Bagaimana cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi?

komunikasi

Keterampilan komunikasi seperti jurnalistik (menulis) dan public speaking (berbicara di depan umum) banyak dibutuhkan dalam bidang pekerjaan, bahkan menjadi karir tersendiri. Keterampilan komunikasi juga dibutuhkan dalam pengembangan usaha, pengembangan dan pemberdayaan diri.

Bagaimana cara meningkatkan keterampilan komunikasi?

Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi :

  1. Jangan pernah membicarakan orang lain.
    Karena hal ini menunjukkan kurangnya rasa hormat kita kepada orang lain.
  2. Jangan menyelesaikan kalimat orang lain.
    Dengan melakukan hal ini kita tidak memberikan kebebasan orang lain untuk berpendapat dan kita akan terlalu mengendalikan percakapan.
  3. Parafrase.
    Jika kita ingin menunjukkan bahwa kita benar-benar memahami seseorang, maka parafrase merupakan salah satu yang tepat. Yang kita lakukan hanyalah dengan mengulang kembali apa yang seseorang baru saja katakan, sebelum kita memberikan komentar.
  4. Dengarkan secara aktif.
    Fokus pada mendengarkan aktif daripada mendengarkan pasif. Perbedaannya adalah jika mendengarkan aktif berarti kita terlibat dan menanggapi orang lain berdasarkan apa yang mereka katakan, sedangkan mendengarkan pasif hanyalah tindakan mendengarkan tanpa respons.
  5. Pertahankan kontak mata.
    Dengan melihat orang lain di mata, akan membuktikan bahwa kita tertarik dengan apa yang mereka katakan. Ini juga membuat Anda tetap fokus dan tidak terganggu dengan hal lain.