Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas ?

Kreativitas

Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk memberi ide kreativ dalam memecahkan masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan yang baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.

Pendapat Lain tentang kreativitas adalah segala kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas ?

1 Like

Beranilah Mengambil Resiko
Ketika tiba saatnya membangun kemampuan kreatif, Anda harus mau mengambil resiko untuk meningkatkan kemampuan Anda. Meskipun setiap saat upaya yang Anda lakukan bisa saja mengarah kepada kegagalan, Anda sebenarnya tetap bisa meningkatkan bakat kreatif Anda dan membangun kemampuan yang berguna bagi Anda di masa depan.

Bangkitkan Rasa Percaya Diri
Rasa tidak percaya pada kemampuan Anda sendiri bisa menghambat kreativitas, oleh karena itu penting bagi Anda untuk memupuk rasa percaya diri. Buatlah catatan mengenai kemajuan yang telah Anda capai, pujilah usaha yang telah Anda lakukan, dan selalu cari cara untuk menghargai kreativitas Anda.

Lawanlah Ketakutan Akan Kegagalan
Ketakutan bahwa Anda akan membuat kesalahan atau gagal dalam usaha bisa menghentikan kemajuan Anda. Kapan pun Anda merasakan hal tersebut, ingatkan diri Anda bahwa kesalahan hanyalah bagian kecil dari sebuah proses. Meskipun kadang-kadang Anda tersandung di jalan ke arah kreativitas, pada akhirnya Anda toh akan mencapai tujuan Anda.

Bertukar Pikiran akan Mengilhami Gagasan Baru
Brainstorming atau bertukar pikiran merupakan teknik umum baik di lingkungan akademis maupun di tempat kerja. Teknik ini juga bisa menjadi sarana yang baik untuk mengembangkan kreativitas Anda. Mulailah dengan menunda penghakiman dan kritik, lalu mulailah menuliskan gagasan-gagasan yang berkaitan dengan sebuah masalah dan juga kemungkinan solusi-solusinya. Tujuannya adalah untuk memunculkan sebanyak mungkin gagasan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Langkah selanjutnya, pusatkan perhatian untuk mengklarifikasi dan menyaring gagaran-gagasan Anda untuk menemukan pilihan yang terbaik.

Buatlah Sebuah Buku Catatan Kreatif
Mulailah menulis sebuah buku catatan untuk merunut proses kreatif Anda dan melacak gagasan-gagasan yang telah Anda hasilkan. Buku catatan adalah cara terbaik untuk meninjau kembali apa yang telah Anda capai dan mencari peluang solusi. Buku catatan ini bisa digunakan untuk menyimpan gagaran-gagasan yang kelak menjadi inspirasi di masa mendatang

Cobalah Teknik “Six Hats”
Teknik “Six Hats” atau teknik “Enam Topi” melibatkan upaya penjajakan terhadap sebuah masalah dari enam perspektif yang berbeda. Dengan melakukan teknik ini, Anda bisa menghasilkan lebih banyak lagi gagasan dibandingkan jika Anda hanya melihatnya dari satu atau dua sudut pandang.

  • Red Hat atau Topi Merah: Lihatlah situasinya secara emosional. Apa yang Anda rasakan mengenai situasi itu?
  • White Hat atau Topi Putih: Lihatlah situasinya secara objektif. Apa fakta yang ada?
  • Yellow Hat atau Topi Kuning: Gunakan sebuah perspektif positif. Unsur solusi mana yang bisa berhasil?
  • Black Hat atau Topi Hitam: Gunakan sebuah perspektif negatif. Unsur solusi mana yang akan gagal?
  • Green Hat atau Topi Hijau: Berpikirlah secara kreatif. Adakah ide-ide alternatif?
  • Blue Hat atau Topi Biru: Berpikirlah secara luas. Solusi apa yang secara keseluruhan merupakan solusi terbaik?

Carilah Sumber-sumber Inspirasi
Jangan pernah berharap bahwa kreativitas bisa terjadi begitu saja. Carilah sumber-sumber inspirasi baru yang bisa memberikan ide-ide segar dan memotivasi Anda untuk mencari jawaban-jawaban unik terhadap permasalahan yang ada. Baca buku, kunjungi museum, dengarkan musik favorit Anda, atau terlibatlah dalam debat yang hidup dengan teman Anda. Manfaatkan strategi atau teknik apapun yang paling sesuai dengan diri Anda.

Tantanglah Diri Sendiri
Jika Anda telah berhasil membangun beberapa kemampuan kreatif dasar, penting untuk terus melakukan tantangan kepada diri Anda sendiri untuk mengembangkan kemampuan yang telah Anda miliki. Temukan pendekatan-pendekatan yang lebih rumit, cobalah hal-hal baru, dan hindarilah memakai solusi yang telah Anda pakai di masa lalu.

Cobalah Teknik Bola Salju
Apakah Anda pernah menyadari bahwa satu gagasan besar secara langsung seringkali memunculkan gagasan besar lainnya? Anda bisa mengambil manfaat dari hal ini dengan menggunakan “teknik bola salju” dalam memunculkan ide-ide bagi proyek Anda. Jika sebuah ide dirasa tidak pas untuk kerja Anda saat ini, simpanlah untuk pekerjaan Anda berikutnya atau terapkan di sebuah proyek Anda di masa mendatang.

Sumber : cognitiobrevis: BAGAIMANA CARANYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANDA?

Kreativitas adalah kekuatan yang dapat menggerakkan manusia. Kreativitas dimiliki oleh semua orang, karena hal ini adalah fungsi bawaan dari pikiran. Bentuk perwujudannya adalah ekspresi yang keluar dari suatu pemikiran atau emosi.

Ada dua penghalang yang dapat membatasi kreativitas, yaitu penghalang yang berasal dari dalam (Internal) yang membatasi imaginasi dan inspirasi, dan penghalang dari luar (eksternal) yang membatasi ekspresi atau perwujudan dari kreativitas.

Ada beberapa teknik sederhana namun sangat efektif yang dapat digunakan untuk membuat kreativitas anda mengalir.

Temukan Sumber Inspirasi Anda

Menemukan sumber inspirasi adalah pintu menuju puncak kreativitas anda. Hal ini merupakan faktor yang sangat jelas diperlukan, tapi masih ada banyak orang yang tidak bisa menjawab dengan spesifik ketika ditanya mengenai sumber inspirasi mereka. Sumber inspirasi dapat ditemukan di alam, orang-orang, musik, ingatan, dan beberapa situasi tertentu. Ketika anda menemukannya, anda tidak perlu menunggu saat-saat inspirasi itu muncul, anda dapat mengaktifkan kreativitas anda kapan pun anda mau. Cari dan catat apapun yang membuat anda berfikir, “saya mau melakukan hal itu” “bagaimana jika?” atau “saya punya sebua ide!”

Kelilingi Diri Anda dengan Keunggulan

Ada beberapa orang yang telah menemukan musik favoritnya dengan tidak hanya mendengarkan musisi berbakat, tapi dengan mencari tahu siapa yang mereka dengarkan. Tanpa kesalahan, seniman yang baik mengamati seniman yang hebat, dan seniman yang hebat mengamati seniman yang luar biasa. Anda harus selalu belajar dan mengelilingi diri anda dengan seni yang unik, musik yang bagus, sastra yang tinggi, dan terutama orang-orang yang hebat. Hal ini membuat diri anda membangun sebuah karya berkualitas dan standar keunggulan yang dapat mendorong kreativitas anda untuk semakin berkembang. Tidak ada salahnya mempelajari atau bahkan meniru aspek yang hebat dari diri anda. Seperti yang pernah dikatakan oleh seniman terkemuka Pablo Picasso,”Seniman yang baik meniru, seniman yang hebat mencuri” mencuri yang dimaksud disini adalah mencuri metode dan cara mereka, bukan karya mereka.

Lakukan Saja!

Jika anda tidak menggunakan kreativitas anda, maka kreativitas anda tidak akan berkembang. Coba sesuatu yang orisinil, dan coba sesuatu yang baru. Tempatkan diri anda di tempat yang membutuhkan kreativitas, dan latihlah kreativitas anda terus menerus.
Disinilah tempat dimana kreativitas berkembang atau mati. Ketika anda baru mencoba, sangat jarang hasil yang anda peroleh adalah apa yang anda inginkan. Hal ini merupakan perihal yang sangat normal. Setiap lukisan menakjubkan yang anda lihat di galeri seni, ada lusinan sketsa, draft kasar, dan konsep yang tidak anda lihat.

Setiap tokoh yang masuk kedalam sejarah karena karyanya yang sangat kreatif, dari Da Vinci sampai Edison, mereka memulai karya mereka dengan kegagalan. Apa yang membedakan mereka adalah mereka terus berusaha sampai karya yang dihasilkan mereka menggambarkan citra mental mereka.

Jaga Diri Anda

Jika anda bekerja di industri kreatif, anda paham bahwa anda dapat melakukan lebih banyak pekerjaan dengan fokus dan memaksimalkan inspirasi anda hanya dalam waktu yang singkat, daripada anda melakukannya seharian dengan pikiran yang kemana mana. Kondisi fisik dan gangguan dari lingkungan dapat menghancurkan proses berpikir kreatif.

Menjaga tubuh anda tetap sehat dan tempat kerja anda rapi dapat membantu meningkatkan kemampuan anda dalam berimajinasi dan menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas lebih membutuhkan kerja yang berkualitas daripada kerja yang barkuantitas, jadi pastikan bahwa rumah anda, tempat kerja anda, dan tubuh anda tidak membatasi kinerja anda.

Sumber:

Bertolak belakang dengan berbagai anggapan orang mengenai kreativitas, bagaimanapun kreativitas tidak secara permanen diberikan ketika lahir. Psikolog setuju bahwa kreativitas diberikan pada semua orang. Bagaimanapun kreativitas tetap dapat dikembangkan dan ditingkatkan.

Kreativitas itu seperti otot. Itu harus diregangkan, ditantang, dan kadang-kadang hari didorong melewati zona nyamannya. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kreativitas Anda.

1. Belajar Melalui Kolaborasi
Rasa ingin tahu membimbing diri Anda pada kreativitas. Kecerdasan tidak secara signifikan mampu membawa pada tingkat kreativitas yang lebih, namun berkolaborasilah. Anda bisa melakukan kolaborasi dengan orang lain. Cobalah untuk membuka pikiran Anda. Kolaborasi mampu membuat kreativitas itu berkembang dengan signifikan.

2. Lakukan yang Anda Sukai
Hidup anda membutuhkan keseimbangan untuk memastikan kreativitas tidak terjebak. Cinta dan kreativitas berjalan selaras. Lakukan berbagai hal yang anda cintai seperti hobi. Sebuah hobi, seperti bermain alat musik, olahraga, dan jalan-jalan, dapat membantu pikiran Anda menjadi relaks dan menghilangkan stres sekaligus mampu memberi dorongan pada kreativitas agar tetap terjaga dan berkembang.

3. Kembangkan Inovasi yang ada
Kreativitas anda tidak akan berkembang jika hanya menyalin inovasi milik orang lain. Jadi cobalah melihat inovasi dengan cara berpikir Anda secara berbeda. Anda bisa memulai dengan melihat inovasi yang telah ada sekarang ini dan mulailah melakukan modifikasi dengan inovasi tersebut. Mengambil inspirasi dari inovasi yang telah ada adalah satu satu cara untuk meningkatkan kreativitas

4. Beristirahatlah
Seperti yang pernah ditulis oleh Alan Cohen, “Ada kebajikan dalam pekerjaan dan ada kebajikan dalam istirahat. Gunakan keduanya dan jangan mengabaikannya.”
Jika kreativitas Anda terhenti, biarkan saja. Beristirahat dan bersantailah. Terkadang ide dan kreativitas muncul ketika otak beristirahat. Bisa jadi saat tidur, saat di kamar mandi, saat duduk di mobil, atau saat menyaksikan matahari terbenam. Waktu tersebut mampu membantu pikiran Anda relaks dan menjadi lebih kreatif sehingga bisa menemukan ide yang terbaik.

5. Berjalanlah
Rata-rata orang duduk antara 7 sampai 15 jam setiap hari. Itu membahayakan bagi kesehatan dan suasana hati Anda, yang berarti bisa membahayakan bagi kreativitas Anda. Berjalan mampu meningkatkan pemikiran kreatif. Dengan berjalan Anda akan dapat lebih bersantai, melupakan beban pekerjaan, dan mendapat ide yang terguna.

6. Atur Mood yang Tepat
Kurangnya ide atau tidak mampu memecahkan masalah bisa sangat membuat frustrasi. Oleh karena itu aturlah mood Anda lebih baik agar kreativitas tetap terjaga. Menjadi bahagia menjadi kunci untuk membuka potensi kreatif. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bahagia adalah pergi keluar dan “bermain”, untuk menjadikan suasana hati yang baik.

7. Mulai dari Awal
Terkadang Anda hanya harus memulai dari awa lagi. Lupakan apapun dan mulai semua dari awal. Cara ini membantu Anda melihat sesuatu dengan jalan yang berbeda. Cara berpikir Ini memberikan Anda pilihan untuk melihat sesuatu sesuai faktanya, apa yang salah, kemungkinan, penyelesaian, dan ide yang baru. Dengan melihat masalah dengan pandangan yang unik mampu membantu Anda mecari solusi yang tepat dengan berdasar kreativitas

8. Mintalah Saran atau Masukan
Meminta pertolongan bukanlah tanda kelemahan. Mintalah bantuan dan saran dari teman, rekan kerja, atau yang lain, yang mana itu orang yang Anda percaya dan hormati. Setiap orang memiliki keahlian, pengalaman, dan pengetahuan yang berbeda. Setelah Anda meminta saran atau masukkan, hal itu mampu memicu pikiran Anda menjadi lebih kreatif dan terbuka sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan.

9. Pilihlah Ide yang “Mengerikan”
Hindari ide yang dirasa terlalu biasa dan monoton. Karena ide-ide tersebut sebenarnya hanya membuat kreativitas berpikir Anda menjadi tidak berkembang. Pilihlah ide yang “mengerikan”, buatlah daftar ide yang bisa Anda pikirkan. Selanjutnya dengan melihat gagasan atau ide mengerikan tersebut akan memicu Anda kreatif dan bisa memutuskan ke ide bagus anda.

Sumber:

https://www.inc.com/larry-kim/9-ways-to-dramatically-improve-your-creativity.html

Faktor-faktor yang dapat mendukung perkembangan kreativitas menurut Hurlock (1972) adalah sebagai berikut:

  • Waktu, untuk menjadi kreatif kegiatan seseorang seharusnya jangan diatur sedemikian rupa sehingga hanya memiliki sedikit waktu bebas bagi mereka untuk bermain dengan gagasan-gagasan dan konsep-konsep serta mencobanya dalam bentuk baru dan orisinal.

  • Kesempatan menyendiri, seseorang membutuhkan waktu dan kesempatan menyendiri untuk mengembangkan kehidupan imajinasinya dengan karya- karya.

  • Dorongan, seseorang harus didorong untuk kreatif dan bebas dari ejekan dan kritikan yang sering kali dilontarkan pada saat kreatif.

  • Sarana, sarana berupa alat dan bahan konstruksi perlu disediakan untuk merangsang kreativitas denngan memberikan bimbingan dan dorongan untuk menggunakan sarana yang akan mendorong kreativitas.

  • Lingkungan yang menunjang, lingkungan rumah dan sekolah merupakan merangsang kreativitas dengan memberikan bimbingan dan dorongan untuk menggunakan sarana yang akan mendorong kreativitas.

  • Hubungan orang tua seseorang tidak posesif, orang tua yang tidak posesif atau melindungi terhadap seseorang, mendorong seseorang untuk mandiri dan percaya diri. Dua kualitas psikologi ini sangat mendukung kreativitas.

  • Cara mendidik seseorang, mendidik seseorang secara demokratis dan permisif di rumah dan sekolah meningkatkan kreativitas, sedangkan cara mendidik otoriter memadamkan kreativitas seseorang.

  • Kesempatan untuk memperoleh pengetahuan, kreativitas tidak muncul dalam kehampaan, semakin banyak pengetahuan yang diperoleh oleh seseorang semakin baik dasar untuk mencapai hasil yang kreatif.

Ketika Anda mendengar kata “kreativitas,” apakah Anda memikirkan teman Anda yang berprofesi sebagai seniman atau penulis atau teman-teman Anda yang sukses dalam karirnya? Apakah Anda menganggap bahwa diri Anda sendiri bukan termasuk tipe individu yang kreatif?

Kreativitas hidup dalam diri kita semua. Pada intinya, menjadi kreatif berarti memunculkan ide, mengenali kemungkinan baru, dan memecahkan masalah “di luar kotak.”

Bagaimana cara menumbuhkan kreativitas pada diri Anda sendiri? Banyak penelitian yang menunjukkan berbagai cara untuk memanfaatkan sisi inovatif dan inventif Anda, seperti berikut ini.

1. Anda harus sehat secara fisik

Aktivitas fisik, terutama olahraga yang intens, dapat meningkatkan kreativitas, setidaknya pada orang yang sudah berolahraga secara teratur. Sebuah penelitian di Frontiers in Human Neuroscience, Belanda, pada 2013 membandingkan orang dewasa muda yang biasa berolahraga dengan yang tidak berolahraga. Kedua kelompok tersebut menjalani pengujian kreativitas, dan hasilnya, olahraga dapat merangsang pemikiran kreatif.

2. Anda dapat meningkatkan kreatvitas dengan hanya jalan-jalan saja

Beranjak dari sofa dan bergerak tidak hanya bermanfaat bagi tubuh Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa setelah melakukan aktivitas jalan-jalan, mereka dapat berpikir kreatif dengan lebih baik, secara signifikan, dibandingkan ketika mereka tidak banyak bergerak. Menurut peneliti dari Stanford, berjalan kaki dapat membuka aliran ide yang bebas, dan ini adalah solusi sederhana dan kuat untuk tujuan meningkatkan kreativitas dan juga meningkatkan aktivitas fisik.

3. Anda dapat mencoret-coret di kertas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology pada 2012 menemukan bahwa gerakan lengan dan tangan yang terkait dengan menggambar garis dan bentuk melengkung dikaitkan dengan peningkatan kreativitas pada mahasiswa.

4. Lihatlah sesuatu yang berwarna hijau

Dalam serangkaian percobaan yang diterbitkan dalam Buletin Psikologi Kepribadian dan Sosial pada tahun 2012, peserta yang melihat warna hijau sebelum melakukan tes kreativitas, menjadi lebih kreatif dibandingak ketika melihat warna merah, biru, atau putih. Mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi para peneliti Jerman tersebut berhipotesis bahwa karena manusia telah lama memandang warna hijau sebagai tanda pertumbuhan (setidaknya di dunia tanaman), dimana hal tersebut memiliki efek stimulasi psikologis pada kreativitas.

5. Meditasi (Berdoa)

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari Cina dan diterbitkan dalam jurnal Behavior and Brain Functions pada tahun 2014, para mahasiswa yang bermeditasi (berdoa dalam kesunyian), 30 menit sehari selama satu minggu, tampil lebih baik dalam pengujian kreativitas standar dibandingkan kelompok yang melakukan relaksasi otot.

6. Catat mimpi Anda

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Creative Behavior pada tahun 2016, mahasiswa yang menulis tentang mimpi mereka dalam catatan harian, memiliki peningkatan yang lebih besar pada tes kreativitas dibandingkan mahasiswa yang mencatat peristiwa-peristiwa nyata (bukan mimpi). Meningkatnya kesadaran akan mimpi dapat meningkatkan kreativitas dengan cara “melonggarkan pola-pola asosiatif yang stereotip dan dapat diprediksi,”.

7. Melamun

Sisihkan waktu — bahkan mungkin sepuluh menit sehari — untuk membiarkan pikiran Anda mengembara tanpa tujuan yang ditentukan. Kondisi ini dapat meningkatkan kreativitas Anda. Para peneliti dari University of California, Santa Barbara menemukan bahwa melakukan tugas ringan yang mendorong pengembaraan pikiran akan dapat membantu orang untuk menemukan solusi kreatif dalam masalah yang membuat mereka bingung.

8. Redupkan Cahaya di Ruangan Anda

Bekerja dalam cahaya redup dapat menanamkan rasa kebebasan dan disinhibisi yang melahirkan kreativitas, dibandingkan dengan pencahayaan yang terang. Hasil ini didapat dari penelitian eksperimen yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Psychology pada tahun 2013.

Kesimpulannya, kreativitas adalah proses yang rumit dan sulit dipahami, oleh karenanya sulit dipelajari. Kegiatan yang dapat membantu seorang individu untuk lebih kreatif bisa jadi malah menjadi penghambat kretivitas pada orang lain. Sebagian besar penelitian diatas relatif kecil dan pendek, sehingga efek menguntungkan yang terdeteksi mungkin tidak dapat bertahan lama.

Pada intinya, carilah keadaan atau kondisi yang dapat meningkatkan kreativitas Anda. Hal-hal diatas hanyalah sebagai pengayaan saja. Catat kegiatan-kegiatan yang memang mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kreativitas Anda.

Ingatlah sukses-sukses Anda di masa lalu. Jika Anda pernah berhasil (dan setiap manusia pasti pernah mengalami suatu waktu dalam hidupnya), Anda tahu tahu bahwa akan mampu melakukannya lagi. berhasil melakukan sesuatu dalam hidupnya

Yakinlah ini dapat menjadi hari terobosan. Jalani hari Anda dengan keyakinan bahwa sesuatu dapat terjadi untuk mengubah segalanya. Dengan cara itu, jika sesuatu benar-benar muncul, maka Anda akan siap menerimanya.

Latihlah kreativitas Anda dengan permainan mental. Otak Anda, seperti bagian tubuh lain Anda, berfungsi lebih lancar jika selalu dijaga dalam keadaan prima. Inilah beberapa saran untuk melakukannya:

  • Pikirkanlah penggunaan kembali barang-barang lama.

  • Lihatlah kejadian sehari-hari, dan susunan uraian kisah tentang peristiwa- peristiwa yang memunculkannya.

  • Isilah teka-teki silang dan permainan-permainan kata lainnya.

  • Temukan peribahasa-peribahasa yang dapat kita gunakan untuk menjelaskan sesuatu kepada seseorang

  • Pikirkanlah berbagai cara untuk mengatakan hal yang sama.

  • Tontonlah acara televisi dengan mematikan suaranya, dan cobalah memperkirakan apa yang dikatakan orang dalam acara itu.

Ingat bahwa kegagalan membawa keberhasilan. Banyak ilmuwan termasyur dunia bergelut dalam solusi=solusi gagal yang tak terhitung jumlahnya sebelum menemukan satu yang berhasil. Beranilah untuk mengam,bil risiko salah agar mencapai keberhasilan.

Raihlah impian dan fantasi Anda. Sering kali mimpi dan fantasi merupakan hasil dari pikiran bawah sadar Anda yang bekerja untuk mendapatkan solusi suatu masalah. Berikan nilai untuk hal-hal tersebut, walaupun semua itu tampak tidak berhubungan karena gagasan-gagasan aneh dapat memunculkan solusi inovatif dan revolusioner.

Biarkan kesenangan memasuki kehidupan Anda. Bermainlah! Ini membuat sifat anak-anak dalam diri Anda muncul dan memberikan wawasan segar. Anda pun akan menjadi lebih kreatif jika kehidupan Anda seimbang antara bekerja dan bermain.

Kumpulkan pengetahuan dari tempat lain. Ketika bekerja dengan situasi yang menantang, lihatlah tempat-tempat lain dalam kehidupan Anda dan cobalah untuk melihat kesamaan-kesamaannya. Mungkin sesuatu yang berhasil untuk suatu jenis masalah dapat digunakan untuk masalah yang sedang Anda hadapi saat ini.

Pandanglah situasi dari semua sisi. Bayangkan diri Anda secara fisik berada di bawah sedang menatap ke atas, dari atas melihat ke bawah, dari belakang melihat ke depan, dari dalam melihat ke luar, dan dari sudut pandang semua pihak yang terlibat. Hal ini membuat Anda mampu melihat situasi tersebut dari jendela-jendela baru dan dapat memberikan wawasan yang Anda butuhkan untuk pemecahan masalah secara kreatif.

Bersihkan pikiran Anda dari asumsi-asumsi. Asumsi dapat menyembunyikan solusi. Pikiran yang dibiarkan mengikuti aliran alamiahnya dapat menciptakan hal-hal baru yang menakjubkan

Ubahlah posisi Anda sesering mungkin. Jika anda duduk di belakang meja Anda, pergilah ke luar dan berbaringlah di atas rumput. Atau, jika Anda berada dalam ruang konferensi di kantor, bertukartempatlah dengan orang lain atau berdirilah. Mungubah posisi Anda berarti mengubah pandangan Anda terhadap berbagai hal, dan perubahan posisi mungkin akan menghasilkan perubahan sikap mental.