Bagaimana cara meningkatkan mental burung cendet ?

burung

(amrta ageng subarkah) #1

burung cendet

Terkadang perlunya melatih mental sangat diperlukan dalam perawatan pada burung cendet agar lebih berani dan rajin bunyi, Bagaimana cara meningkatkan mental burung cendet ?


(Aditya Reza Firdaus) #2

Berikut ini tips sederhana melatih mental cendet agar siap gantang:

  • Selama 1 -2 hari, biasakan menggantung sangkarnya di tempat cukup ramai, menggunakan dobel kerodong / kerodong ganda. Penggunaan dobel kerodong dimaksudkan agar burung lebih terbiasa mendengar suara-suara ramai dan berisik.

  • Setelah beberapa hari, salah satu kain kerodong diangkat sehingga menyisakan kerodong yang tranparan.

  • Setelah terapi kerodong, tahap selanjutnya adalah menggantung sangkar selama beberapa hari di tempat yang ramai tersebut dengan ketinggian sebahu. Tujuannya agar membiasakan burung dengan suasana hiruk-pikuk keramaian, serta melatih mentalnya agar lebih siap.

  • Pada siang hari, sangkar digantung di tempat tenang dan sejuk. Setelah itu, putarkan audio cendet lain yang gacor dengan volume sedang. Lakukan pemutaran audio selama beberapa menit.

  • Sore harinya, burung dijemur atau digantung di tempat biasa, sambil diputarkan audio cendet lain yang gacor dengan volume yang kencang. Lakukan pemutaran audio tersebut selama beberapa menit.

  • Lakukan proses pemutaran audio itu selama beberapa hari. Selama itu pula, jangan lupakan perawatan harian lainnya seperti pengembunan dan pemberian pakan seperti biasanya.

source : www.omkicau.com