Bagaimana cara meningkatkan kualitas diri ?

konsep_diri

(Fifi Ok) #1

kualitas diri

Setiap orang menginginkan perubahan yang signifikan dengan adanya pertambahan umur. dan terkadang standar diripun sering berubah-ubah dengan bertambahnya umur.

Bagaimana cara meningkatkan kualitas diri dan bagaimana mengetahui kapasitans diri ?


(Himawat Aryadita) #2

Kualitas diri tidak hanya merujuk kepada intelegensia seseorang, tetapi lebih kepada faktor pola pikir atau cara pandang, sikap, karakter seseorang. Seseorang yang berkualitas adalah seseorang yang berguna bagi lingkungan sosialnya.

Beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri adalah :

1. Membaca buku setiap hari.

Buku adalah sumber kebijaksanaan, dimana anda akan mendapatkan banyak pelajaran darinya. Semakin banyak buku yang Anda baca, semakin banyak kebijaksanaan yang Anda dapat. Baca semua jenis buku, terutama buku-buku psikologi. Jangan hanya membaca buku yang sesuai dengan profesi anda saja. Kuncinya adalah membuka pikiran Anda seluas-luasnya.

Ketika Anda membaca buku setiap hari, Anda akan memberi makanan pada otak Anda dengan memberinya lebih banyak pengetahuan.

2. Tulislah sesuatu.

Menulis sangat membantu kita untuk belajar melakukan analisis terhadap sesuatu. Untuk dapat menulis yang baik, tentunya Anda perlu banyak membaca. Cobalah membuat “pertanyaan-pertanyaan” Anda sendiri dan tulisalah jawabannya berdasarkan cara pandang, pengalaman dan referensi-referensi yang sudah Anda baca sebelumnya.

Salah satau cara yang terbaik adalah ikutlah forum-forum diskusi online yang memang diperuntukkan untuk diskusi secara baik, diskusi yang menitikberatkan pada berbagi cara pandang, bukan diskusi yang hanya sekedar mengejar menang-kalah. Nilai tambah lainnya, ketika mengikut diskusi, Anda dapat “membaca” cara pandang orang lain, dimana hal itu akan memperkaya pengetahuan Anda.

michale jordan

3. Buatlah ruangan inspirasional.

Suasana lingkungan Anda akan berpengaruh terhadap suasana hati. Jika Anda tinggal di lingkungan yang inspiratif, maka Anda akan terinspirasi setiap hari. Mulailah dari kamar pribadi Anda, rubah interior sesuai dengan keinginan Anda. Jagalah kebersihan dan kerapiannya.

Ketika Anda merasa bosan dengan kamar pribadi Anda, carilah tempat diluar yang dapat menjadi sumber inspirasi, bisa cafe, museum atau taman-taman yang asri. Ketika suasana lingkungan anda sangat mendukung untuk meningkatkan inspirasi Anda, maka akan muncul ide-ide baru, pemikiran-pemikiran baru ataupun strategi-strategi baru, yang mungkin tidak Anda pikirkan sebelumnya, untuk meningkatkan kualitas diri Anda.

4. Ikuti kursus, seminar atau workshop.

Banyak kursus, seminar atau workshop, terutama di dunia kampus, yang bisa anda ikuti untuk membuka wawasan Anda menjadi lebih luas. Ambil pelajaran dari para pembicara dan coba praktekan didalam kehidupan Anda sendiri. Mungkin Anda perlu memodifikasi tips dan trik yang diberikan oleh mereka, mengingat kondisi dan pengalaman setiap orang pasti berbeda-beda.

Dengan rutin mengikuti kursus, seminar atau workshop, Anda akan mendapatkan ide-ide baru, yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

5. Cari passion Anda dan eksekusi passion Anda.

Ketika anda mempunyai passion, segalanya akan terasa lebih ringan untuk dilakukan. Anda akan lebih berani untuk mencoba sesuatu yang sesuai dengan passion Anda. Buatlah passion Anda menjadi sesuatu yang produktif.

ketika Anda melakukan eksekusi, Anda akan banyak belajar dari pengalaman yang akan Anda dapatkan ketika melakukannya. Istilah lainnya adalah learning by doing. Teruslah berusaha dan jangan takut gagal, karena kegagalan adalah pelajaran yang paling berharga bagi peningkatan kualitas diri Anda.

michael jordan