Bagaimana cara meningkatkan kualitas penggunaan teknologi informasi di bidang pariwisata?

Seperti yang kita tahu salah satu potensi terbesar penyumbang devisa negara yang dimiliki Indonesia adalah sektor pariwisata. Penggunaan teknologi informasi dalam bidang pariwisata sendiri bukanlah hal yang baru. Promosi tempat wisata melalui media website pun sudah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu. Namun penggunaan website sebagai media informasi pariwisata sendiri masih terasa kurang dilihat dari beberapa event/spot wisata yang tidak tersentuh dalam konten website tersebut.

Adakah cara untuk meningkatkan kualitas dari penggunaan teknologi informasi dalam bidang pariwisata?

Bidang pariwisata terkadang merupakan penghasil keuangan terbesar di berbagai daerah yang mana tidak memungkinkan untuk mendapatkan biaya keuangan daerah dari pekerjaan seperi bertani, berkebun, beternak, memancing, dan sebagainya. Pemanfaatan teknologi di bidang pariwisata tidak hanya membantu pengelola area pariwisata tersebut namun juga membantu bagi orang yang ingin menikmati pariwisata tersebut. Berikut merupakan contoh dari penggunaan teknologi informasi dalam bidang pariwisata :

  1. Internet
    Dengan menggunakan internet tentunya jangkauan dari promosi tempat pariwisata tersebut akan meluas, yang awalnya hanya bisa dipromosikan dari mulut ke mulut sekarang bisa dipromosikan dari media sosial ke media sosial lainnya.
  2. Reservation System
    Sistem reservasi digunakan untuk pengunjung yang ingin mengunjungi tempat pariwisata tersebut namun tidak dalam waktu dekat sehingga mereka memesan tiket atau tempat di masa mendatang, hal ini juga dapat menjamin bahwa kedatangan pengunjung di masa depan sudah pasti.
  3. Computer System
    Sistem komputer digunakan untuk mempermudah penyebarluasan informasi mengenai lokasi tempat pariwisata tersebut, mulai dari informasi apakah tempat tersebut buka, sedang direnovasi, atau ada daya tarik baru yang ditawarkan oleh tempata tersebut.
  4. Mobile Communication
    Komunikasi secara mobile atau melewati sebuah perangkat seperti handphone tentunya membantu penyebar luasan promosi atau informasi dari tempat pariwisata tersebut.

Sumber : http://smallbusiness.chron.com/technology-used-hospitality-tourism-31033.html