PNG umumnya lebih baik untuk grafik dengan kurang dari 16 warna sementara JPEG umumnya lebih baik untuk foto) dan bahwa mereka dikompresi untuk web . Gunakan sprite CSS untuk membuat templat untuk gambar yang sering Anda gunakan di situs Anda seperti tombol dan ikon. Sprite CSS menggabungkan gambar Anda menjadi satu gambar besar yang memuat sekaligus (yang berarti lebih sedikit permintaan HTTP) dan kemudian hanya menampilkan bagian yang ingin Anda tampilkan. Ini berarti Anda menghemat waktu pemuatan dengan tidak membuat pengguna menunggu beberapa gambar dimuat.

Ringkasan

https://moz.com/learn/seo/page-speed