Bagaimana cara meningkatkan kemampuan belajar ?

Kemampuan Belajar

Kemampuan Belajar adalah kapasitas seorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Kemampuan adalah kesanggupan atau kecakapan seorang individu dalam menguasai suatu keahlian dan digunakan untuk mengerjakan beragam tugas dalam suatu pekerjaan.

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan belajar kita ?

Dikutip dari salah satu sumber di internet, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar.

  1. RELAKS
    Untuk tips yang pertama adalah keadaan tubuh anda harus relaks dalam kegiatan belajar. Mengapa harus relaks? Karena, otak akan bekerja lebih baik ketika tubuh kita tidak mengalami tekanan sama sekali. Dan apabila tubuh kita mengalami tekanan, maka kita akan terbayang-bayang dengan masalah-masalah yang membuat tubuh kita tertekan dan akan membuat otak kita bekerja tidak maksimal. Salah satu cara untuk mendapat kan kedamaian adalah dengan cara pergilah menuju tempat yang memiliki pengalaman menyenangkan bagi kalian, membuat anda terkesan, dan membuat anda betah disana.

  2. EVALUASI
    Tips yang kedua adalah dengan mengevaluasi diri anda setelah belajar dengan cara mencatat point-point yang anda perhatikan, dan buatlah pertanyaan yang menurut anda sangatlah penting. Karena dengan mencatat dan membuat pertanyaan, ini menandakan bahwa kalian benar-benar berkonsentrasi penuh dalam belajar sehingga kalian paham dengan apa yang kalian pelajari tersebut.

  3. PENYERAPAN AWAL
    Tips yang ketiga adalah kenali gaya belajar diri kalian. Hal ini sangatlah penting dalam proses pembelajaran karena, ketika kalian belajar dengan gaya yang tidak cocok dengan gaya belajar kalian maka pelajaran yang anda pelajari kurang terserap oleh otak.

  4. MEMPROSES INFORMASI
    Tips yang keempat adalah yakinkan pada diri anda bahwa anda suka dalam suatu pelajaran, dan dengan seiring waktu anda akan merasa senang dalam mendalami tentang pelajaran yang sudah anda target di awal. Ini terjadi karena anda memberikan sebuah keyakinan pada alam bawah sadar anda bahwa anda menyenangi suatu pelajaran yang anda target diawal, dan ketika alam bawah sadar anda sudah yakin akan menyenangi pelajaran tersebut maka alam bawah sadar akan membukakan memori jangka panjang untuk pelajaran yang sudah anda target diawal.

  5. BUATLAH RANGKUMAN
    Tips yang kelima adalah dengan cara membuat ranguman setelah belajar, karena dengan anda membuat rangkuman maka otak anda akan bekerja dua kali karena, otak anda harus mengingat apa yang anda pelajari dan harus dituangkankembali di dalam rangkuman.

  6. PERIKSA LAGI DAN LAGI
    Tips yang terakhir adalah dengan cara mengulangi pembelajaran yang telah anda lakukan berkali-kali hingga anda paham hal-hal yang telah anda pelajari.

Dan itu adalah 6 Tips yang dapat membantu anda untuk meningkatkan kemampuan belajar kalian, Trimakasih atas perhatiannya, sampai jumpa di lain waktu.

Sumber : http://www.om-leehin.my.id/2013/11/6-Cara-Sukses-Meningkatkan-Kemampuan-Belajar.html

Tidak peduli usia berapapun anda, dalam hidup anda pasti belajar. Pendidikan formal anda memang berakhir setelah sekolah menengah atas, namun kegiatan belajar seseorang tidak berhenti disitu. Anda bisa mengikuti kuliah, seminar, kursus, ceramah, dan hal-hal lain yang bisa menambah pengetahuan anda. Jadi akan sangat membantu jika anda memiliki kebiasaan yang baik dalam belajar dan mempelajari
kemampuan anda dalam belajar.

Meskipun anda mungkin tidak mempelajari kemampuan belajar untuk mendapatkan nilai yang bagus, namun apa yang anda pelajari bisa membantu anda dalam hal karir, hobi, hubungan dengan orang lain, dan hal-hal lain. Jadi akan sangat membantu jika anda bisa meningkatkan kemampuan belajar anda.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan belajar anda. Paling cocok untuk anda yang masih sekolah, namun anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan anda.

1. Persiapan.
Sebelum mengikuti kelas online maupun di sekolah, pelajari lebih dulu materi yang akan disampaikan guru, sehingga anda mengetahui apa yang akan disampaikan guru meskipun anda belum sepenuhnya paham.

2. Terorganisir dan Teratur.
Aturlah catatan anda sebaik dan serapi mungkin sehingga saat anda membutuhkannya anda tidak perlu susah payah dalam mencarinya. Aturlah juga pola makan dan pola tidur anda karena itu akan sangat mempengaruhi dalam proses belajar.

3. Tepat Waktu.
Menjadi pribadi yang tepat waktu akan membantu anda untuk tidak tertinggal dalam pembelajaran.

4. Selalu Mencatat.
Selalu catatlah materi yang di sampaikan oleh pengajar agar anda bisa membaca dan mempelajarinya lagi. Selain itu, mencatat juga membuat anda bisa lebih cepat mengingat materi karena saat mencatat otak anda akan berpikir. Jika anda tidak dapat mencatat sambil mendengarkan pada saat yang bersamaan, anda cukup mendengarkan dan catatlah setelah kelas usai. Anda juga bisa bertanya kepada guru tentang garis besar, tinjauan, dan catatan anda. Tinjau catatan anda sebelum kelas selanjutnya.

5. Menetapkan Gaya Belajar.
Mana gaya belajar terbaik dan sesuai dengan anda : visual (baca), auditorial (mendengarkan), kinestetik (melakukan). Bila anda sudah mengetahui yang manakah gaya belajar anda, belajarlah sesuai dengan gaya belajar anda masing- masing. Contohnya, Pelajar auditorial menyimpan rekaman kelasnya di mobil untuk mengubah kemacetan menjadi waktu yang produktif. Pelajar visual bisa melakukan olahraga dengan treadmill atau sepeda statis sambil membaca buku catatan. Saat anda belajar, anda lebih senang dalam suasana diam ataukah sambil bermain atau mendengarkan musik. Mengetahui gaya belajar anda adalah cara terbaik untuk meningkatkan keefektivitasan dalam belajar.

6. Mengajukan Pertanyaan.
Jika anda mengikuti kursus online ataupun bersekolah, maka tulislah pertanyaan- pertanyaan yang muncul di benak anda. Anda bisa menanyakannya saat kelas ataupun seusai kelas kepada guru pengajar anda saat ada kesempatan. Anda harus mengungkapkan pertanyaan anda karena apabila tidak, anda tidak akan bisa melanjutkan pembelajaran jika pertanyaan anda belum terjawab. Seperti yang dikatakan pepatah “malu bertanya sesat di jalan” jadi apabila anda tidak ingin tersesat maka bertanyalah.

7. Lengkapi semua absensi dan tugas.
Lengkapi semua absensi dan tugas anda sebisa mungkin. Namun bila anda terpaksa absen, maka bertanyalah dan mintalah tugas kepada teman ataupun guru pengajar anda agar anda tidak tertinggal. Atau bila anda bisa mempelajari buku sendiri maka selesaikanlah semua latihan soalnya. Atau anda bisa meminta bantuan teman untuk merekam kelas, lalu pastikan anda mendengarkan rekaman tersebut.

Sumber : https://www.pickthebrain.com/blog/7-secrets-to-improve-your-ability-to-learn-for-students-of-all-ages/

Belajar merupakan kewajiban bagi semua orang untuk menggapai kesuksesan. Dengan belajar, kita akan punya banyak pengetahuan. Banyak orang yang meningkatkan kemampuan belajar dengan berbagai cara.

Sebagai mahasiswa kita pasti pernah merasakan kesulitan untuk membagi waktu saat belajar dan gampang merasa bosan dan malas saat belajar. Dan kita pasti ingin untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik di bidang apa pun terutama bidang pada akademik. Dengan mengikuti panduan bagaimana cara agar kita bisa meningkatkan cara belajar kita maka tidak akan ada lagi masalah dalam bagaimana cara belajar dan bisa menuju sukses di dalam dunia pendidikan.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan belajar kita.

1. Kenali lingkungan sekitar
Kenali terlebih dahulu lingkungan sekitar yang akan kita buat untuk belajar. Apabila di tempat yang ramai seperti sekolah, usahakan kalian selalu mengutamakan dan memfokuskan pikiran kalian hanya pada hal yang ingin kalian pelajari. Dan apabila di tempati yang sepi, itu bisa sangat mendukung dan bisa menumbuhkan konsentrasi yang lebih tinggi asalkan kita memilih tempat yang paling nyaman.

2. Mencari tahu metode apa yang akan menjadi lebih baik bagi kita untuk dipelajari di lingkungan ini.
Jika berada di lingkungan yang ramai seperti sekolah. Kita bisa melakukan diskusi bersama kelompok belajar. Apabila di tempat yang sepi kita harus bisa melakukan pemahaman sendiri.

3. Memusatkan perhatian hanya pada pembelajaran.
Hilangkan dan jauhkan dari kita sesuatu hal apa pun yang bisa mengganggu kita pada saat proses belajar. Jangan biarkan otak kita berkonsentrasi pada hal lain.

4. Mempersiapkan otak kita untuk belajar.
Pusatkan pikiran kita hanya pada satu hal saja, yaitu pada pelajaran tersebut. Jika ini bisa dilakukan dengan benar, kita akan meningkatkan potensi belajar sebesar 60%. Buatlah badan kita dan otak kita serileks mungkin.

5. Pembelajaran
Sekarang, kumpulkan semua materi pembelajaran kita di depan kita, dan mulailah membaca atau belajar. Ambillah pernapasan yang dalam, dan jangan memperhatikan apa pun kecuali apa yang kita pelajari. Baca setiap baris, dan setiap informasi penting.

6. Dalam Proses Belajar
Di setiap lima belas menit berhentilah membaca dan cobalah untuk mempraktikkan apa yang telah kita pelajari atau jika tidak bisa mempraktikkan bayangkan sampai kalian paham apa yang dimaksudkan di buku tersebut sampai kita memahaminya. Jika masih belum mengerti cobalah untuk mengulangi membacanya lagi.

7. Dalam Proses Belajar
Setelah melakukan pembelajaran beberapa lama luangkan waktu kita untuk beristirahat kira 15 menit setelah belajar selama 1 sampai 2 jam per sesi. Selama 15 menit itu gunakan waktu kita untuk berjalan-jalan di sekitar kamar dan sedikit mengingat-ingat apa saja yang telah kita pelajari. Setelah panjang sesi yang kita inginkan usai, jangan memulai prosesnya lagi setidaknya selama 4 jam. Otak kita membutuhkan waktu untuk menyortir, mengatur, memproses, dan menyimpan informasi baru yang baru kita terima.

8. Selesai Pembelajaran
Setelah melakukan proses pembelajaran bersesi – sesi jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup supaya di hari berikutnya kita bisa melakukan cara ini dengan pikiran yang sudah siap untuk diisikan informasi yang baru kembali.

Jika kita mengikuti langkah-langkah berikut ini, dan gunakan penilaian terbaik kita, kita akan berhasil mempelajari topik pembelajaran kita. Kita akan segera menyadari bahwa ini akan menjadi rutinitas yang mudah dan efisien untuk kita dan kita juga harus mendapati bahwa otak kita ingat jauh lebih baik daripada yang pernah kita duga. Jadi lakukanlah cara di atas dan selamat belajar!

Sumber : www.wikihow.com/Enhance-Your-Learning-Ability

Belajar adalah sebuah kemampuan yang bisa diubah dan ditingkatakan. Setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengembangakan daya ingat dan kemampuan belajar mereka. Carilah metode belajar yang cocok untuk diri sendiri. Semakin banyak otak digunakan akan semakin baik kinerjanya.

Belajar adalah sesuatu baru yang selalu membutuhkan komitmen dan disiplin diri yang baik. Konsep dan motivasi belajar akan sangat menentukan kesuksesan. Tekankan pada diri sendiri alasan kenapa belajar itu sangat berguna dan bisa membantu mencapai suatu keinginan. Belajar hanya akan terlaksana sesuai dengan usaha kita.

Tips Untuk Belajar

1. Buat catatan

Tujuan membuat catatan adalah untuk mengklarifikasi apa yang pelajari dan mendukung ingatan dan proses belajar . Membuat catatan membantu mendapatkan gambaran tentang apa yang sedang pelajari. Catatan bisa berupa ringkasan maupun mind maping.

2. Belajarlah dengan orang lain

carilah teman diskusi untuk berdiskusi mengenai pertanyaan dan gagasan, cara seperti
ini akan sangat menyenangkan dan berguna dalam pembelajaran.

3. Buatlah jurnal belajar

Tujuan dari sebuah jurnal pembelajaran adalah untuk membantu mengatur pikiran dan mengamati emajuan diri sendiri. Jurnal pembelajaran membantu memperdalam dan memperkaya proses belajar juga sebagai alat untuk mengevaluasi pembelajaran.

4. Tingkatkan kemampuan mengingat dengan teknik tertentu

Ada banyak teknik yang bisa anda gunakan dalam rangka meningkatkan kemampuan mengingat, anda bisa mencoba salah satunya.

5. Identifikasi gaya belajar anda

Pikirkan kembali saat dimana anda belajar dengan baik, bagaimana anda belajar saat itu, dan seperti apa suasana dan kondisinya. Mengidentifikasi hal hal tersebut akan membantu anda menemukan gaya belajar yang cocok.

Itulah beberapa tips yang dapat meningkatkan kemampuan belajar anda. Cobalah untuk mempraktekkannya dan amati perubahan kemampuan belajar pada diri anda.

sumber : harjoita_oppimistaitojasi_verkkoon_eng.pdf