Bagaimana cara meningkatkan kualitas suara burung Pleci ?

burung

(amrta ageng subarkah) #1

Burung Pleci

Burung Pleci atau Zosterops merupakan marga penciri burung kacamata, dan memiliki jumlah anggota terbesar. Secara tradisional, genus ini dimasukkan ke dalam suku Zosteropidae; namun berdasarkan kajian filogeni terbaru, bisa jadi kelompok ini merupakan bagian dari suku Timaliidae.

Daerah persebarannya adalah di wilayah tropika Afrika, Asia (Indomalaya), dan Australia bagian utara. Panjang tubuhnya (dari ujung paruh hingga ujung ekor) berkisar antara 8–15cm. Ciri yang paling jelas adalah adanya lingkaran (garis) putih yang mengelilingi mata, meskipun ada beberapa jenisnya yang tidak memilikinya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”.(wikipedia)

Bagaimana cara meningkatkan kualitas suara burung Pleci ?


(Aditya Reza Firdaus) #2

Burung Pleci adalah jenis burung koloni yang sangat suka berkumpul dengan burung sejenisnya, maka anda bisa memancing agar burung ini bisa terus gacor dengan menempatkan burung yang sudah lebih dulu ngerol. Cara ini terbukti efektif untuk memancing agar burung yang sedang Anda latih mau segera bersuara.

Cara lain adalah dengan menggantung burung ini di tempat yang tinggi dan Anda bisa memindah-mindahkan tempatnya secara dinamis setiap hari agar burung tidak bosan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas suara burung pleci antara lain :

  1. Memperbaiki kondisi fisik burung Pleci
    Jika seekor burung Pleci tidak menampilkan performa yang terbaik, kenali dulu ciri fisiknya. Apakah Ia sakit atau tidak? Jika iya, maka sembuhkan penyakit yang Ia derita. Tapi jika Ia kurang sehat karena kekurangan asupan nutrisi, maka perbaiki pola makan dan atur asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya.

  2. Lakukan proses pengembunan
    Cara seperti ini sangat ampuh untuk memperbaiki kualitas suara yang dimiliki Pleci. Dalam menerapkan metode ini, Anda haruslah melakukan cara ini pada jam setengah 5 pagi, atau saat matahari baru terbit.

  3. Pertemukan burung Pleci tersebut dengan temannya
    Jadi, fungsi dari cara merias kualitas Pleci ini sendiri adalah untuk merangsang Pleci untuk berkicau. Adapun caranya sendiri adalah menyatukan dua ekor Pleci dalam satu sangkar selama beberapa hari, dan biarkan mereka menjalin komunikasi antara satu dengan yang lain.

    Setelah itu, pisahkan keduanya pada sangkar yang berbeda namun dalam satu ruangan yang sama. Dengan cara ini mereka akan tetapi berkomunikasi dengan cara saling sahut dan berkicau.

  4. Perdengarkan suara air pada burung Pleci
    Cara seperti sangat ampuh untuk merangsang Pleci berkicau. Pasalnya, saat Pleci mendengar suara air, Ia akan nyaman dan mengeluarkan suara indahnya. Adapun penerapan dari cara ini sendiri adalah dengan menempatkan sangkar Pleci didekat kolam dan akuarium.

Selain itu, anda juga dapat melakukan hal-hal berikut :

  1. Lakukan pemasteran secara rutin
    Untuk membuat seekor Pleci berkicau dan mengeluarkan isiannya, Ia haruslah sering-sering berlatih menggunakan masteran. Setidaknya, untuk mendapatkan burung yang rajin mengeluarkan suara isian, burung haruslah berlatih setidaknya sehari sekali. Sedangkan untuk menambah variasi isian, Anda bisa ganti suara masteran setiap satu minggu sekali.

  2. Gantang bersama Pleci yang lain
    Cara seperti ini berguna untuk memancing minat Pleci untuk berkicau. Pasalnya, diantara teman-temannya, Ia akan menampilkan penampilan yang memukau. Apalagi jika diantara Pleci-Pleci tersebut ada yang berjinis kelamin betina, pasti semua Pleci pejantan akan mengeluarkan isian terbaiknya untuk menarik perhatian betina.

  3. Lakukan pengumbaran
    Pengumburan sendiri berguna untuk melatih nafas Pleci. Tapi disamping itu, cara ini pun berguna untuk melatih Pleci agar mau mengeluarkan suara isianya. Adapun cara penerapan metode ini sendri, Anda cukup meletakan burung ini pada kandang dengan ukuran yang besar. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Anda bisa barengi metode ini dengan penjemuran burung pada jam 9 sampai 11 siang.

Sumber :