Bagaimana cara meningkatkan kualitas suara burung ciblek ?

burung

(Mesiah) #1

Burung Perenjak jawa

Burung Perenjak jawa (Prinia familiaris Horsfield, 1821) atau yang juga dikenal dengan nama burung ciblek adalah sejenis burung pengicau dari suku Cisticolidae (pada banyak buku masih dimasukkan ke dalam suku Sylviidae). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai bar-winged Prinia, merujuk pada dua garis putih pada setiap sayapnya. (wikipedia)

Bagaimana cara meningkatkan kualitas suara burung ciblek ?


(Mifta Ahmad Farid) #2

Untuk meningkatkan kualitas suara burung perenjak jawa atau burung ciblek, anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  1. Sesuaikan dengan karakternya

    Pilihlah burung ciblek yang memiliki karakter suara ngebren. Ciblek dengan karakter suara ngebren dapat dikenali dari ocehannya yang cenderung nembak ngebren, meski terdengar sangat singkat / pendek. Dengan rutin melatih suaranya, ciblek tersebut akan memiliki suara ngebren dengan durasi panjang.

  2. Berikan pakan dengan gizi baik dan lengkap

    Hal penting dalam mencari setingan agar suara ngebren ciblek terkunci adalah memberikan voer dengan kandungan gizi / nutrisi yang baik dan lengkap. Pakan seperti ini akan membuat ciblek lebih aktif, berenergi, rajin bunyi dengan suara ngebrennya sepanjang hari.

  3. Berikan EF segar

    Berikan pula pakan tambahan / extra fooding (EF) yang segar dan tidak tercemar bakteri. Pakan tambahan seperti jangkrik dan ulat hongkong yang segar akan membuat burung aktif berkicau.

    Hindari serangga yang sudah berbau menyengat, berubah warna (lebih gelap), bercampur lendir / berair, dan basi. Jika sebagian besar serangga dalam kondisi seperti itu dalam wadahnya, sebaiknya segera dibuang dan ganti dengan yang baru. Memberikan EF yang sudah tidak layak akan membuat burung rentan stres, sekaligus bisa mengganggu kesehatannya akibat terkontaminasi bakteri.

  4. Hindari mandi semprot

    Untuk membangun mental ciblek, serta membuatnya rajin mengeluarkan suara ngebrennya secara lantang, mandi sebaiknya dilakukan dalam bak tersendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan cepuk berisi air agak besar atau bak mandi portable yang dimasukkan ke dalam sangkarnya. Jangan biarkan ciblek mandi sendiri, apalagi harus disemprot dengan menggunakan sprayer.

  5. Jauhkan dari burung sejenis

    Ciblek adalah burung teritorial dan memiliki sifat agresif / fighter. Karena itu, jika ingin mengunci suara ngebrennya, usahakan untuk menjauhkannya dari burung sejenis. Untuk mengasah mentalnya, Anda bisa mempertemukannya dengan ciblek lain seminggu sekali, misalnya dalam latberan atau sekadar gathering bersama rekan-rekan sesama penggemar ciblek.

sumber : www.omkicau.com