Bagaimana cara meningkatkan Kesadaran dalam Diri?

image

Kesadaran diri atau Self Awarness sendiri adalah kemampuan kita untuk mengetahui sejauh mana diri kita mengenal pribadi diri sendiri. Salah satu cara mengenal pribadi diri anda sendiri adalah memahami bagaimana sebenarnya konsep pribadi diri anda sendiri. Semakin banyak anda anda memahami apa yang anda lakukan, anda akan semakin memahami siapa diri anda.

Kesadaran diri juga bisa dijabarkan kedalam sebuah model bernama four selve. Model ini memiliki empat area dasar yang masing-masing menggambarkan Pribadi diri yang berbeda.

  1. The Open Self
    Keterbukaan mengetahui semua informasi, tingkah laku, kelakuan, perasaan, keinginan, motivasi, dan ide yang anda dan orang lain ketahui. Keterbukaan diri berubah-ubah pada ukurannya. Tergantung situasi dimana anda berada dan dengan siapa anda berinteraksi. Komunikasi didasarkan pada tingkatan dimana anda membuka diri untuk orang lain dan dirimu sendiri.

  2. The Blind Self
    Adalah semua informasi tentang dirimu yang orang lain ketahui, dimana kamu sendiri justru tidak mengetahuinya. Contohnya kebiasaan mengedipkan mata kepada lawan bicara anda, menggosok-gosokan hidung ketika anda panic, dan lain-lain.

  3. The hidden Self
    Berisi semua informasi yang anda ketahui tentang diri anda sendiri yang anda rahasiakan dari orang lain. Orang lain tidak mengetahui bahwa anda memiliki sesuatu yang tidak anda ungkap.

  4. The Unknown Self
    Menggambarkan Kebenaran tentang diri anda sendiri yang bahkan diri anda sendiri dan orang lain tidak tahu. Contoh, jika anda sebagai pemimpin di sebuah organisasi, anda mengambil keputusan yang salah walaupun data probabilitas sudah sangat jelas, dan juga anggota anda tidak ada yang memberi saran atau masukan, sehingga gagal lah sebuah tujuan dalam organisasi tersebut.

Berikut cara untuk meningkatkan kesadaran diri :

  1. Bertanya pada diri sendiri tentang diri anda
    Cara ini dilakukan untuk mengintropeksi diri, karena segala sesuatu harus di evaluasi. Dengan cara ini kita semakin mengetahui apa kelehaman dan kekuatan didalam diri kita

  2. Mendengarkan orang lain
    Karena dengan mendengarkan pendapat orang lain, kita bisa melihat diri kita dari sisi yang berbeda

  3. Aktif mencari informasi tentang diri anda sendiri
    Sama halnya dengan mendengarkan orang lain, cara ini lebih luas lagi karena sasarannya mungkin orang-orang yang baru anda kenali, dan mereka bisa meniliai anda dengan tepat

  4. Meningkatkan keterbukaan diri
    Dengan cara ini, kita akan semakin percaya diri dalam menghadapi sesuatu. Karena dengan keterbukaan diri, banyak orang akan senang terhadap anda.

Referensi :

  1. http://www.slideshare.net/AiniMaghfira/makalah-indo-ain-2
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Self-awareness
  3. https://www.hrbartender.com/2014/recruiting/10-soft-skills-every-employee-needs-know/
3 Likes

Self awarness ialah kemampuan untuk memahami keadaan internal diri dari dalam diri anda sendiri. Dalam artian anda dapat mengontrol emosi dan mood yang sedang anda rasakan terhadap pekerjaan yang sedang anda lakukan serta kritis terhadap informasi tentang diri anda sendiri dan dapat mengevaluasi diri sendiri

“You can’t be a good leader without self-awareness”

Apa yang tertulis didalam kutipan kaimat tersebut benar, tanpa adanya self awarness kita tidak dapat menjadi pemimpin yang baik dikarenakan belum dapat memahamimaupun mengontrol diri kita sendiri. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran didalam diri kita,

5 cara yang dapat dilakukan ialah :

1. Meditasi
Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran diri dengan skala bertahap yakni menggunakan meditasi, melepaskan semua beban pikiran dan di saat meditasi ini anda dapat mengajukan pertanyaan untuk diri anda sendiri sebgai tolak ukur anda lebih maju kedepanya. Anda dapat mengajukan pertanyaan yg bersifat self reflection dari apa yg tela anda lalui.

  • Apa yang harus saya capai ?
  • Apa yang tela saya lakukan ini berkerja?
  • Apa yang saya lakukan ini membuat saya down ?
  • Apa yang dapat membuat saya berubah?

2. Menulis tujuan hidup dan prioritas
Anda dapat menulis apa saja target yang anda ingin capai dalam jangka waktu yang telah anda tentukan sehingga anda dapat melihat progress dari target anda step by step.

3. Mengikuti test Psikometri
Test ini merupakan test untuk mengetahui profil kepribadian anda sehingga anda dapat mengetahui diri anda lebih mudah dengan menempuh test tersebut.

4. Tanya sahabatmu
Teman merupakan orang yang paling berharga dalam hidup kita, Mereka dapat membantu anda untuk mengetahui kepribadian anda sehingga anda dapat mengetahui lebih mudah kelmahan dan poin2 yg harus ditingkatkan dalam diri anda untuk meningkatkan kesadaran diri anda.

5. Feeback dari teman kantor
Secara informal kita dapat meminta bantuan teman tetapi secara formal kita bisa meningkatnkan kesadaran diri kita dari tanggapan atasan kita maupun rekan kerja kita tentang perilaku diri kita pada saaat di kantor.

Article dari https://hbr.org/2015/02/5-ways-to-become-more-self-aware

2 Likes

Penting untuk diketahui bahwa kesadaran diri tidak hanya tentang memperhatikan diri kita sendiri tetapi bagaimana kita memahami dan melihat dunia internal kita.

Kenapa Self Awareness itu penting ?

Menurut Daniel Goleman, Self Awareness adalah dasar dari emosi pikiran. Kemampuan untuk menjaga emosi dan pikiran kita dari waktu ke waktu adalah kunci untuk memahami diri kita sendiri. Selain itu,orang yang kesadaran dirinya lebih tinggi cendurung akan bertindak secara sadar dan berada dalam kesehatan psikologis yang baik dan memiliki pikiran yang positif.

Berikut ada 5 cara untuk meningkatkan kesadaran dalam diri :

1. Buatlah waktu senggang untuk diri anda

Anda bisa memberikan waktu senggang anda saat pagi hari atau malam sebelum tidur. Cobalah untuk tidak bermain dengan dunia digital dan gunakanlah waktu senggang itu untuk melakukan hal-hal yang yang bisa membuat diri anda tenang seperti membaca, menulis dan bermeditasi.

2. Melatih kesadaran

Melatih kesadaran akan membuat anda lebih kenal diri anda sendiri, sehingga anda akan lebih dapat mengamati apa yang terjadi di dalam diri anda dan di sekitar anda. Hal ini akan membuat anda memperhatikan internal anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sadar terhadap yang anda lakukan seperti, sadar dalam mendengarkan, berjalan, makan dan melakukan sesuatu.

3. Membuat jurnal

Menulis dapat membantu menenangkan pikiran anda. Lebih tepatnya menulis adalah tempat untuk menuangkan segala beban yang ada di dalam pikiran anda. Jadi cobalah untuk menyempatkan menulis dan menuangkan segala beban. Tulisan anda juga bisa digunakan sebagai portofolio anda.

4. Berlatih untuk menjadi pendengar yang baik

Mendengarkan adalah memperhatikan terhadap emosi orang lain. Ketika anda menjadi pendengar yang baik, anda juga akan mendengarkan suara hati anda dan menjadi teman baik terhadap diri ada sendiri.

5. Perspektif yang berbeda

Terkadang kita terlalu takut untuk menanyakan pikiran orang lain tentang kita. Feedback orang lain mungkin saja negatif atau bahkan tidak jujur tetapi anda akan dapat membedakan mereka dari feedback yang asli dan nyata saat anda belajar lebih banyak tentang diri anda dan orang lain. Kita semua memiliki kelemahan, namun itu sangat membantu untuk mendapatkan perpektif yang berbeda untuk melihat gambaran yang lengkap terhadap diri kita sendiri.

Sumber : Positive Psychology Program

2 Likes