© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara meningatkan keunggulan bersaing untuk produk kita?

keunggulan bersaing

Persaingan merupakan hal yang pasti di dunia startup, sehingga kita tidak dapat menghindari persaingan. Bagaimana cara meningatkan keunggulan bersaing untuk produk kita?

Mekanisme yang memungkinkan perusahaan meningkatkan keunggulan bersaing, menurut Michael Porter (2008), adalah sebagai berikut :

  1. Meredam fluktuasi Permintaan

    Pesaing dapat meredam fluktuasi yang timbul karena adanya pola siklus, pola musiman atau sebab lainnya. Oleh karena itu mempunyai pesaing merupakan jalan untuk mengendalikan penentu biaya pemanfaatan kapasitas. Perusahaan. Perusahaan harus memastikan bahwa perusahaan memiliki kepasitas menyeluruh untuk melayani para pembeli utama bukan pembeli baru dan bahwa perusahaan memiliki kapsitas untuk mengendalikan harga dalam industri jika produk itu merupakan komoditi

  2. Meningkatkan Kemampuan Diferensiasi

    Pesaing dapat meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan untuk deferensiasi yaitu menjadi tolok ukur perbandingan… Manfaat adanya tolok ukur perbandingan memiliki arti paling penting dalam industri dimana standar mutu produk dan pelayanan kentara, dimana kompromi antara biaya dan mutu dalam skala besar mungkin dilakukan dan dimana pembeli cenderung peka terhadap harga jika mereka tidak melihat perbedaan. Dengan demikian jika tidak ada pesaing sebagai tolok ukur tekanan dari pembeli untuk meningkatkan produk dan pelayanan secara terus menerus dapat memaksa turunnya profitabilitas perusahaan.

  3. Melayani Segmen yang kurang menarik

    Para pesaing sebuah perusahaan barangkali akan gembira melayani segkem industri yang oleh perusahaan itu sendiri dirasa kurang menarik seandainya tidak ada pesaing terpaksa harus dilayani supaya ia dapat masuk ke segmen yang diinginkan atau mempertahankan diri. Segmen yang kurang menarik misalnya segmen yang mengharuskan perusahaan mengeluarkan biaya tinggi melayaninya atau segmen dimana posisi perusahaan bersangkutan sulit dipertahankan atau segmen yang jika dilayani akan merongrong posisi perusahaan dalam segmen lain yang menarik.

  4. Menjadi Pelindung Biaya Cost (Cost Umbrela)

    Pesaing biaya tinggi kadang-kadang dapat menjadi pelindung biaya yang bisa meningkatkan profitabilitas perusahan biaya rendah. Pemimpin pangsa pasar merupakan pelindung bagi perushaan berpangsa pasar kecil misalnya pesaing biaya tinggi menetapkan harga yang merupakan atau menekati harga pokok maka pesaing biaya rendah bisa memperoleh margin yang cukup besar jika harga yang ditetapkan sebanding dengan harga yang ditetapkan pesaing.

  5. Meningkatkan Posisi Tawar Tenaga kerja.

    Pesaing dapat dengan sangat mempermudah perusahaan terkait mengadakan tawar-menawar dengan tenaga kerja dan pembuat undangundang dalam perlindungan yang melibatkan sebagan atau seluruh kalangan industri. Pemimpin pangsa pasar rawan terhadap tekanan untuk membuat konsesi dalam berbagai perlindungan dengan serikat pekerja atau tekananuntuk mematuhi standar ketat mengenai kualitas produk, pengendalian polusi dan sebagainya. Hadirnya pesaing dapat berdampak memperingan tuntutan jika pesaing mempunyai profitabilitas lebih rendah dengan modal rendah dan berada dalam kedudukan yang lebih penting.

  6. Memperkecil Risiko Antimonopoli

    Memiliki pangsa pasar yang terlalu besar dapat membuat perusahaan rawan terhadap tuntutan hukum dari kalangan swasta setiap kali perusahaan ini melakukan tindakan yang signifikan seperti meluncurkan produk baru, memberi lisensi teknologi, atau mengubah harga. Resiko adanya tuntutan hukum sering kali membuat perusahaan berpangsa pasar tinggi bersikap sangat hati-hati baik disadari atau tidak sebelum mengambil langkah sehingga hal ini merugikan keunggulan bersaing. Hadirnya pesaing yang sehat dapat memperbaiki situasi semacam ini.

  7. Meningkatkan Motivasi

    Pesaing memiliki peran yang tidak boleh diremehkan yaitu peran sebagai motivator. Pesaing yang sehat dapat menjadikan kekuatan penting untuk memotivasi penurunan harga , perbaikan produk dan sikap mengikuti perubahan teknologi. Pesaing berfungsi sebagai musuh bersama yang mempersatukan orang untuk mencapai sasaran bersama. Hadirnya pesaing yang sehat memberikan sejumlah manfaat psikologis penting bagi sebuah organisasi.