Bagaimana cara meningkatkan masa otot yang tepat?

Untuk membentuk postur tubuh yang berotot dan sehat tentunya diperlukan latihan yang teratur dan nutrisi yang tepat. Bagaimana cara meningkatkan masa otot yang tepat?

Cara meningkatkan massa otot sekaligus makanan penunjang yang mampu membuat massa otot meningkat seperti:

  1. Latihan beban
    Latihan beban bisa dilakukan menggunakan alat dengan tingkat beban variasi yang berbeda-beda. Dalam melatih kekuatan serta daya tahan otot, anda bisa melakukan mekanisme “free weights” seperti halnya menggunakan dumbbell atau barbel. Selain itu bisa pula menggunakan mesin fitness yang dilengkapi dengan kabel serta katrol yang berguna untuk membantu pengangkatan beban.
    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pembesaran massa otot seperti melatih otot menggunakan beban berat. Anda bisa menantang diri anda sendiri seberapa berat beban yang mampu diangkat oleh tubuh anda.

  2. Konsumsi banyak asupan kalori
    Makanan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pembentukan massa otot seseorang. Ubah pola makan sehari- hari anda dengan asupan yang bergizi. Makanan dengan cukup kalori dapat membuat berat badan anda bertambah. Dalam membangun otot, konsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan hari-hari yang biasa sehingga kalori yang dibakar oleh tubuh menjadi lebih banyak. Kalori berlebih diperlukan untuk memperbaiki serat pada otot yang telah rusak dan membantu tumbuhnya serat yang baru.

  3. Konsumsi protein lebih banyak dari biasanya
    Bukan hanya kalori namun protein juga dibutuhkan bagi tubuh. Keberadaan protein mampu membantu pembentukan otot di dalam tubuh. Tanpa protein, tentu tubuh tidak akan mampu membangun otot. Konsumsi karbohidrat yang cukup untuk memasok energi dalam tubuh dan konsumsi pula protein yang cukup supaya asam amino yang berguna bagi pembangunan serta perbaikan serat otot menjadi cukup. (baca juga: 35 makanan yang mengandung protein super tinggi)

  4. Makan lebih sering
    Dalam meningkatkan berat badan pada tubuh, sebaiknya konsumsi asupan kalori yang cukup. Ada baiknya bagi anda untuk makan dengan jumlah yang cukup namun sering dibandingkan dengan sekali makan namun dalam jumlah yang besar. Makan yang tidak tanggung-tanggung dengan porsi banyak hanya membuat penumpukan lemak di dalam tubuh meningkat. Akibatnya, anda akan mengalami penggemukan badan dan jauh dari kata ideal. Sementara itu, mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun sering, juga dapat membuat penyerapan makanan serta nutrisi diserap lebih optimal.

  5. Makanan banyak lemak
    Untuk mendukung perkembangan pertumbuhan massa otot dalam tubuh, dibutuhkan asupan lemak yang cukup. Meski demikian, anda perlu pilih lemak yang low fat. Jenis lemak yang harus dihindari adalah lemak jenuh yang memicu datangnya banyak penyakit seperti jantung koroner. Mengonsumsi lemak tak jenuh berfungsi untuk membantu produksi testosterone, peningkatakan level HDL serta mencegah terjadinya kerusakan otot dalam tubuh. Keuntungan mengonsumsi lemak daam jumah yang cukup juga dapat digunakan untuk produksi hormon.

  6. Konsumsi banyak air putih
    Supaya otot terhidrasi dengan baik, maka mengonsumsi banyak air putih merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Saat tubuh digunakan untuk berolahraga maka resiko mengalami dehidrasi akan semakin besar. Konsumsi air putih yang cukup bukan hanya membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar melainkan juga membantu anda dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.

Keberadaan protein dalam tubuh mampu membantu tubuh dalam membuang proses metabolisme tubuh yang tidak lagi digunakan dalam bentuk cairan. Tanpa adanya air yang cukup, maka ginjal tidak akan bekerja dengan baik sehingga proses metabolisme dalam bentuk cairan tidak bisa dikeluarkan.

Referensi