Bagaimana cara menguleg yang benar?

Untuk menguleg bumbu dapur agar teksturnya pas, bagaimana cara menguleg yang benar?

1. Potong-potong bahan terlebih dahulu
Untuk menghasilkan sambal dan bumbu yang halus, potonglah bahan-bahan terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu kecil. Misalnya, cabai merah bisa dibagi jadi 4 atau bawang merah dan bawang putih diiris tipis dulu. Ini akan memudahkan anda dalam menguleknya, bahan tidak akan lompat-lompat keluar cobek, dan hasil ulekannya lebih halus.

2. Ulek bahan satu per satu mulai dari yang bertekstur keras
Masukkan dan ulek bahan satu per satu dimulai dari yang teksturnya paling keras. Untuk membuat sambal, anda bisa mulai dari mengulek cabai. Sedangkan untuk bumbu, bisa dimulai dengan mengulek kemiri, jahe, ketumbar, atau merica butir yang teksturnya cukup keras. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengulek bahan yang semakin ringan. Seperti bawang putih, bawang merah, atau tomat.

3. Jangan lupakan garam
Gunakan garam sedikit saja, sesuai kebutuhan supaya rasa yang dihasilkan tidak terlalu asin. Yang penting, jangan lupakan penggunaannya saat mengulek.

4. Ulek dengan gerakan menggerus atau menggilas
Mengulek seringkali disalahartikan jadi menumbuk. Makanya, banyak orang yang mengulek sambal atau bumbu dengan cara menumbuk-numbuk bahan-bahannya saja. Tidak heran kalau hasil sambal atau bumbunya kasar. Belum lagi, bahan-bahan di dalam cobek akan mudah ‘loncat’ kalau ditumbuk.

Referensi: