Bagaimana cara menilai bagus atau tidaknya suatu ide ? dan bagaimana cara menemukan ide yang bagus?


(Rimba Anditya Kurniawan) #1

Dalam sebuah tim, banyak ide yang akan muncul pada saat diskusi pengembangan produk. Bagaimana cara menentukan ide yang bagus untuk diaplikasikan pada produk ? Bagaimana cara menemukan ide yang bagus tersebut ?


(Hetti Marthaningrum) #2

Menurut saya, dalam sebuah tim tentunya terdapat sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Jadi untuk menentukan ide yang baik untuk diaplikasikan terhadap produk tentunya ide tersebut harus tepat sasaran (efisien&efektif), juga perlu dikondisikan ide tersebut disetujui seluruh anggota dan dapat dipertanggung jawabkan. Cara menemukan ide yang bagus dalam sebuah tim adalah dengan diskusi.


(Kevin de Joshua) #3

Ide yang bagus belum tentu akan “bagus” jika diaplikasikan pada suatu produk. Jangan mengembangkan suatu produk dengan dasar ide yang bagus, melainkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan user terkait dalam menyelesaikan masalah yang ingin diselesaikan oleh tim. Carilah solusi yang terbaik dengan melakukan diskusi dengan tim anda. Jika solusi anda tepat sasaran pada kebutuhan user, maka produk anda secara otomatis digunakan user. Untuk menemukan solusi itu, tim haus menampung sebanyak-banyaknya solusi dari sudut pandang yang berbeda dalam menyelesaikan suatu masalah, lalu tentukan target user yang akan menggunakan produk anda. Lalu lakukan survey pada target user anda untuk menemukan solusi apa yang dibutuhkan user.


(William Fabrianto) #4

Ide yang bagus adalah ide yang dapat menerapkan prinsip efektif dan efisien pada suatu kenyataan tertentu. tentukanlah apakah produk ini efektif dalam melakukan suatu hal dan apakah efisien? Jangan ragu untuk mengajukan pendapat yang berbeda dalam diskusi selama hal itu sangat efektif dan efisien dengan analisa yang dapat diterapkan di dunia nyata.