Bagaimana cara mengurangi kecemasan (anxiety) pada anjing berusia tua?

Pada umumnya anjing berusia tua akan menjadi lebih malas bergerak atau bahkan tidak mampu berjalan. Bagaimana cara mengurangi kecemasan anjing yang mengalami fase tersebut?

1 Like

image

Kedengarannya seperti Anda dan anjing Anda mengatasi jauh lebih dari kecemasan dengan tulang belakang arthritis dan ketidakmampuan untuk berjalan. Dia kemungkinan menderita sakit kronis dan dokter hewan Anda akan dapat memberi Anda pilihan terbaik untuk mengelolanya.

Kami memiliki situasi serupa dengan campuran gembala / doberman yang kami adopsi sebagai anak anjing. Ketika dia mencapai usia sekitar 15 tahun, dia mulai menderita artritis degeneratif di pinggul dan tulang belakangnya. Selain itu, dia masih ceria, perasaannya masih tajam dan yang dia inginkan adalah aktif dan terlibat.

Dia akan mencoba berjalan ke depan, tetapi sebaliknya hanya bisa berputar-putar. Terkadang jika saya mengangkat dan meluruskan punggungnya, dia bisa berjalan untuk jarak yang pendek. Dia sangat ingin bermain dengan anak-anak dan anjing kami yang lain, tetapi dia tidak bisa mengelolanya. Sungguh memilukan untuk menonton. Kami mencintai dan menghargai dia sama seperti anggota keluarga lainnya dan siap untuk melakukan apa saja untuk tidak kehilangan dia.
Dokter hewan merekomendasikan suntikan cortisone, yang tidak membuat perbedaan mencolok pada kondisinya. Itu akan datang dan pergi; kadang-kadang dia tampak hampir normal dan di lain waktu dia membutuhkan seseorang untuk mengangkat punggungnya dengan handuk yang tersampir di bawahnya sehingga dia bisa membebaskan dirinya sendiri. Dia pipis di rumah beberapa kali, karena dia tidak bisa berdiri dan berjalan ke pintu. Dia tampak ketakutan ketika ini terjadi, takut dia akan ‘bermasalah’ karena mengalami kecelakaan di rumah. Ini juga, memilukan, karena menghukumnya adalah hal terjauh dari pikiran kita.

Dokter hewan mengatakan tidak ada lagi yang bisa dia coba dan kami perlu mempertimbangkan untuk mengakhiri penderitaannya. Sebagai usaha terakhir, dia setuju untuk membiarkan kami mencoba pereda sakit. Selama beberapa minggu, itu seperti keajaiban. Dia tidak lagi berputar-putar, dia bisa berlari dengan anjing kami yang lain dan mengejar tukang pos. Dia tampak sangat bahagia dan kami sangat gembira dan sangat lega karena obat ini membiarkannya menjalani kehidupan yang diinginkannya.

Kemudian obat-obatan berhenti bekerja. Dia menjadi toleran terhadap mereka dan kami tidak dapat dengan aman meningkatkan dosis. Awalnya, kondisinya sudah mulai berangsur-angsur, tetapi ketika penangguhan singkatnya berakhir, kami terkejut melihat seberapa jauh ia benar-benar telah memburuk dan seberapa banyak rasa sakit yang disembunyikan oleh obat-obatan.
Kami tahu kami tidak bisa terus melakukan ini padanya. Dan, kami melakukannya untuknya. Bukan untuknya. Kami menunda untuk diri kita sendiri.

Dengan berlinang air mata, kami membawanya ke dokter hewan, untuk terakhir kalinya. Dia meyakinkan kami bahwa kami melakukan hal yang benar. Aku membungkuk dan memegangi wajahku saat dia dengan damai dan tanpa rasa sakit pergi tidur.
Hewan peliharaan kita bergantung pada kita untuk banyak hal. Mungkin yang paling penting adalah mengenali kapan waktunya pergi, menjadi cukup berani untuk membuat keputusan bagi mereka, dan berada di sana di samping mereka ketika saatnya tiba.

Saya tidak merekomendasikan hanya mengobati kecemasannya. Anjingmu kesakitan, dia menderita. Bukan hanya dari artritis degeneratif, tetapi karena kurangnya kontak dengan orang-orang yang dicintainya. Mengobati gejala kecemasan tidak akan meningkatkan kualitas hidupnya; itu hanya akan menutupi tekanan fisik dan mungkin mengambil kemampuannya untuk mengkomunikasikan tingkat kesengsaraan sebenarnya.

Namun demikian, beri tahu dokter hewan Anda persis bagaimana perasaan Anda dan bagaimana situasinya di rumah. Jika dia berpikir obat anti-kecemasan bisa membantu, mungkin dia akan berbicara dengan ibumu. Dia akan memahami apa yang Anda alami dan dapat membantu Anda mencapai keputusan terbaik untuk anjing Anda.