Bagaimana cara meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain?

meningkatkan hubungan dengan orang lain

Hubungan seseorang antara satu dengan yang lainnya merupakan hal yang penting bagi mahluk sosial. Bagaimana meningkatkan hubungan tersebut?

Cara meningkatkan hubungan dengan orang lain secara sosial :

1. Cari kesamaan. Ini bisa terasa seperti tugas yang menakutkan jika Anda tidak mengetahui banyak mengenai lawan bicara Anda, namun mencari kesamaan lebih mudah dari yang Anda pikir. Perhatikan saja hal yang dikatakan orang tersebut dalam pembicaraan santai untuk mencari apakah mengarah pada kesamaan, seperti tim olahraga favorit, band favorit, atau bahkan fakta bahwa Anda berdua sama-sama memiliki 5 saudara kandung. Kuncinya disini adalah benar-benar mendengarkan orang tersebut untuk melihat apakah Anda bisa menemukan sesuatu yang bisa membantu Anda menjalin ikatan.

  • Anda tidak perlu menanyakan 50 pertanyaan pada orang tersebut untuk mencari kesamaan; biarkan muncul dengan sendirinya dalam pembicaraan.

  • Anda mungkin berpikir bahwa Anda dan lawan bicara tidak memiliki kesamaan, namun cukup satu atau dua hal yang bisa Anda bicarakan bisa benar-benar membantu Anda menjalin hubungan. Hal itu bisa penulis gelap favorit, fakta bahwa Anda berdua dibesarkan di tempat yang berjarak 16 km saja, atau fakta bahwa Anda berdua sama-sama bisa berbicara bahasa Jepang. Jangan menyerah jika Anda merasa bahwa Anda berdua sangat berbeda, awalnya.

2. Berikan pujian tulus pada orang lain. Salah satu cara menjalin hubungan dengan orang lain secara sosial adalah memberikan pujian tulus. Ini berarti Anda harus menemukan sesuatu mengenai mereka yang benar-benar mengagumkan dan membuat mereka merasa percaya diri tanpa terlalu melebihkannya. Anda tidak ingin terdengar seperti penjilat, namun seperti Anda benar-benar mengaguminya. Sekadar memberikan satu pujian per pembicaraan sudah cukup. Selama Anda menghindari memuji atribut fisik atau hal pribadi, Anda tidak akan berlebihan.

Berikut beberapa contoh pujian yang bisa Anda berikan:

  • ”Anda sangat pandai dalam berbicara dengan orang baru. Bagaimana Anda melakukannya?”
  • “Anting-anting itu sangat unik. Dimana Anda membelinya?”
  • “Saya sangat terkesan dengan kemampuan Anda menjadi orang tua dan bekerja penuh waktu. - Saya tidak akan mampu melakukan itu.”
  • “Saya menonton pertandingan tenis Anda kemarin. Anda memiliki pukulan yang hebat!”

3. Bicarakan kembali hal yang disebutkan orang tersebut sebelumnya. Ini merupakan trik jitu dalam menjalin hubungan dengan orang yang sudah Anda kenal dan pedulikan. Jika terakhir kali Anda bertemu teman Anda, ia membicarakan wawancara pekerjaan penting yang akan datang atau seorang pria yang sangat ia sukai, Anda sebaiknya membicarakannya kembali kali berikutnya Anda bertemu dia, atau bahkan mengirim pesan teks padanya untuk menanyakan hal itu. Anda ingin membuat orang lain merasa bahwa Anda benar-benar peduli mengenai apa yang mereka katakan dan bahwa Anda mengingatnya walaupun Anda tidak bersamanya.

  • Jika teman Anda membicarakan lagi hal penting yang Anda berdua bicarakan sebelumnya dan Anda mengatakan, “Oh, iya, bagaimana dengan itu?” itu terlihat seperti Anda tidak begitu peduli.

  • Teman Anda memerlukan Anda untuk mendukung dan memedulikan mereka, dan jika Anda benar-benar ingin menjalin hubungan dengan mereka, Anda harus menanyakan hal penting dalam hidup mereka. Ini bahkan bisa membantu Anda menguatkan ikatan dengan teman yang mungkin akan terkejut dan senang saat Anda menanyakan sesuatu yang ia katakan sebelumnya.

4. Buat orang lain nyaman. Cara lain untuk menjalin hubungan dengan orang yang sudah Anda kenal adalah membuat mereka nyaman. Terbukalah, ramah, beri pujian, dan buat mereka nyaman dengan kehadiran Anda. Jangan menilai apa yang mereka katakan, memberikan pandangan bingung, atau bersikap seperti ada yang salah dengan orang tersebut. Selain itu, jangan berdiri berjauhan atau terlihat seperti Anda tidak memperhatikan; buat orang lain merasa aman dan senang berbicara dengan Anda, dan Anda akan mampu menjalin hubungan dengan lebih mudah.

  • Berusahalah memancarkan energi hangat dan positif dan membuat orang lain merasa bahwa mereka bisa memberitahu Anda apa pun dan akan merasa aman. Jika mereka merasa bahwa Anda sebenarnya mengkritik mereka atau Anda akan memberitahu 5 teman terdekat Anda mengenai apa yang mereka katakan, Anda tidak akan mampu menjalin hubungan dengan mereka.

  • Jika salah satu teman Anda sedang mengalami hari yang buruk, sedikit kasih sayang, tak peduli itu tepukan di punggung atau tangan di lengannya, bisa membuat ia sedikit terhibur.

5. Terbukalah. Jika Anda benar-benar ingin menjalin hubungan dengan orang lain, Anda harus siap terbuka dan memperbolehkan mereka melihat bagian diri Anda sebenarnya. Beberapa orang tidak mampu menjalin hubungan dengan orang lain karena mereka terlalu tertutup atau terlalu takut untuk terlihat lemah di depan orang lain. Anda tidak ingin orang lain berpikir bahwa Anda terlalu tertutup, Anda harus berusaha memberikan beberapa informasi pribadi agar mereka melihat bahwa Anda seorang manusia biasa dan mereka bisa benar-benar menjalin hubungan dengan Anda.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda bicarakan:

  • Masa kecil Anda
  • Hubungan Anda dengan anggota keluarga
  • Hubungan romantis masa lalu
  • Harapan Anda untuk masa depan
  • Hal lucu yang terjadi pada Anda hari itu
  • Kekecewaan masa lalu

6. Katakan terima kasih pada orang lain. Cara lain untuk menjalin hubungan dengan orang lain adalah mengambil waktu untuk benar-benar mengatakan terima kasih. Ini membuat mereka merasa dihargai, merasa bahwa Anda memperhatikan, dan seperti Anda sadar bahwa mereka bermanfaat dalam hidup Anda. Pastikan orang lain merasa dihargai serta jujur dan terbukalah mengenai arti mereka untuk Anda. Walaupun Anda hanya mengatakan terima kasih pada rekan kerja karena telah memberikan Anda saran yang membantu atau mengatakan terima kasih pada tetangga karena menjaga kucing Anda, membuat usaha untuk benar-benar menunjukkan terima kasih bisa benar-benar membantu Anda menjalin hubungan dengan orang lain.

  • Jangan hanya sekadar mengatakan “terima kasih!” atau mengirim pesan teks yang mengatakan terima kasih. Benar-benar pandang mata orang tersebut, katakan “terima kasih,” dan jelaskan mengapa hal yang dilakukan orang tersebut benar-benar berarti bagi Anda.

  • Penelitian juga menunjukkan bahwa mengatakan terima kasih pada orang lain akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan akan membuat Anda berdua lebih mungkin untuk membantu orang lain di masa depan. Semua orang menang!

7. Usahakan untuk melanjutkan hubungan Anda. Walaupun ini terdengar sangat jelas, banyak orang tidak mampu benar-benar menjalin hubungan dengan orang lain karena mereka tidak melanjutkan hubungan dengan mereka, walaupun mereka benar-benar menyukai orang tersebut. Ini bisa saja disebabkan rasa malas, malu, atau karena merasa terlalu sibuk untuk bergaul dengan banyak orang. Namun jika Anda benar-benar ingin menjalin hubungan dengan orang lain, Anda harus mau mengobrol lebih dari setengah jam.

  • Jika Anda merasa seperti Anda benar-benar telah menjalin hubungan dengan seseorang, ajak orang tersebut keluar bersama, seperti minum bersama atau minum kopi.

  • Jangan mengecewakan. Jika orang lain mengundang Anda ke suatu tempat, Anda seharusnya menepati janji atau memiliki alasan bagus jika tidak. Jika Anda memiliki reputasi sering mengecewakan, orang lain tidak akan ingin bergaul dengan Anda.

  • Walaupun memang penting untuk mendapatkan waktu bersendiri, jika Anda tidak pernah keluar, Anda tidak akan mampu membangun hubungan Anda. Berusahalah bersosialisasi setidaknya 2-3 hari seiminggu, walaupun itu hanya sekedar makan siang dengan seseorang.

8. Hadirlah. Jika Anda benar-benar ingin menjalin hubungan dengan orang lain, Anda harus hadir dalam pembicaraan. Jika Anda memikirkan apa yang akan Anda makan untuk makan malam atau siapa lawan bicara Anda yang berikutnya, orang yang bicara pada Anda akan tahu dan tidak akan menyukai Anda lagi karenanya. Berusahalah membuat kontak mata, benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang tersebut, menghindari telepon genggam Anda atau orang yang berlalu, dan membuat orang itu melihat bahwa Anda hanya fokus pada momen tersebut.

  • Berusaha benar-benar hadir dalam pembicaraan akan membuat Anda lebih mampu menikmati momen tersebut dan akan membuat Anda pembicara yang lebih baik. Anda tidak akan membuat kesan baik jika Anda terlalu khawatir mengenai wawancara yang sudah dekat sehingga tidak bisa mengatakan apa pun yang pantas diulang.

Sumber : https://id.wikihow.com/Menjalin-Hubungan-dengan-Orang-Lain