Bagaimana cara Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah atau Situasi?

analisis masalah

Analisa Masalah/Situasi (Problem/Situation Analysis) - kemampuan untuk mengenal elemen elemen situasi dalam permasalahan dan memahami komponen mana saja yang kritis; kemampuan untuk mengenal aktivitas kritis yang dilakukan – agar dapat mengurutkan (breakdown) proses proses aktivitas tersebut dalam beberapa komponen aktivitas.

Dalam setiap bidang kehidupan seseorang pasti ada beberapa masalah yang timbul baik itu karena kesalahan yang diperbuat di waktu yang lalu atau bahkan karena kesalahan yang bukan dari diri kita sendiri. Oleh karena itu, kita perlu melakukan analisis suatu situasi atau masalah yang ada untuk menemukan cara yang terbaik dalam menangani masalah (problem solving). Konsep dasar utama dalam meningkatkan kemampuan kita dalam menganalisis masalah dan situasi adalah :

  • Melakukan klarifikasi terhadap masalah
    Dalam mengatasi masalah, hal yang pertama harus kita lakukan adalah memperhatikan lingkungan sekitar apabila ada sesuatu yang tidak benar yang memungkinkan untuk timbul masalah. Melakukan apa yang kita tahu agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar saat kita berhadapan dengan masalah yang belum kita ketahui. Mencari informasi yang hilang dari kondisi sekitar dan mencoba mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai masalah atau kondisi yang dirasa tidak benar tersebut.

  • Memutuskan bagaimana cara untuk mengatasi masalah
    Setelah mendapatkan informasi mengenai kondisi di sekitar kita, saat ada sesuatu hal yang janggal dan berpotensi menimbulkan suatu masalah, secepat mungkin kita harus mencari cara untuk mengatasinya dengan benar agar masalah yang timbul tidak menjadi lebih besar. Memahami permasalahan dan kondisi yang ada secara kritis dan detail sangat diperlukan dalam tahap ini. Tidak hanya cara untuk mengatasi masalah yang harus kita pikirkan, kita juga perlu untuk menghitung dampak apa saja yang mungkin timbul dalam penanganan masalah ini.

  • Menganalisis masalah dan kondisi lebih dalam
    Dalam tahap ini, kita perlu menyelesaikan beberapa pertanyaan untuk menganalisis lebih dalam sebuah permasalahan. Apa penyebab timbulnya masalah, Siapa yang mendapat dampak dari permasalahan tersebut? Kapan masalah pertama terjadi dan kapan masalah tersebut menjadi lebih besar? Masalah yang timbul apakah merupakan permasalahan yang baru atau sudah pernah ada sebelumnya? Mengetahui hal ini dapat memberikan pemahaman tentang mengapa masalah ini terjadi sekarang. Juga, semakin lama masalah, semakin membudaya masalah itu dan semakin sulit untuk diselesaikan.
    Yang menyebabkan masalah, dan yang dipengaruhi oleh itu? Berapa banyak, atau sejauh mana, yang masalah ini terjadi?

Referensi : Defining and Analyzing the Problem

TINGKATKAN CARA ANDA DALAM MENGANALISIS DAN MENYELESAIKAN MASALAH

Setiap hari Anda akan dihadapkan dengan setidaknya satu masalah untuk memecahkan. Tapi itu akan lebih mudah bila Anda menyadari bahwa masalah hanya pilihan. Tidak ada yang ‘menakutkan’ tentang mereka selain harus membuat keputusan.Ya sebuah masalah datang bertubi-tubi mulai dari keluarga , teman , sahabat , lawan , partner bahkan semuanya dari segala sisi.Lalu bagaimana kita menghadapi itu semua ?

Menurut Zoe B terdapat 6 untuk meningkatkan problem solving kita :

1. Fokus pada solusi bukan masalah
Ahli saraf mengatakan bahwa jika kalian fokus terhadap masalah maka tidak akan dapat meningkatkan problem solving kalian namun jika kita fokus kepada solusi terhadap masalah tersebut maka akan meningkatkan problem solving kita. Hal ini karena ketika Anda berfokus pada masalah Anda secara efektif memberi ‘negatif’ yang pada gilirannya mengaktifkan emosi negatif di otak.

2. Memiliki pikiran yang terbuka
Sangat penting Anda tetap berpikiran terbuka untuk meningkatkan berpikir kreatif, yang dapat memicu solusi potensial. Datang dari 10 tahun di industri periklanan perusahaan itu deras ke dalam diri Anda bahwa ‘ada ide adalah ide yang buruk’ dan ini membantu pemikiran kreatif dalam brainstorm dan teknik pemecahan masalah lainnya. Apa pun yang Anda lakukan - tidak mengejek diri untuk datang dengan ‘solusi bodoh’ seperti itu sering ide-ide gila yang memicu solusi lebih layak lainnya.

3. Lihat masalah secara netral
Lihatlah masalah sebagai sesuatu yang bukan ‘menakutkan’ .Semua masalah memberitahu Anda adalah bahwa ada sesuatu yang tidak sedang bekerja dan bahwa Anda perlu menemukan cara baru di sekitarnya. Jadi mencoba dan masalah pendekatan netral - tanpa penghakiman apapun. Jika Anda terjebak dalam ‘masalah’ label ini dapat memicu membeli dari pikiran negatif dan memblokir setiap solusi potensial dari bermunculan!

**4. Lateral **
Cobalah untuk mengubah pendekatan Anda dan melihat hal-hal dengan cara yang baru. Anda dapat mencoba membalik tujuan Anda di sekitar dan mencari solusi yang adalah kebalikan! Bahkan jika rasanya konyol, pendekatan segar & unik biasanya merangsang solusi segar.

5. Gunakan bahasa yang menciptakan kemungkinan
Gunakanlah majas perumpamaan dalam pikiran kalian karena itu akan menabah pikiran yang positif dalam menyelesaikan masalah kalian namun tetaplah berpikir secara rasional.

6. Sederhana
Anggap masalah yang serius menjadi masalah yang sederhana , karena dengan itu kalian akan tidak terbebani dalam memikirkan secara luas namun dapat langsung memikirkan solusinya bukan lagi memikirkan penyebab penyebab dari masalah tersebut.

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan analisis sebuah masalah dan situasi terutama dalam sebuah bisnis ??

Dengan menggunakan media internet kita dapat dengan mudah menemukan berbagai cara dan kerangka tentang analisis bisnis dan bagaimana cara meninggunakannya. Tentunya jika kita ingin meningkatkan kemampuan kita dalam melakukan analisis kita harus lebih banyak membaca. Karena dengan membaca kita akan mendapatkan berbagai wawasan yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya.
Berikut adalah beberapa cara untuk membantu dalam meningkatkan keterampilan dalam analisis bisnis menurut Thomas Bush :

1. Tahu mengapa hal itu dicari
Salah satu cara meningkatkan kemampuan analisis adalah dengan mengetahui alasan kita melakukan analisis tersebut. Apakah hanya untuk monitoring rutin atau untuk menemukan penyebab suatu permasalahan khusus Setelah mengetahui alasan dilakukannya analisis, kita dapat lebih fokus untuk mencapai tujuan analisis tanpa membuang energi ekstra untuk tujuan lainnya.

2. Menggunakan berbagai alat yang bisa membantu
Dalam hal analisis bisnis, terdapat berbagai macam alat yang dapat digunakan. Untuk meningkatkan kemampuan analisis, kita dapat menggabungkan ataupun membandingkan sejumlah alat dan teknik guna mendapatkan gambaran yang lebih spesifik.

3. Mempertimbangkan positif dan negatif
Beberapa orang menganggap dirinya lebih baik hanya dengan menunjukkan analisis yang menunjukkan bahwa semua berjalan dengan lancar. Namun, kita dapat jauh menjadi lebih baik ketika kita dapat menimbang posotof dan negatif dari hasil analisis tersebut. Memahami keduanya akan memungkinkan organisasi tempat kita bekerja dapat memamnfaatkannya lebih baik.

4. Mencari penyebab
Jika kita melihat bahwa organisasi tidak berjalan semestinya, kita tidak boleh hanya berhenti dan melihatnya saja. Namun, kita harus dapat dapat mencari penyebab mengapa organisasi tidak berjalan dengan baik dan merugikan perusahaan. Hal tersebut berlaku pada semua masalah dan situasi yang kita hadapi. Akan jauh lebih baik jika setelah menemukan penyebabnya kita juga dapat menemukan solusi untuk memperbaiknya.

5. Memahami Organisasi
Memiliki pemahaman tentang perusahaan juga sangatlah penting ketika melakukan analisis. Kita harus mengetahui tujuan utama berjalannya bisnis sehingga akan tahu di bagian mana kita dapat mencari peluang.

6. Membuat Kesimpulan
Di bagian terakhir, kita harus memastikan bahwa kesimpulan berakhir dengan tepat sasaran, dimengerti dan bermakna bagi perusahaan. Dengan demikian analisis akan mudah untuk dipahami dan lebih mudah meninjau hasil dari analisis yang dilakukan.

6 cara di atas akan membantu kita dalam meningkatkan kemampuan kita dalam menganalisis masalah dan situasi yang ada . .
Semoga bermanfaat :yum:

Sumber Baca : http://pestleanalysis.com/improve-business-analysis-skills/