Bagaimana cara menikmati pekerjaan rumah atau tugas kuliah ?

menikmati pekerjaan rumah atau tugas kuliah

Pekerjaan rumah biasanya diberikan oleh guru atau dosen sebagai tugas agar kita bisa memahaim materi lebih dalam. Biasanya para murid tidak bisa menikmati pekerjaan rumah, jadi diperlukan solusi agar pekerjaan rumah merupakan hal yang bisa dinikmati.

Bagaimana cara menikmati pekerjaan rumah atau tugas kuliah ?

How To Enjoy Homework

Pekerjaan rumah atau yang sering disebut PR merupakan suatu tugas yang harus dikerjakan dan identik dengan siswa maupun mahasiswa untuk mendapatkan nilai atau hanya sekedar tidak dihukum oleh guru. PR ini bentuknya bermacam-macam, mulai dari menulis hingga membuat karya sekalipun. Namun PR juga bisa menjadi momok bagi siswa maupun mahasiswa jika pengajar memberikan deadline yang sangat singkat. Tentu saja PR yang seperti itu dapat membuat kita stres dan merasa bosan.

Namun itu semua merupakan sebuah konsekuensi yang harus dihadapi agar memperoleh hasil yang maksimal dan tentunya kita harus mengerjakannya dengan senang hati dan menikmatinya. Jika anda kesulitan untuk memulai mengerjakan atau menikmati tugas yang telah diberikan, cobalah cara-cara berikut :

1. Rencanakan Waktu dan Tempat Untuk Mengerjakan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pilih waktu kapan anda merasa enjoy dan semangat untuk mengerjakan PR tersebut dan jangan sampai anda melakukan sistem kebut semalam. Pemilihan waktu tersebut sangat penting karena jika kita benar-benar semangat dalam mengerjakannya, otomatis kita akan enjoy dan cepat menyelesaikan tugas tersebut.

Hindari sistem kebut semalam, karena hal tersebut dapat membuat anda lelah dan terburu-buru untuk mengerjakan tugas tersebut sehingga kurang maksimal dalam pengerjaannya. Kerjakan dahulu tugas yang merupakan pelajaran favorit anda, karena hal itu dapat memotivasi anda untuk mengerjakan tugas tersebut. Dan hal penting lainnya adalah tentukan tempat yang nyaman dan jauh dari gangguan agar anda bisa menyelesaikan tugas tersebut dengan maksimal.

2. Motivasi Diri Anda

Beri waktu istirahat bagi diri anda dalam mengerjakan PR tersebut. Tentunya anda akan merasa lelah jika mengerjakan tugas terus menerus. Jika merasa mulai lelah, istirahatlah sejenak dan motivasi diri anda kembali. Akan tetapi gunakan waktu istirahat tersebut dengan bijaksana, jangan sampai anda terlena dan melalaikan tugas anda.

Berilah diri anda reward atau pengharagaan terhadap diri anda sendiri jika anda telah selesai mengerjakan tugas anda. Hal ini akan memotivasi anda agar dapat menyelesaikan tugas tersebut. Jika perlu, pasanglah target kapan anda akan menyelesaikan tugas. Berilah waktu atau stopwatch agar anda terpacu untuk dapat menyelesaikannya.

3. Ubah Mindset Anda Tentang Belajar

Mulailah berpikir bahwa PR bukan merupakan suatu hal yang menjadi momok dan merupakan hal yang dapat membuat anda bosan. Ubahlah pikiran tersebut, jadikan PR sebagai ladang bagi anda untuk mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi. Jika anda malas belajar, PR bisa menjadi sarana bagi anda untuk belajar dan mendapat ilmu.

Pekerjaan rumah sering membuat kita menjadi stres dan bosan. Sayangnya, jika anda berada di dalam sekolah, pekerjaan rumah merupakan salah satu bagian dari kehidupan kita. Tetapi, jika anda takut dan merasa bosan ketika mengerjakan pekerjaan rumah, anda perlu mencari jalan keluarnya agar bisa menikmati pekerjaan itu.

Dengan cara ini, anda juga akan dapat menikmati sekolah secara keseluruhan. Kita bisa memulai dengan mengerjakan mata pelajaran yang kita sukai, beristirahat sebentar dan merasa senang karena sudah bisa mengerjakan, dan muai merubah mental kita tentang pekerjaan rumah yang diberikan dari sekolah.

1. Memilih Waktu Yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih waktu yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan rumah kita. Jika kita ingin menikmati pekerjaan rumah kita, siang hari adalah waktu yang tepat dimana kita akan merasa lebih berenergi. Memang tidak semua orang memiliki waktu yang sama tentang kapan mereka akan merasa bereneri atau lelah, entah siang, pagi atau malam.

Tetapi poinnya disini adalah, kita tidak bisa menikmati pekerjaan rumah kita jika kita sedang dalam kondisi lelah. Jadi pilihlah waktu dalam sehari untuk mengerjakan pekerjaan rumah anda ketika anda sedang berenergi. Semakin dekat dengan jam tidur, biasanya kita akan mendapat energi tersendiri, maka dari itu cobalah untuk mengerjakan pekerjaan rumah tidak ketika sehabis pulang sekolah, tapi sesudah makan malam bersama keluarga. Karena malam juga waktu yang biasanya sepi dan tenang, sehingga kita bisa belajar lebih baik.

2. Kerjakan Pekerjaan Rumah Yang Menraik Dahulu

Kedua, kita harus mengerjakan dulu pekerjaan rumah yang kita senangi atau yang membuat kita tertarik. Anda akan menikmati sesuatu jika anda tertarik atau suka melakukanya. Jika anda membenci pekerjaan rumah tentang aljabar, maka jangan mulai mengerjakan dari tugas tersebut, karena hal itu akan membuat anda semakin membenci pekerjaan rumah aljabar.

Sebaliknya, jika anda menyukai tugas seperti bahasa inggris atau yang lain, mulailah mengerjakan tugas tersebut, karena akan membantu mood anda. Anda juga bisa merotasi dari tugas tugas yang ada suka dan anda benci, seperti mengerjakan tugas yang anda suka setengah, lalu yang anda tidak suka setengah, sehingga anda akan termotivai untuk mengerjakan tugas yang anda suka setelah mengerjakan setengah dari tugas yang anda tidak suka.

3. Temukan Tempat Yang Nyaman

Setelah menentukan tugas mana yang akan anda kerjakan lebih dahulu, temukanlah tempat yang bagus untuk mengerjakan tugas. Atmosfer ketika anda mengerjakan tugas dapat berpengaruh pada bagaimana anda menikmati pekerjaan tersebut. Atmosfer yang buruk dan penuh gangguan tidak akan membantu anda ketika mengerjakan pekerjaan rumah yang anda benci, justru malah lebih memperburuknya.

Hal ini akan membawa anda kepada perasaan frustasi dan stres. Sedikit memindahkan furnitur anda, seperti memindahkan meja kedekat jendela dapat memberi atmosfer yang baik, merasakan cahaya matahari yang natural dapat merilekskan pikiran anda, sehingga anda dapat lebih menikmati pekerjaan rumah anda.

4. Buatlah Playlist Jika Perlu

Setelah menentukan tempat yang baik yang akan membangun atmosfer yang baik bagi anda, anda siap mengerjakan pekerjaan rumah anda. Namun jika perlu, buatlah playlist atau sekumpulan lagu lagu yang memang diperuntukan untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang anda benci, lagu lagu yang lebih rileks akan membantu anda fokus. Contohnya adalah lagu lagu yang tidak berinstrument keras serta vokalnya tidak terlalu rumit, memiliki banyak irama yang mengulang akan dapat membantu pikiran anda rileks, dan anda akan mulai meniikmati pekerjaan rumah anda.